Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Mempercepat Mutasi Ikan Cupang

Cara Mempercepat Mutasi Ikan Cupang

Cara Mempercepat Mutasi Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias terbaik saat ini. Bahkan sudah banyak kalangan peminat untuk memeliharanya.

Jenis cupang sendiri memiliki beragam warna tubuh unik, serta bentuk ekor bervariasi. Sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi ikan hias.

Pada dasarnya beberapa golongan cupang ada yang tidak memiliki warna, apalagi masih berusia muda. Pastinya akan lebih lama lagi agar bermutasi atau mengeluarkan pigment.

Cupang belum mutasi biasanya masih anakan atau pun tergantung dari genetika indukan. Nah, supaya mempercepat proses mutasi, memerlukan beberapa tahapan.

Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang

Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang

Nah, agar dapat mempercepat proses mutasi sendiri memerlukan beberapa tahapan penting dalam pola perawatannya. Silahkan simak dan ikuti setiap langkah-langkah berikut ini.

1. Rutin Ganti Air

Rutin Ganti Air

Cara mempercepat mutasi pertama adalah dengan memperhatikan kualitas air, seperti diharuskan memiliki kadar pH 6,2 hingga 7. Penggantian dapat dilakukan selama 3 hari sekali, agar tidak keruh dan menjadi sarang penyakit.

Airnya sendiri harus terbebas dari klorin, caranya yaitu dengan mengendapkan selama kurang lebih 1 hingga 2 hari di dalam bak penampungan. Berikan secukupnya saja, agar lebih mudah dalam mengambil udara di dasar air.

2. Perhatikan Kebersihan Akuarium

Perhatikan Kebersihan Akuarium

Cara mempercepat proses mutasi sendiri juga dapat dilakukan pembersihan akuarium. Jangan sampai ada sisa makanan atau kotoran di dalamnya. Sebab, hal tersebut dapat mendatangkan bakteri atau jamur berbahaya bagi kesehatan.

Bersihkan akuarium sekitar 3 hari sekali bersamaan dengan penggantian air. Pastikan sebelum mengisikan air, akuarium sudah benar-benar bersih dari kotoran membandel.

3. Pastikan Wadah Ikan Cupang Cukup Besar

Pastikan Wadah Ikan Cupang Cukup Besar

Pada saat ingin meningkatkan kualitas pigment pada ikan cupang, yaitu dengan menggunakan media pemeliharaan berukuran cukup besar. Peoses mempercepat mutasi harus menggunakan tempat dengan diameter 5 galon atau setara dengan 20 liter air didalamnya.

Serta harus tetap memperhatikan kualitas air bersih sebelum digunakan. Pastikan kembali memiliki kadar pH stabil serta terbebas dari klorin. Sehingga ikan cupang lebih nyaman menempati akuariumnya.

Ketika ikan cupang merasa nyaman, maka dapat mempercepat proses mutasi pada ikan cupang itu sendiri.

4. Gunakan Daun Ketapang Kering

Gunakan Daun Ketapang Kering

Kemudian, daun ketapang kering juga diperlukan ketika ingin mempercepat mutasi. Memiliki zat khusus dipercaya para penghobi memiliki khasiat bagus bagi ikan cupang.

Selain itu, daun ketapang kering juga memiliki peran penting untuk menetralkan kadar pH air. Serta dapat digunakan sebagai obat alami, membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Berikan Garam Ikan

Beri Garam Ikan 1

Garam ikan memiliki fungsi sebagai pencegah penyakit serta parasit ikan cupang. Berikan garam ikan secukupnya saja, takaran tepat yaitu sepucuk sendok teh untuk satu liter air.

6. Gunakan Air Kayu Secang

Gunakan Air Kayu Secang

Jika memiliki serutan kayu secang, maka dapat digunakan sebagai salah satu cara mempercepat mutasi pada ikan cupang. Bahan tersebut dapat diperoleh di pasar rempah-rempah terdekat.

Proses mutasi ikan cupang sendiri dapat dikatakan lebih cepat, jika menggunakan sari serutan kayu secang. Jika dibandingkan dengan menggunakan daun ketapang kering atau obat lainnya.

7. Beri Pakan Berkualitas

Beri Pakan Berkualitas

Berikan pakan berkualitas, memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk mempercepat proses mutasi pada ikan cupang. Pakan hidup sendiri sangat dianjurkan.

Silahkan berikan kutu air, artemia, atau cacing sutra dan lain sebagainya. Berikan secukupnya saja, jangan berlebihan agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

8. Pemisahan Ikan Cupang

Pemisahan Ikan Cupang

Pemisahan ikan cupang sendiri juga sangat disarankan pada saat menginginkan mempercepat mutasi. Sebab, kebanyakan peternak membiarkan di wadah pembesaran.

Hal tersebut dapat menyebabkan proses mutasi ikan cupang lebih lambat. Maka dari itu, pemisahaan ini sangat dianjurkan saat menginginkan cepat mengalami mutasi.

9. Letakan di Tempat Gelap

Letakan Di Tempat Gelap

Cara selanjutnya adalah dengan meletakan wadah ikan cupang ditempat gelap juga dapat mempercepat terjadinya proses mutasi ikan cupang. Walaupun tidak diberi daun ketapang kering, jika tempat minim cahaya maka itu dapat mempercepat mutasi.

10. Penjemuran Ikan Cupang

Penjemuran Ikan Cupang

Sering menjemur ikan cupang di pagi hari juga berguna sebagai cara mempercepat proses mutasi ikan cupang. Penjemuran sendiri lebih baik sekitar seminggu sekali saja.

Itulah beberapa cara supaya mempercepat mutasi. Pastikan tetap memberikan pola perawatan terbaik, agar ikan cupang cepat bermutasi.

Jenis Pakan Berkualitas Mempercepat Mutasi Warna

Jenis Pakan Mempercepat Mutasi Warna

Ternyata dibalik perubahan warna menarik pada ikan cupang sendiri dapat dipercepat dengan cara memberikan sesuai pakannya. Jenis makanan ikan cupang dapat mempercepat terjadinya mutasi diantaranya adalah :

1. Salmon

Salmon

Daging salmon merupakan salah satu makanan ikan cupang paling umum digunakan untuk meningkatkan kualitas pigmentnya. Dengan catatan, tidak memberikan secara berlebihan pada ikan cupang.

Kandungan nutrisi melimpah pada salmon baik bagi ikan cupang. Namun, hanya disarankan pemberian dilakukan selama beberapa kali dalam seminggu saja.

2. Daphnia

Daphnia

Terdapat pula jenis pakan ikan cupang berupa kutu air yaitu Daphnia, bagus untuk meningkatkan pigment ikan cupang. Terdapat kandungan pigment carotenoid sehingga memiliki fungsi khusus sebagai obat yang bisa meningkatkan kualitas pada ikan cupang.

3. Spirulina

Spirulina

Spirulina merupakan sejenis alga micro, memberikan manfaat kesehatan dan kulit pada ikan cupang. Ikan cupang sendiri merupakan binatang karnivora, maka terdapat kemungkinan besar tidak akan memakan begitu saja.

Namun, diatasi dengan mencari pakan mengandung spirulina didalamnya. Biasanya terdapat di kios pakan ikan hias terdekat, atau pasar ikan hias menjual jenis pakannya.

4. Brine Shrimp

Brine Shrimp

Memberikan pakan ikan cupang dengan brine shrimp atau hewan crustacea lain seperti daphnia dan copepod sendiri memiliki manfaat dapat meningkatkan kualitas ikan cupang.

Pigment dihasilkan yaitu terdiri dari merah dan kuning. Selain itu, Brine Shrimp sendiri memiliki pertumbuhan mudah dan juga bebasdari penyakit.

Sehingga, dapat dibilang inilah makanan terbaik bagi ikan cupang. Secara umum, ikan cupang lebih menyukai pakan hidup, sebab terlihat lebih menarik.

5. Suplemen

Suplemen

Terdapat cara terakhir yaitu dengan memberikan suplemen. Suplemen sendiri merupakan sejenis cairan untuk merendam pakan, nantinya akan menyerap dan spons.

6. Cacing Darah

Cacing Darah 2

Ternyata cacing darah juga dapat menghasilkan mutasi ikan cupang lebih menarik. Meskipun bergizi serta memiliki nilai protein tinggi, cacing darah tidak dikatakan setinggi seperti makanan ikan cupang lainnya.

Perhatikan dari Genetika Warna Indukan

Perhatikan dari Genetika Indukan

Sebelum menggunakan cara diatas, mempercepat mutasi ikan cupang juga harus memperhatikan genetika indukan. Sebab, terdapat beberapa jenis ikan cupang tidak bisa mutasi seperti cupang besgel.

Namun, terdapat pula ikan cupang hias khusus dijadikan sebagai pemilik mutasi menarik. Seperti cupang koi galaxi, nemo, avatar, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, jika membeli ikan cupang, pastikan melihat dari indukannya terlebih dahulu. Jangan sampai menunggu proses mutasi ikan cupang tidak bisa berganti pigmentnya.

Karena, ikan cupang belum tentu bisa melakukan mutasi, maka sebelum membeli masih bahanan, lebih baik mengetahi terlebih dahulu mengenai jenis ikan cupang.

Umur Berapa Ikan Cupang Mutasi

Umur Berapa Ikan Cupang Mutasi

Terdapat beberapa jenis ikan cupang cepat mutasi dengan cepat. Terkecuali cupang besgel, bisa saja lebih dari 4 bulan tak kunjung memperlihatkan mutasi pada sisiknya.

Namun, dari sekian banyaknya ikan cupang besgel sendiri juga ada yang bisa mutasi. Dapat disimpulkan bahwa ikan cupang bermutasi mulai usianya menginjak 4 bulan keatas.

Namun, diantara sekian banyaknya genetika ikan cupang sendiri sudah bisa mulai mutasi sekitar 2,5 bulanan. Tergantung dari pola perawatan serta pakan berkualitas diberikan oleh pemilik.

Akhir Kata

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai cara mempercepat mutasi ikan cupang. Yaitu mulai dari tahapan perawatan, jenis pakan untuk mempercepat mutasi, genetika indukan, umur cuppang mulai mutasi. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *