Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus – Ikan Cupang adalah salah satu jenis ikan hias berasal dari benua Asia Tenggara, lebih tepatnya yaitu di Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Biasanya banyak ditemukan di air tawar.

Memiliki berbagai macam warna serta bentuk sirip ekor menarik menjadikan ia sebagai binatang peliharaan kesukaan oleh para penghobinya. Cara merawat ikan hias tersebut yaitu cukup mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Corak warnanya bagus serta bentuk ekornya cukup menarik membuat banyak orang sering terlihat melombakannya, yaitu di ajang beauty contest. Nah, terdapat beberapa cara agar bisa mempertahankan warnanya supaya tetap bagus.

Bahkan malah ada seorang penghobi lebih suka menikmati proses mutasi warnanya, mulai dari membeli bahan hingga ngeblok. Ngeblok sendiri yaitu merupakan salah satu ISTILAH DUNIA IKAN CUPANG.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Cara Merawat Ikan Cupang Supaya Warnanya Lebih Bagus

Pemilihan bahanan tersebut yaitu pemilik bisa menikmati proses dimana ikan melakukan mutasi warnanya dari polos hingga warnanya bagus. Terkadang juga pemilihan bahan tersebut berasal dari peternak menangkarkan jenis dengan warnanya lebih diunggulkan.

Seperti halnya peternak mengangkarkan JENIS KOI supaya mendapatkan anakan dengan warnanya lebih bagus. Sebab, jenis koi memiliki perpaduan warna cukup banyak, seperti merah, biru, dan hitam.

Namun, jika pemula membeli bahan memerlukan pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat supaya warnanya cepat muncul dan terlihat bagus. Nah, agar dapat mengetahui selengkapnya, silahkan langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Persiapkan Alat Alat yang Dibutuhkan

Persiapkan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum lanjut mebahas bagaimana CARA MEMPERCEPAT MUTASI WARNA IKAN CUPANG, lebih baik simak terlebih dahulu peralatan dibutuhkan saat merawat. Alat-alat mencerahkan warnanya agar lebih bagus yaitu seperti berikut ini.

Soliter Kosong

Wadah Kosong

Jadi, cara merawat pertama adalah dengan menyiapkan soliterkosong terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan botol bekas, soliter, atau akuarium kecil.

Tentukan pula ukuran soliter dengan size tubuhnya. Tujuannya yaitu supaya tidak melukai sirip ataupun sisiknya, lebih besar ukuran akuarium tersebut, maka semakin baik pula agar dapat mempercepat mutasi warnanya.

Sebelum digunakan, lihat terlebih dahulu soliter tersebut sudah bersih dan terbebas dari segala macam kotoran. Cara merawat seperti ini berguna melindunginya supaya tidak terserang penyakit.

Daun Ketapang Kering

Daun Ketapang 1

Kemudian, terdapat pula daun ketapang dalam cara merawat agar mutasi warnanya dapat berjalan lebih cepat. Karena, daun ketapang sendiri memiliki khasiat baik baginya.

Manfaat diantaranya yaitu agar menurunkan kadar pH, membasmi jamur, mengobati luka, menyerap racun, mengurangi stress, serta mempercepat mutasi warnanya agar lebih bagus.

Serutan Kayu Secang

Serutan Kayu Secang

Jika disekitar kalian ada kayu secang, maka gunakanlah untuk diambil sarinya. Pemberian sari ini dipercaya banyak penghobi merawat jagoannya, lalu dapat digunakan mempercepat mutasi warnanya.

Bahkan pemberian serutan kayu secang tersebut lebih efektif, jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Untuk mendapatkannya, kalian bisa mencarinya di pasar rempah-rempah terdekat.

Garam Ikan

Garam Ikan 1

Kemudian, bahan kalian butuhkan selanjutnya dalam merawat supaya bisa mempercepat mutasi warna. Selain bisa mempercepat kualitas warna, garam tersebut juga dipercaya dapat mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur di dalam soliter.

Selain itu, garam akuarium juga memiliki fungsi yaitu mencegah serangan penyakit atau pun parasit disebabkan oleh jamur dan bakteri. Pemberiannya kalian saat merawat bisa dicampurkan dengan daun ketapang dan sari kayu secang, agar warna tubuhnya cepat bagus.

Air Bersih

Air Bersih 1

Cara merawat selanjutnya yaitu sangat disarankan untuk menggunakan air tawar. Karena, jenis tersebut memiliki karakteristik tidak jauh berbeda dengan habiitat aslinya di alam liar.

Sebaiknya kalian menggunakan air tawar bersumber dari sumur, sebab memiliki kadar pH cukup baik untuk merawat. Beserta tidak ada zat klorin berbahaya bagi kesehatannya.

Cara Mempercepat Mutasi Warnanya agar Semakin Bagus

Cara Mempercepat Mutasi Warna

Jika kalian sudah mengumpulkan sejumlah peralatan, maka cara selanjutnya adalah dengan melakukan setiap tahapan merawat khusus mempercantik warna. Seperti apa caranya? Silahkan kalian simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Persiapkan Wadah atau Soliter

Persiapkan Wadah Ikan Cupang

Cara merawat pertama yaitu dengan memperhatikan kebersihan wadahnya terlebih dahulu. Persiapkan soliter, pastikan sudah dicuci sebelumnya dan kering.

Biasanya mempercepat mutasi, penghobi lebih memilih wadah dengan ukuran lebih besar. Sebab, dipercaya jika ukuran semakin besar, maka bisa dijadikan sebagai alat untuk mempercepat mutasi.

2. Mengisi Wadah dengan Air Bersih

Mengisi Wadah Dengan Air Bersih

Selanjutnya yaitu mengisi air ke dalam soliter sudah disiapkan. Jumlah sebaiknya sedikit saja paling tidak berisi sekitar 1/4 ukuran wadah, tujuannya yaitu memudahkan dalam mengambil oksigen di permukaan air.

Tentukan terlebih dahulu suhunya dengan suhu bettafish, cara ini dilakukan agar tidak kaget. Jika tidak, maka bisa saja mengalami stress. Maka dari itu, diperlukan pula mengenai suhu air terlebih dahulu.

3. Rendam Ketapang Kering

Rendam Ketapang Kering

Cara merawat selanjutnya yaitu dengan merendam daun ketapang kering di dalam soliter yang sudah diisi air bersih. Tunggu hingga berubah warnanya menjadi kekuningan.

Jika sudah, itu tandanya suhu air sudah stertil serta kadar pH sudah stabil. Pastinya sangat berguna untuk merawat agar keindahan warna menjadi semakin bagus.

4. Beri Sari Kayu Secang

Berikan Sari Secang

Setelah kalian mempersiapkan kayu secang sebelumnya, pastikan sudah diekstrak sarinya atau dalam bentuk cairan. Biasanya untuk membuatnya perlu merebusnya di air mendidih.

Jika serutan kayu secang sudah direbus, maka akan berubah menjadi lebih memerah. Saat merawat, kalian dapat memberi cairan sari kayu secang secukupnya saja pada air di dalam soliter.

5. Tambahkan Sedikit Garam Akuarium

Tambahkan Garam Ikan

Tidak lupa pula kalian dalam merawat untuk menambahkan sedikit garam akuarium ke dalam wadah. Ternyata memiliki kandungan cukup baik agar dapat mencegah tumbuhnya bakteri jahat didalam tempatnya.

Nah, jika kalian belum membeli garam ini, silahkan cari di toko online agar mudah. Biasanya HARGA GARAM IKAN yaitu sekitar Rp 20.000 perkemasannya.

6. Masukan Ikan Cupang ke Wadah

Cara Merawat Masukan Ikan Cupang   agar Warnanya Semakin bagus

Cara merawat selanjutnya yaitu dengan memasukan bettafish bahan kalian belum memiliki corak warna ke dalam soliter. Agar pemindahannya aman menggunakan tangan.

Sebab, jika menggunakan jaring bisa saja melukai siripnya. Jadi, kalian bisa menggunakan telapak tangan untuk memindahkan dari soliter sebelumnya ke soliter baru.

7. Pemberian Pakan Berkualitas

Pemberian Pakan Berkualitas

Pemberian pakan berkualitas adalah salah satu cara merawat selanjutnya, untuk mempercepat mutasi agar bagus. Biasanya menyukai hewan hidup, seperti kutu air, artemia, cacing sutra dan lain sebagainya.

Pemilian jenis pakan tersebut juga perlu diperhatikan, pilihlah dengan kandungan gizi tinggi. Agar tetap menjaga keseimbangan nutrisi harian selama masa merawat kecantikan dilakukan.

8. Letakan di Tempat Gelap

Letakan Wadah Ikan Cupang di Tempat Gelap

Tempat paling bagus dalam tahapan merawat dalam proses mempercepat mutasi yaitu di dalam ruangan gelap. Banyak penghobi menjelaskan bahwa cara ini dapat memberikan efek bagus bagi kecantikannya.

Apalagi di dalam air sudah terdapat daun ketapang, garam, serta sari serutan kayu secang, pasti warna tubuhnya akan semakin bagus. Jika dibandingkan dengan waktu pertama membelinya.

9. Penjemuran di Pagi Hari

Penjemuran

Cara merawat terakhir yaitu dengan melakukan penjemuran di bawah terik matahari secara langsung. Penjemuran dilakukan dipagi hari pukul 07.00.

Untuk durasi penjemurannya yaitu sekitar 3 hingga 5 menit saja. Namun, apabila selama 2 menit suhu air berubah menjadi panas, lebih baiknya langsung diambil dan letakan ditempat sejuk.

Agar kalian bisa mempercepat mutasi warna, kalian bisa merawat dengan penjemuran rutin selama 1 kali seminggu. Karena, jika sering dilakukan, akan menimbulkan efek negatif terkait coraknya.

Kesimpulan

Itulah beberapa tahapan untuk merawat saat mutasi, supaya lebih bagus. Dengan menggunakan beberapa bahan dasar untuk dijadikan sebagai obat alami dalam proses memperindah warna tubuhnya.

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus. Silahkan kalian bisa ikuti setiap langkah-langkah diatas untuk mendapatkan hasil maksimal. Terimakasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *