Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Mengobati Sisik Nanas Ikan Cupang

Cara Mengobati Sisik Nanas Ikan Cupang

Cara Mengobati Sisik Nanas Ikan Cupang – Ada kalannya ikan cupang peliharaan terserang penyakit, salah satunya seperti Dropsy atau sisik nanas. Jenis penyakit ini sering menjangkit ikan cupang karena kualitas air yang ditempati cukup buruk.

Memelihara ikan cupang memang bisa dikatakan gampang-gampang susah, yaitu tidak hanya soal memberi pakan saja. Akan tetapi perawatan yang baik untuk ikan cupang yaitu memberikan air berkualitas.

Sebab, banyak pihak yang mengatakan bahwa salah satu penyebab penyakit sisik nanas tersebut dihasilkan karena kurangnya kebersihan air yang digunakan. Air berkualitas memiliki kestabilan kadar pH air, serta terbebas dari zat berbahaya yaitu klorin.

Cara Menyembuhkan Penyakit Dropsy Ikan Cupang

Cara Menyembuhkan Penyyakit Dropsi Ikan Cupang

Jika ikan cupang yang kalian pelihara mengalami penyakit ini, pastinya harus segera ditangani. Apabila tidak segera disembuhkan, ikan cupang bisa saja mengalami kematian.

Jangan anggap penyakit ini dapat dengan mudah diobati, karena sangat berbahaya bagi kesehatan ikan cupang. Nah, untuk mengetahui selengkapnya yaitu kalian bisa simak baik-baik ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Persiapkan Akuarium Karantina

Persiapkan Akuarium Kartantina

Untuk cara mengobati penyakit iniyang pertama yaitu kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu akuarium baru, khusus untuk karantina. Biasanya ukuran wadah karantina ikan cupang setara dengan 5 galon atau dengan kapasitas sekitar 19 liter air.

Didalam wadah tersebut diletakan beberapa barang atau tempat untuk bersembunyi ikan cupang. Hal tersebut berguna untuk mengurangi stress pada ikan cupang.

Kalian juga bisa menambahkan daun ketapang kering, memiliki fungi khusus untuk menyetabilkan suhu air. Jadi, dapat dipastikan cupang akan merasa nyaman dengan lingkungan barunya.

2. Berikan Garam Akuarium

Beri Garam Ikan

Cara mengobati selanjutnya yaitu dengan menambahkan sepucuk sendok garam akuarium, lebih tepatnya silahkan kalian bisa simak instruksi di bagian belakang kemasan. Garam tersebut memiliki kegunaan khusus untuk membasmi bakteri jahat didalam akuarium.

Jadi, untuk mengobati penyakit nanas tersebut kalian bisa menggunakan garam tersebut. Sudah banyak dipercaya oleh penghobi ikan cupang, terutama bagi peternak yang menginginkan burayaknya tetap sehat dan tidak mudah terkena panyakit.

3. Ganti Air dengan yang Baru

Ganti Air dengan yang Baru

Penggantian air di wadah ikan cupang lebih baiknya diganti setiap hari, apalagi masih dalam proses mengobati penyakit mirip nanas. Pastinya membutuhkan air berkualitas, serta tidak terdapat zat klorin berbahaya bagi kesehatan sirip ikan cupang.

Tujuan dari penggantian air ini berguna untuk mencegah terjadinya penularan pada ikan cupang yang masih dalam keadaan sehat. Cuci bersih wadah sebelumnya tempat ikan cupang yang terkena penyakit sisik nanas, supaya tidak menular pada penghuni selanjutnya.

4. Masukan Ikan Cupang ke Akuarium Baru

Masukan Ikan Cupang ke Wadah Baru

Jadi, untuk mengobati penyakit seperti buah nanas yaitu kalian bisa measukan ikan cupang tersebut kedalam wadah atau akuarium baru. Pastikan kembali wadah yang kalian gunakan dalam keadaan bersih tanpa adanya sisa kotoran menempel di bagian dasarnya.

5. Gunakan Antibiotik

Gunakan Anti Biotik

Apabila diperlukan, kalian juga bisa mengobati penyakit nanas menggunakan antibiotik seperti obat biru atau lain sebagainya. Tujuannya yaitu untuk membasmi bakteri serta jamur yang hidup didalam akuarium.

Penggunaan antibiotik sendiri sudah banyak penghobi membuktikan kebenarannya yaitu sangat berguna untuk membunuh bakteri jahat didalam wadah ikan cupang.

6. Beri Daun Ketapang Kering

Beri Daun Ketapang

Cara mengobati sisik nanas sendiri perlu menggunakan air berkualitas, untuk mendapatkan air berkualitas yaitu bisa menggunakan daun ketapang kering. FUNGSI DAUN KETAPANG yaitu untuk menstabilkan suhu serta kadar pH air.

Terdapat kemungkinan dengan menggunakan cara mengobati satu ini, sisik nanas bisa segera hilang. Namun, pemilik harus mengobati dengan konsisten. Tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya kematian pada ikan cupang.

7. Lakukan Penggantian Air Secara Rutin

Lakukan Penggantian Air secara Rutin

Nah, untuk tips mengobati yang terakhir yaitu bisa melakukan penggantian air dengan konsisten, lebih baiknya yaitu setiap hari. Apabila tidak sempat, kalian bisa menggantinya sekitar 3 hari atau seminggu sekali.

Di atas ini merupakan beberapa tahapan untuk mengobati ikan cupang yang terkena penyakit mematikan yaitu sisik nanas. Apabila tidak konsisten mengobati, maka bisa saja menyebabkan kematian secara mendadak.

Penyebab Penyakit Sisik Nanas Ikan Cupang

Penyebab Sisik Nanas

Setelah mengetahui bebertapa cara mengobati sisik nanas, kalian juga perlu mengetahhui apa saja penyebabnya. Untuk mengetahui lebih jelas, maka bisa langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Pemberian Cacing Sutra Berlebihan

Pemberian Cacing Sutra Berlebihan

Ternyata penyebab sisik nanas ini dapat ditimbulkan karena pemberian casut atau cacing sutra berlebihan. Jadi, untuk mengobati penyakit sisik nanas, kalian bisa mulai memperhatikan jenis pakan yang diberikan.

2. Jarang Membersihkan Wadah

Jarang Membersihkan Wadah

Kebiasaan burung pemilik yaitu jarang membersihkan wadah ikan cupang. Sehingga, menimbulkan bakteri jahat yang bisa menyerang tubuhya, bahkan menularkan virus seperti sisik nanas itu sendiri.

Cara mengobati sisik nanas yaitu dengan memperhatikan kebersihan akuarium. Kemudian, lakukan penggantian air dengan yang baru, sehingga membuat ikan cupang lebih nyaman.

3. Kualitas Air Buruk

Kualitas Air Buruk

Penyebab ikan cupang terkena sisik nanas terakhir yaitu disebabkan oleh buruknya kualitas air. Banyak yang mengatakan apabila air tidak mendukung, maka akan menyebabkan ikan cupang susah membuang kotoranya.

Maka dari itu, kalian bisa mengobati penyakit sisik nanas dengan cara rutin membersihkan wadah, terutama sisa makanan dan kotoran di dasar wadah. Dapat dipastikan ikan cupang akan merasa sehat kembali.

Ciri Ciri Ikan Cupang Terkena Sisik Nanas

Ciri Ciri Ikan Cupang Terkena Sisik Nanas

Dalam langkah mencegah penyakit sisik nanas, lebih baik ketahui terlabih dahulu mengenai ciri-cirinya. Sehingga, jika nantinya ikan cupang mengalami hal tersebut, bisa langsung mengobati dengan beberapa cara di atas.

Ikan Cupang Terlihat Lemas

Ikan Cupang Terlihat Lemas

Jika, ikan cupang peliharaan mengalami lemas atau terlihat lesu, maka lebih baik segera mengobati gejala penyakit tersebut. Karena, bisa saja ikan cupang tersebut mengalami penyakit sisik nanas.

Ciri-ciri lainnya yaitu ikan cupang lebih banyak terdiam dipojokan wadah. Pastinya ikan cupang tersebut sedang menahan sakit, karena sisik nanas tersebut.

Nafsu Makan Menurun

Nafsu Makan Menurun

Ciri-ciri ikan cupang terkena penyakit sisik nanas tersebut biasanya memiliki nafsu makan kurang bagus. Lebih baik segera mengobati gejala penyakit sisik nanas tersebut.

Apabila ikan cupang tidak mau makan, tentunya akan berakibat fatal seperti halnya kamatian. Pastinya tidak menginginkan itu terjadi pada ikan cupang kesayangan kalian.

Perutnya Membesar

Perutnya Membesar

Jika dilihat dari bagian perutnya, ikan cupang terkena penyakit sisik nanas meiliki perut membuncit atau terlihat membesar. Sebelum terlalu parah, kalian bisa mengobati gejalanya dengan beberapa cara di atas.

Sisik Mengembang

Sisik Mengembang

Ciri fisik ikan cupang yang sudah terkena penyakit sisik nanas tersebut dapat dilihat dengan mudah yaitu dari sisiknya mengembang. Jika sudah seperti ini, kondisi ikan cupang semakin memburuk.

Kalian bisa mengobati penyakit sisik nanas dengan cara memberikan daun ketapang kering, obat biru, ataupun garam ikan. Lakukan tahapan secara konsisten, supaya ikan cupang kalian bisa segera sembuh dari penyakit sisik nanas berbahaya tersebut.

Kesimpulan

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai cara mengobati sisik nanas ikan cupang. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian untuk menyembuhkan ikan cupang kesayangan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Fungsi Obat Biru Ikan Cupang

Anas
2 min read

Obat Ikan Cupang Sakit

Anas
4 min read

Harga Garam Ikan Cupang

Anas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *