Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Fungsi Obat Biru Ikan Cupang

Fungsi Obat Biru Ikan Cupang

Fungsi Obat Biru Ikan Cupang – Tahukah kamu dengan ikan cupang? Ya, ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang banyak digemari oleh para pecinta ikan hias. Selain harganya cukup terjangkau, ikan cupang juga memiliki kombinasi warna indah pada tubuh dan ekornya. Oleh karena itu tak heran banyak orang yang mencari ikan cupang untuk dijadikan peliharaan dirumah.

Saat ini ikan cupang sudah tersebar luas di Indonesia. Maka dari itu ikan cupang mudah untuk ditemui di pedagang ikan cupang. Untuk pemeliharaannya pun bisa terbilang cukup mudah, kamu cukup memperhatikan kebersihan dan menyiapkan keperluan untuk kehidupan ikan cupang.

Salah satu keperluan yang kamu butuhkan yaitu obat biru. Jika kamu pecinta ikan cupang, pasti kamu sudah tidak heran lagi dengan obat biru ini. Obat biru atau bisa disebut dengan methylene blue merupakan sebuah obat untuk ikan cupang yang dapat menyembuhkan penyakit pada ikan cupang.

Banyak yang mengatakan bahwa obat biru memiliki fungsi sama dengan daun ketapang kering. Kamu dapat mengetahui fungsi dari daun ketapang kering pada artikel FUNGSI DAUN KETAPANG IKAN CUPANG. Pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit ilmu mengenai fungsi dari obat biru bagi ikan cupang. Untuk penjelasan lebih lanjut maka simak saja artikel ini hingga selesai.

Fungsi Obat Biru Ikan Cupang

Biasanya obat ini dikemas menggunakan botol dan didalamnya terdapat cairan berwarna biru tua. Obat biru ini bisa kamu dapatkan pada toko atau penjual ikan hias dengan harga cukup terjangkau. Selain harganya terjangkau, fungsi obat biru untuk ikan cupang juga sangat melimpah. Oleh karena itu jika kamu salah satu pecinta ikan cupang maka disarankan memiliki obat biru ini. Dibawah ini ada beberapa fungsi obat biru bagi ikan cupang.

1. Mencegah Terserang Penyakit

Mencegah Terserang Penyakit

Fungsi pertama yaitu untuk mencegah ikan cupang terserang penyakit. Dengan menggunakan obat biru, maka berarti kamu telah melakukan pencegahan kepada ikan cupang. Sebab obat biru merupakan antibiotik yang memiliki fungsi untuk melindungi ikan cupang dari segala jenis penyakit.

2. Mengobati Luka Luar

Mengobati Luka Luar

Fungsi kedua yaitu untuk mengobati ikan cupang yang mengalami luka luar. Jika ikan cupangmu mengalami luka pada bagian tubuhnya apapun itu penyebabnya, kamu dapat menggunakan obat biru ini sebagai media penyembuhan. Dengan menggunakan obat biru maka luka tersebut akan lebih cepat sembuh dan ikan cupangmu akan kembali sehat lagi.

3. Mengobati Penyakit Pada Cupang

Mengobati Penyakit Pada Cupang

Fungsi berikutnya yaitu berguna untuk mengobati ikan cupang yang terkena penyakit. Contoh penyakit yang dapat disembuhkan dengan obat biru yaitu seperti white spot, jamur, finroot, dan masih banyak lagi. Dengan meneteskan obat biru kedalam air yang digunakan ikan cupang sakit, maka dalam waktu beberapa hari ikan cupang akan kembali sehat dan terbebas dari penyakit yang menyerangnya.

4. Penyembuhan Ikan Cupang Stres

Penyembuhan Ikan Cupang Stres

Fungsi terakhir yaitu untuk mengobati ikan cupang stres. Dengan meneteskan obat biru ini, maka akan membuat ikan cupang lebih nyaman. Seiring berjalannya waktu, maka ikan cupang akan kembali sehat dan dapat bergerak lincah seperti sebelumnya.

Takaran Obat Biru Ikan Cupang

Takaran Yang Tepat Untuk Ikan Cupang

Jika ingin menggunakan obat biru kamu juga harus mengetahui takaran yang dibutuhkan. Sebab jika takaran obat biru terlalu banyak maka fungsinya akan hilang dan dapat menimbulkan ikan cupang menjadi stres atau mati. Maka gunakan takaran obat biru yang tepat sesuai dengan kegunaannya. Dibawah ini kami telah sajikan tabel mengenai takaran obat biru sesuai dengan fungsinya.

Takaran/1L AirFungsi
1 tetes Untuk Pencegahan
2 tetesPengobatan Luka Luar
3 tetes Mengobati Penyakit

Itulah takaran yang diperlukan jika ingin menggunakan obat biru sesuai dengan fungsinya. Namun pastinya setiap orang memiliki pendapat berbeda-beda. Pada intinya takaran obat biru harus disesuaikan dengan fungsi untuk cupang tersebut.

Kesimpulan

Seperti itulah penjelasan tentang fungsi obat biru yang dapat cupangbetta.id sampaikan. Namun jika obat biru ini tidak tersedia di daerahmu, kamu juga dapat menggunakan daun ketapang kering untuk penggantinya. Sebab daun ketapang kering memiliki fungsi sama dengan obat biru. Cukup sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam dunia ikan cupang.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Obat Ikan Cupang Sakit

Anas
4 min read

Harga Garam Ikan Cupang

Anas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *