Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Sisik Nanas Ikan Cupang

Sisik Nanas Ikan Cupang

Sisik Nanas Ikan Cupang – Merawat cupang memang gampang-gampang susah. Selain harus selalu memperhatikan perkembangannya mulai dari ukuran, warna sampai dengan kesehatannya. Anda juga perlu melakukan perawatan pada tempat cupang baik akuarium atau botol.

Menjaga kebersihan sangat penting karena cupang termasuk ikan yang mudah terkena penyakit yang berasal dari bakteri. Penyakit yang cukup sering menyerang cupang adalah infeksi jamur kulit, pop eye (mata bengkak) dan sisik nanas.

Ketiga penyakit tersebut bisa menyerang cupang kapan saja apabila tidak dilakukan perawatan dengan benar. Bahkan untuk penyakit sisik nanas dapat berakibat pada kematian cupang dengan cepat.

Memelihara cupang butuh perhatian khusus, seperti MERAWAT BURAYAK IKAN CUPANG agar cepat besar juga penting. Selain sehat, nantinya cupang bisa tumbuh dengan baik dan terhindar dari penyakit seperti sisik nanas.

Sisik Nanas Ikan Cupang & Cara Mengobatinya

Sisik Nanas Ikan Cupang Cara Mengobatinya

Sisik nanas menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan bagi ikan cupang. Jika cupang anda mengalami penyakit yang satu ini, baiknya segera lakukan pengobatan dan kami akan memberikan informasi lengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Apa Itu Sisik Nanas ?

Apa Itu Sisik Nanas

Dropsy atau yang biasa disebut dengan sisik nanas pada cupang biasanya terjadi akibat bakteri dan mengakibatkan masalah pada organ pencernaannya. Perlu diketahui bakteri sisik nanas ini bisa terbawa melalui pakan ikan.

Penyebab Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Penyebab Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Penyebab yang paling sering terjadi ketika cupang terkena penyakit sisik nanas adalah bakteri. Apabila akuarium atau tempat ikan cupang kotor akibat dari sisa-sisa makanan yang tidak habis atau bisa juga karena anda tidak menjaga kebersihan ikan cupang. Hal tersebut menjadi sarang bakteri dan penyebab timbulnya penyakit pada cupang.

Agar penanganan lebih cepat, ada beberapa gejala cupang terkena penyakit sisik nanas yang bisa anda ketahui dari tampilan fisiknya, antara lain.

  • Cupang menjadi pasif dan tidak mau bergerak
  • Setelah beberapa hari biasanya perut cupang membesar seperti hamil atau kembung
  • Sisik cupang terbalik seperti buah nanas

Apabila tanda-tanda tersebut sudah terlihat jelas dan nampak di cupang, maka baiknya segera lakukan pengobatan agar cupang tidak mati akibat penyakit tersebut.

Cara Ampuh Mengobati Sisik Nanas Ikan Cupang

Cara Ampuh Mengobati Sisik Nanas Ikan Cupang

Langkah pertama untuk mengobati sisik nanas yaitu anda cukup rendam daun ketapang selama berhari-hari atau sampai airnya berwarna gelap. Apabila warna air sudah berubah, silahkan masukkan cupang yang terserang sisik nanas pada air rendaman ketapang tersebut.

Selanjutnya diamkan sekitar 1 minggu sampai sisik nanas pada ikan cupang benar-benar sembuh, usahakan lihat ikan cupang 3 hari sekali pantau perkembangannya. Jika sudah, letakkan pada tempat yang gelap agar cupang tidak stres

FAQ

Berapa Persen Tingkat Kesembuhan Penyakit Sisik Nanas Pada Cupang ?

Tingkat kesembuhan hanya sekitar 20%.

Penyebab Lain Penyakit Sisik Nanas Selain dari Makanan ?

Wadah atau akuarium ikan cupang tidak terawat dengan baik dan kotor sehingga menjadi sarang bakteri tumbuh.

Apakah Bisa Menggunakan Obat Kimia Untuk Mengatasi Sisik Nanas ?

Bisa saja, saat ini sudah banyak obat kimia yang dijual untuk mengobati sisik nanas pada cupang.

Saran dari cupangbetta.id karena sisik nanas cenderung penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan, alangkah baiknya anda melakukan pencegahan dengan cara memberikan pakan yang bersih dan secukupnya agar tidak tersisa di wadah ikan cupang. Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai penyebab sisik ikan pada ikan cupang dan cara mengobatinya.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Fungsi Obat Biru Ikan Cupang

Anas
2 min read

Obat Ikan Cupang Sakit

Anas
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *