Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Obat Ikan Cupang Sakit

Obat Ikan Cupang Sakit

Obat Ikan Cupang Sakit – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Ikan ini banyak digemari karena memiliki warna serta corak indah. Oleh karena itu ikan cupang memiliki harga jual cukup tinggi.

Namun perawatan ikan cupang terbilang lumayan sulit karena memerlukan perhatian lebih. Pasalnya memelihara ikan cupang kamu harus memperhatikan segala kebutuhannya mulai dari air, pakan, dan lainnya.

Jika kamu mengabaikan kebutuhan ikan cupang, maka resikonya yaitu ikan cupang kamu miliki akan jatuh sakit. Walaupun kamu bisa mengobatinya, namun ada sebagian penyakit sulit disembuhkan bahkan bisa menyebabkan ikan cupang mati.

Jika kamu merupakan orang baru dalam memelihara ikan cupang, pastinya kamu perlu mengetahui jenis-jenis penyakit ikan cupang. Bukan hanya jenisnya saja, tetapi kamu juga harus mengetahui obat buat menyembuhkan ikan cupang sakit. Maka dari itu di dibawah ini kami akan menjelaskan tentang jenis penyakit ikan cupang serta obat yang harus digunakan.

Jenis Penyakit Ikan Cupang

Ada banyak jenis penyakit ikan cupang sehingga dapat menyebabkan jatuh sakit. Namun kami hanya akan menjelaskan sebagian saja. Langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini.

1. White Spot

White Spot

White Sport atau biasa disebut dengan Bintik Putih merupakan sebuah penyakit ikan cupang dan biasanya timbul di bagian sisik ikan. Penyakit ini disebabkan karena air sudah kotor serta pakan ikan tidak bersih. Jika ikan cupang sudah mengalami sakit seperti ini, maka pisah lah dengan cupang lainnya karena bisa menular. Jika ikan cupang sakit karena bintik putih, maka nafsu makannya akan menurun, warna tubuhnya akan terlihat pucat serta ekornya akan menguncup seperti jarum.

2. Velvet

Velvet

Velvet mempunyai bentuk bintik-bintik kecil berwarna gold atau seperti karat serta dapat membuat ikan cupang jatuh sakit . Penyebab timbulnya Velvet sebenarnya sama seperti White Sport, yaitu air kotor serta makanan tidak bersih. Jika ikan cupang sudah sakit karena Velvet, maka akan mengurangi nafsu makannya, gerakan ikan cupang akan semakin pasif hingga warna ikan cupang akan memudar.

3. Infeksi Jamur Kulit

Infeksi Jamur Kulit

Jenis selanjutnya yaitu infeksi jamur kulit. Munculnya infeksi jamur kulit ditandai dengan adanya bercak putih pada sirip ikan cupang dan berbentuk seperti gumpalan kapas. Seperti penyakit umumnya, infeksi jamur kulit juga disebabkan karena kondisi air kotor serta pakan tidak bersih. Efek penyakit ini terhadap ikan cupang yaitu nafsu makan menurun, sirip serta ekornya akan menguncup, malas gerak dan warna akan memudar.

4. Pop Eye

Pop Eye

Pop eye atau sering disebut juga dengan mata bengkak juga sering dijumpai pada ikan cupang sakit. Seperti namanya, penyakit ini terletak di bagian mata ikan cupang yang membengkak. Akibat dari penyakit ini yaitu ikan cupang akan malas bergerak, nafsu makan berkurang, sirip ikan akan menguncup serta warna memudar. Jika kondisinya semakin parah, maka mata ikan cupang akan semakin bengkak seperti akan keluar. Saat kondisi ini sudah terjadi, maka pengobatannya akan semakin sulit.

5. Fin Rot

Fin Rot

Jika saat ini ikan cupangmu terdapat warna kemerahan di bagian sirip dan sirip robek atau rontok, maka itu adalah sebuah tanda bahwa ikan cupangmu terkena penyakit fin rot atau busuk sirip. Jika dibiarkan, maka warna ikan cupang akan memudar bahkan hingga membusuk. Penyakit ini disebabkan karena bakteri pada air kotor.

6. Drosy

Drosy

Dropsy atau sering disebut dengan sisik nanas merupakan salah satu gejala Ikan cupang. Parahnya lagi, sisik nanas sangat mudah sekali menular kepada ikan cupang lainnya. Nanti ikan cupang yang sakit karena sisik nanas akan memiliki perut besar karena tidak bisa membuang kotoran. Jika dibiarkan, maka sisik ikan akan mengembang seperti kulit nanas. Maka dari itu wajib bagi para penghobi ikan cupang untuk mempelajari CARA MENGOBATI SISIK NANAS PADA IKAN CUPANG.

Obat Ikan Cupang Sakit

Setelah kamu mengetahui jenis virus ikan cupang, selanjutnya kami juga akan menjelaskan jenis obat untuk ikan cupang sakit. langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini.

1. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih merupakan sebuah obat alami untuk mengobati ikan cupang sakit. Bawang putih lebih efektif jika digunakan buat mengobati sakit KHV, bakteri, serta parasit pada ikan cupang. Penggunaanya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan 25 mg bawah putih dan campurkan dengan 1 liter air. Selanjutnya masukkan ikan cupang ke dalamnya.

2. Eceng Gondok

Eceng Gondok

Tanaman eceng gondok merupakan sebuah tanaman air uang berguna buat menjaga kualitas pada air. Pasalnya, eceng gondok dapat menyerap polutan pada air serta dapat digunakan sebagai tempat menaruh telur ikan cupang. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu menaruh eceng gondok ini kedalam kolam.

3. Ciplukan

Ciplukan

Selanjutnya yaitu ada tanaman ciplukan untuk menghilangkan bakteri penyebab terjadinya sakit radang, bengkak pada tubuh ikan cupang, serta meredakan kemarahan ikan cupang. Jika kamu ingin menggunakan tanaman ini sebagai obat pada ikan cupang sakit, maka rebus terlebih dahulu daun serta buahnya, lalu tambahkan air sebanyak 100 ml.

4. Daun Ketapang

Daun Ketapang

Daun ketapang merupakan obat alternatif alami buat obat ikan cupang sakit. Sebab daun ketapang memiliki banyak manfaat pada ikan cupang, diantaranya yaitu sebagai pembasmi jamur pada tubuh ikan cupang, mengobati luka pada ikan cupang, serta memulihkan warna ikan cupang untuk lebih jelasnya bisa pelajari FUNGSI DAUN KETAPANG CUPANG. Penggunaannya pun cukup mudah, yaitu masukkan daun ketapang kering, tambahkan air secukupnya, dan masukkan ikan cupang kedalam rendaman air ketapang tersebut.

5. Obat Biru

Obat Biru

Methylene blue atau sering disebut dengan obat biru juga salah satu obat alternatif untuk para pecinta ikan cupang. Dengan menggunakan obat ini, kamu dapat menyembuhkan ikan cupang sakit. Diantaranya yaitu white spot, jamur, finroot, dan lainnya. Namun kamu harus memperhatikan dosis pemakaiannya. Jika kamu menggunakan obat biru dengan dosis berlebihan, maka akan berakibat fatal pada ikan cupang.

6. Dropsy Fix

Dropsy Fix

Dropsy Fix merupakan antiseptik untuk membunuh pertumbuhan mikroorganisme serta bakteri pada ikan cupang sakit. Obat ini cocok digunakan untuk dijadikan obat pembusukan insang, infeksi kulit, sisik nanas, dan mata bengkak. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menuangkan 7 tetes drops fix kedalam 1 liter air. Saat masa pengobatan, janganlah memberi makan kepada ikan cupang sakit selama 2 hari dan jemurlah ikan cupang selama 15 menit pada pagi hari.

7. Metronidazole

Metronidazole

Obat selanjutnya yaitu metronidazole. Obat ini cocok digunakan untuk ikan cupang sakit seperti perut bengkak, berak putih, atau pun dropsy. Cara penggunaan obat ini yaitu dengan mencampurkan 1,5 gram kedalam 100 liter air. Penggunaan obat ini dapat dilakukan 3 kali dalam 1 minggu dan lakukan pembuangan air sebanyak 10 % setiap harinya.

8. Garam Ikan

Garam Ikan

Beda dengan garam dapur, garam ikan ini digunakan untuk menjaga kesehatan pada ikan cupang. Garam ikan dapat digunakan untuk menyetabilkan suhu pada air. Selain itu, garam ikan juga bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit infeksi jamur, luka pada ikan cupang, dan bakteri pada ikan cupang. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengambil sedikit garam ikan lalu masukkan kedalam air. Setelah garam tersebut sudah larut, maka kamu bisa memasukkan ikan cupang sakit kedalam campuran tersebut.

9. Daun Pisang

Daun Pisang

Jarang orang mengetahui bahwa daun pisang juga dapat dijadikan obat pada ikan cupang sakit. Daun pisang ini dapat digunakan untuk mengobati sakit seperti jamur dan kerusakan selaput lendir. Untuk penggunaannya, pastikan daun pisang sudah kering serta tidak kotor, lalu masukkan saja daun pisang tersebut ke dalam kolam atau aquarium.

10. Metafix

Metafix

Metafix merupakan salah satu obat terbaik untuk mengurangi resiko ikan cupang jatuh sakit dan menyembuhkan ikan cupang sakit. Kamu dapat menggunakan obat ini untuk luka pada tubuh ikan cupang sakit, ekor menguncup, pop eye, eye cloud, atau mounth fungus. Cara pemakaiannya yaitu kamu cukup menuangkan 1 tetes metafix kedalam 500 ml air.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang dapat cupangbetta.id sampaikan mengenai jenis-jenis penyakit pada ikan cupang dan obat-obat untuk menyembuhkan ikan cupang sakit. Namun kamu dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut dengan cara memperhatikan kebersihan pada air dan pakan ikan cupang. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Fungsi Obat Biru Ikan Cupang

Anas
2 min read

Harga Garam Ikan Cupang

Anas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *