Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar – Ikan cupang saat ini memang menjadi tren, dimana banyak sekali kalangan penghobi mencari ikan cupang untuk dibudidayakan. Hal tersebut dikarenakan nilai ekonomis ikan cupang cukup lumayan.

Bahkan tidak jarang orang MEMELIHARA IKAN CUPANG DALAM BOTOL karena dianggap lebih mudah serta praktis. Meski begitu, harus selalu memperhatikan setiap proses pemeliharaan ikan cupang agar hasilnya maksimal.

Sebelum ikan cupang menjadi indah tentunya mengalami fase dari telur kemudian menetas menjadi burayak. Dalam budidaya ikan cupang, proses rawatan anakan ikan cupang sangat diperhatikan karena berpengaruh pada hasil ikan cupang nantinya.

Memang tidak mudah, bisa saja menemukan kendala seperti terkena penyakit atau parasit bahkan mati. Maka dari itu, segera cari solusi agar cepat tumbuh besar serta tidak mudah mati.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Tidak Mudah Mati

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar Tidak Mudah Mati

Bagi seseorang pemula dalam dunia ternak ikan cupang atau memulai proses awal, maka penting sekali dalam mengetahui pola rawatannya. Salah satu hal paling banyak ditanyakan adalah bagaimana tips untuk perawatan anakan ikan cupang agar cepat besar serta tidak mudah mati? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini serta terdapat beberapa poin penting sebagai catatan.

Tips Merawat Burayak Ikan Cupang

Tips Merawat Burayak Ikan Cupang

Perhatikan Proses Merawat

Proses perawatan anakan ikan cupang memang sedikit gampang-gampang susah. Meski demikian, lebih baiknya lagi untuk bisa mengikuti tips serta proses perawatannya berikut ini :

  1. Saat proses pemijahan, pemberian pakan jangan sampai berlebihan. Silahkan beri pakan secukupnya saja. Usahakan jangan sampai ada pakan tersisa di dasar wadah agar tidak menyebabkan kematian anakan ikan cupang.
    1. Saat proses pemijahan
  2. Selanjutnya lakukan penyifonan berkala dengan hati-hati. Penggunaan selang aerasi agar bisa membuang kotoran indukan. Jangan lupa tambahkan air baru, sebelumnya telah diendapkan.
    2. Selanjutnya lakukan penyifonan
  3. Lakukan pemindahan dengan cara yang benar ke wadah berukuran lebih besar. Hal ini dilakukan saat kuning telur anakan sudah habis sehingga mampu berenang normal.
    3. Lakukan pemindahan burayak
  4. Perlu diketahui, tujuan pemindahan yaitu adalah sebagai cara agar bisa meminimalisir resiko tertular parasit atau penyakit dari infeksi.
  5. Cukup berikan pakan kutu air sampai berumur 2 minggu, setelahnya dapat menambahkan pakan cacing sutra.
    5. Cukup berikan pakan kutu air
  6. Cara merawat selanjutnya adalah dengan melakukan penggantian air secara rutin setiap 3-4 hari sekali.

Ukuran Wadah Burayak Ikan Cupang

Selain memperhatikan proses rawatan anakan ikan cupang, anda juga perlu memperhatikan wadahnya, agar tidak memiliki pengaruh buruk pada perkembangannya. Cara khususnya ketika memasuki berumur 4 hari atau ketika kuning telurnya sudah habis, maka bisa dipindahkan ke wadah berukuran lebih besar.

Dari pengalaman pribadi saat berusia satu minggu setelah menetas, biasanya akan terkena penyakit diakibatkan dari pembusukan temannya yang sudah mati, kotoran induk, serta telur gagal menetas. Maka dari itu, penting sekali agar tetap memperhatikan wadah untuk proses selanjutnya.

Pakan Untuk Burayak Ikan Cupang

Ikan cupang berusia 4 hari setelah menetas maka bisa langsung diberi pakan kutu air. Informasi tambahan untuk anda, cupang usia demikian memakan kutu air dengan disobek dan dimakan sebagian saja.

Barulah ketika memasuki umur 2 minggu mulai terlihat bentuknya walaupun masih transparan. Lalu, ketika berusia 3 minggu bentuknya akan semakin terlihat jelas, gerakannya pun sudah mulai lincah. Jika sudah berusia 2 minggu bisa diberi pakan cacing sutra.

Metode Perawatan Agar Burayak Ikan Cupang Cepat Besar

Metode Perawatan Agar Burayak Ikan Cupang Cepat Besar

Poin utamanya adalah bagaimana rawatan agar anakan cupang cepat besar, maka salah satu tips untuk mempercepat pertumbuhan yaitu dengan menaruhnya di kolam semen memiliki lumut ataupun tanah. Karena di kondisi kolam seperti itu, tersedia banyak plankton berfungsi sebagai pakan alami. Sedangkan untuk cadangan makanan, anda tetap memberikan kutu air. Dengan menggunakan metode perawatan seperti itu, maka pertumbuhannya jauh lebih cepat.

Dari pengalaman cupangbetta.id mengenai bagaimana cara merawat burayak ikan cupang agar tumbuh besar dan tidak mudah mati adalah dengan mengikuti setiap prosedur seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semoga informasi kali ini bisa membantu anda.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *