Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Memberi Makan Ikan Cupang

Cara Memberi Makan Ikan Cupang

Cara Memberi Makan Ikan Cupang – Memelihara ikan cupang merupakan salah satu hobi paling mudah dan menyenangkan. Selain memiliki warna menarik, ikan cupang juga memiliki bentuk ekor bervariasi setiap jenisnya.

Memelihara ikan cupang sebenarnya sangat mudah, hanya saja memerlukan kesabaran serta konsisten. Seperti halnya penggantian air secara rutin tiga hari sekali, serta pemberian jenis makanan yang tepat.

Biasanya pemilik ikan cupang memberikan pakan berupa artemia, cacing sutra dan kutu air. Kemudian, pemberian dilakukan selama 1 sampai 2 kali dalam sehari, tergantung dari usia ikan cupang peliharaan itu sendiri.

Pastikan untuk rutin mengganti menu pakan untuk menghindari ikan cupang merasa bosan. Jika pemberian dilakukan secara berlebihan , maka akan menyebabkan hal-hal tidak diinginakan seperti halnya penyakit.

Cara Memberi Makan Ikan Cupang

Cara Memberi Makan Cupang

Nah, untuk menghindari hal tersebut maka kalian harus mengetahui mengenai tips memberi makan yang baik dan benar. Sehingga, ikan cupang bisa tetap sehat, tanpa adanya efek samping setiap kali pemberian.

Jika diantara kalian masih ada yang kebingungan mengenai hal tersebut, maka langsung saja untuk simak baik-baik serta ikuti beberapa langkah pada ulasan di bawah ini.

1. Beri Makan Sesuai Ukuran Bola Mata Ikan Cupang

Beri Makan Sesuai Ukuran Bola Mata Ikan Cupang

Ukuran perut ikan cupang sebenarnya hampir sama dengan bola matanya, serta tidak memungkinkannya untuk memakan lebih dari porsinya. Lebih baiknya kalian bisa memberi makan ikan cupang dengan menggunakan 3 ekor cacing darah atau sutra.

Lebih baiknya kalian menggunakan artemia atau kutu air, memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan bola matanya. Kemudian, untuk pemberiannya sendiri bisa dilakukan selama dua kali sehari saja.

2. Bersihkan Sisa Makanan di Dasar Wadah

Bersihkan Sisa Makanan di Dasar Wadah

Tidak lupa pula untuk membersihkan sisa makanan yang tidak dihabiskan ikan cupang. Tahapan ini bertujuan untuk menghindarkan ikan cupang dari serangan penyakit dari bakteri yang terkandung didalam sisa pakan tersebut.

Nah, tips untuk membersihkannya juga cukup mudah dilakukan, yaitu bisa menggunakan jaring kecil atau pun alat sifon. Untuk nantinya bisa memudahkan pemindahan kotoran atau ikan cupang ke wadah lain.

3. Kurangi Jumlah Makanan Jika Tidak Habis

Kurangi Jumlah Makanan Jika Tidak Habis

Apabila saat kalian memberi makan dan ikan cupang tidak menghabiskannya, maka cara paling tepat yaitu dengan mengurangi jumlahnya. Jika sebelumnya kalian memberi makan sebanyak 3 ekor cacing darah, lalu besoknya hanya berikan sekitar 2 ekor saja.

4. Berikan Makanan Secara Teratur

Berikan Makanan Secara Teratur

Ikan cupang sendiri harus diberikan pakan setiap hari, seperti dua kali pemberian secara teratur pagi dan sore. Namun, tidak apa-apa apabila tidak diberi makan untuk tujuan tertentu.

Seperti halnya melakukan CARA KARANTINA IKAN CUPANG BARU DATANG untuk penyesuaian dengan lingkungan barunya. Tentunya kalian tidak usah panik dengan hal tersebut.

Ikan cupang tidak makan bukan berarti sakit, akan tetapi sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Jika kalian tidak memberi makan selama dua minggu baru bisa menyebabkan kematian.

5. Berikan Ikan Cupang Beragam Jenis Pakan

Berikan Ikan Cupang Beragam Jenis Pakan

Kemudian, supaya mencegah terjadinya stress atau ikan cupang bosan dengan menu sehari-hari, maka lakukan pemberian jenis makanan secara bergantian. Di habitat aslinya ikan cupang sring memangsa hewan kecil.

Pada saat kalian memberi makan ke ikan cupang menggunakan menu sama dengan waktu yang lama, maka bisa saja membahayakan sistem imunitas. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya nafsu makan ikan cupang menjadi berkurang.

Jadi, kalian bisa memberi setidaknya satu jenis pakan dalam waktu satu minggu sekali. Supaya, ikan cupang tidak merasa bosan dengan menu pakan sehari-harinya.

Itulah beberapa tahapan dalam memberi makanan yang baik dan benar pada ikan cupang. Lakukan pemberian dengan konsisten, supaya ikan cupang bisa tetap sehat serta nafsu makan terjaga.

Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik

Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik

Setelah mengetahui cara memberi makan, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui jenis-jenis makanan ikan cupang. Nah, untuk mengetahuinya silahkan kalian bisa simak beberapa diantaranya seperti berikut ini.

1. Cacing Sutra

Cacing Sutra

Jenis pakan ikan cupang pertama yaitu kalian bisa memberi cacing sutra. Cara ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, supaya tetap memiliki stamina serta kebugaran tubuh.

Biasanya cacing sutra tersebut dapat kalian temukan di selokan ataupun air-air kotor lainnya. Namun, cara paling mudah untuk mendapatkanya yaitu dengan membelinya di kios pakan ikan terdekat

2. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk

Kemudian, terdapat pula jenis pakan ikan cupang seperti jentik nyamuk. Pakan tersebut merupakan kesukaannya di habitat asli, dengan kandungan protein tinggi maka cocok untuk cupang remaja.

Untuk mendapatkan jentik nyamuk, cara paling mudah yaitu dengan menempatkan air bekas cucian beras atau kotoran lainnya. Letakan ditempat gelap dan terbuka, lalu diamkan beberapa hari.

Cara ini bertujuan untuk mendapatkan jentik nyamuk dengan jumlah banyak. Biasanya indukan nyamuk akan bertelur banyak, pada saat menemukan tempat sesuai dengan kriteria habitatnya.

3. Artemia

Artemia

Artemia adalah salah satu hewan seperti udang kecil, habitatnya yaitu di air laut. Makanan cupang satu ini banyak dikenal oleh penghobi dengan sebutan brine shrimp.

Ukurannya kecil, sehingga sangat cocok diberikan pada burayak ikan cupang. Cara memberi makan berupa artemia ini dilakukan untuk mengurangi resiko kematian pada anakan cupang baru lahir.

Meskipun berukuran kecil, ternyata mengandung cukup tinggi protein dan nutrisi. Sehingga, bisa mempercepat pertumbuhan burayak ikan cupang, hanya saja harus memberi sesuai takaran.

Jika kalian memberi artemia terlalu banyak, bisa menyebabkan patah pinggang. Sehingga burayak ikan cupang terlihat berenang seperti berdiri, masalah ini paling sering dijumpai para peternak.

4. Kutu Air

Kutu Air

Memberi kutu air juga merupakan salah satu langkah terbaik untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang. Sebab, didalamnya terdapat kandungan protein serta nutrisi cukup lengkap.

Cara memberi makan kutu air pada burayak ikan cupang sendiri memang bisa memberikan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Bahkan, kutu air sendiri dipercaya bisa membuat warnanya lebih cerah.

Namun, kandungan lemak didalamnya cukup rendah. Sehingga, kalian perlu memberi makan ikan cupang alami lainnya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya.

5. Cacing Darah

Cacing Darah

Pakan selanjutnya yaitu cacing darah atau Bloodworm, memiliki warna merah menyala. Memiliki kandungan gizi dan protein cukup lengkap, cara memberi makan sejenis cacing darah ini dipercaya bisa menghasilkan warna menarik pada ikan cupang.

7. Burayak Guppy

Burayak Guppu

Tidak banyak orang tahu bahwa burayak guppy ternyata bisa dijadikan sebagai pakan ikan cupang. Cara memberi makan dilakukan dengan benar, maka akan mempercepat pertumbuhan ikan cupang.

Itulah beberapa jenis pakan ikan cupang terbaik untuk memercepat tumbuh kembang serta mempercantik warna tubuhnya. Jika pemberian dilakukan dengan baik, maka kalian akan mendapatkan hasil maksimal.

Kesimpulan

Nah, Itulah informasi dari cupangbetta.id mengenai cara memberi makan ikan cupang yang baik dan benar, tujuannya yaitu untuk mengurangi resiko serangan penyakit. Lenkap beserta beberapa jenis makanan ikan cupang untuk mempercepat pertumbuhan serta meningkatkan kualitas warna tubuhnya. Terimakasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *