lazada

10 Desain Kandang Ternak Murai Batu Minimalis

Desain Kandang Ternak Murai Batu

Desain Kandang Ternak Murai Batu – Ketika memutuskan untuk menetaskan usaha peternakan, pastinya memilih jenis hewan tepat sangat krusial. Kini, bisnis budidaya burung murai batu menjadi pilihan banyak peternak di Indonesia. Pasalnya, burung ini memiliki keindahan menawan, suara merdu serta nilai jual cukup tinggi.

Murai batu merupakan jenis burung endemik Indonesia banyak dicari pecinta burung di dalam negeri maupun luar negeri. Selain memiliki kecantikan alami, murai batu juga memiliki suara kicauan melengking, membuatnya layak menjadi salah satu jenis burung banyak dikagumi oleh masyarakat. Oleh karena itu, banyak peternak burung memilih untuk memelihara murai batu sebagai burung kicauan eksklusif.

Namun, menjadi seorang peternak murai batu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal harus dipersiapkan, salah satunya adalah desain kandang baik serta tepat guna. Sebuah kandang dirancang dengan baik akan memberikan kenyamanan bagi burung murai batu, sehingga akan mempengaruhi hasil produksi peternak.

Sama halnya dengan KANDANG CLOSE HOUSE 5000 EKOR harus melihat kelengkapan didalam kandang. Selain memperhatikan faktor kenyamanan, kesehatan serta keamanan burung juga harus menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat desain kandang baik atau sesuai dengan kebutuhan burung.

Desain Kandang Ternak Murai Batu Minimalis

Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung cukup banyak digemari oleh pecinta burung di Indonesia. Namun, untuk bisa memelihara burung ini dengan baik atau mendapatkan performa maksimal dari burung murai batu, perlu memperhatikan banyak hal mulai dari pola makan hingga lingkungan hidup nyaman. Salah satu faktor lingkungan sangat penting dan tidak boleh dilupakan adalah kandang.

LazadaDana

Tidak hanya berguna untuk melindungi burung dari cuaca ekstrem, kandang juga bisa mempengaruhi kesehatan, kenyamanan serta performa burung. Oleh karena itu, Anda perlu merancang kandang ternak murai batu dengan kreatif serta efisien. Berikut adalah beberapa ide desain kandang ternak murai batu bisa diterapkan.

1. Kandang Grid

kandang murai batu kayu dan besi

Ide desain kandang ternak murai batu pertama adalah kandang grid. Kandang ini dibuat dari bahan kawat atau baja ringan sehingga cukup ringan serta mudah dipindahkan ke tempat lain. Selain itu, kandang grid memiliki lubang-lubang cukup kecil sehingga memungkinkan sirkulasi udara baik atau burung murai batu akan terhindar dari serangan predator kecil. Kandang grid juga bisa dibuat dengan ukuran dan bentuk bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

2. Kandang Kombinasi Grid Dengan Kayu

kandang ternak murai kayu

Jika ingin kandang lebih estetik serta terlihat lebih artistik, Anda bisa mencoba kombinasi antara kandang grid dengan kayu. Kandang kombinasi ini cocok untuk menyimpan burung murai batu di tempat terlihat indah dan mewah. Selain itu, kandang ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi burung Anda karena memiliki struktur kokoh atau stabil.

3. Kandang Kayu

kandang murai kayu

Kandang kayu masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar penggemar burung murai batu. Selain tahan lama, kandang kayu juga bisa memperindah tampilan lingkungan sekitar. Namun, perlu diperhatikan bahwa kayu digunakan harus berkualitas baik serta tahan terhadap hama kayu seperti rayap.

4. Kandang Parabola

kandang murai minimalis

Kandang parabola memiliki bentuk setengah lingkaran pada bagian atasnya umumnya dibuat dari bahan atap seng atau asbes. Kandang parabola memungkinkan burung untuk bergerak lebih leluasa dan memaksimalkan ruang tersedia untuk kandang. Selain itu, kandang parabola lebih unik dan menarik daripada kandang dengan bentuk tradisional.

Langkah-langkah Membuat Kandang Ternak Murai Batu

kandang murai ternak kuat

Pada dasarnya, murai batu adalah burung malu-malu. Hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi peternak dalam merancang kandang mereka. Desain kandang ternak murai batu harus dibuat agar mereka merasa nyaman dan senang berada di sana. Berikut ini adalah beberapa faktor penting harus dipertimbangkan dalam membuat desain kandang ternak murai batu yang baik.

1. Ukuran Kandang

Ukuran kandang sangat penting saat memelihara burung murai batu. Mereka harus merasa nyaman di dalam kandang, sehingga harus memiliki ruang gerak yang cukup. Meskipun burung murai batu cukup kecil, mereka memerlukan ruang yang cukup agar dapat terbang dan bergerak dengan bebas. Kandang yang terlalu kecil bisa membuat mereka stres dan tidak nyaman sehingga mempengaruhi pertumbuhan serta kesehatannya secara keseluruhan.

2. Ventilasi Baik

Sama halnya dengan hewan lain, burung juga memerlukan udara segar untuk tetap sehat. Karenanya, penting untuk membuat kandang yang memiliki sistem ventilasi yang baik. Ventilasi kandang harus mampu mengalirkan udara segar secara terus menerus, sehingga udara tidak terasa pengap di dalam kandang. Udara segar akan membantu menjaga kelembaban kandang atau juga menjaga kesehatan burung murai batu.

3. Kekuatan dan Kestabilan Konstruksi

Desain kandang harus kokoh sehingga kandang tidak mudah rusak dan burung murai batu tetap aman di dalamnya. Kandang harus dibuat dengan bahan kuat dan tahan lama untuk memastikan bahwa mereka bertahan dalam waktu lama. Peternak harus memastikan bahwa kandang memiliki kestabilan baik, sehingga tidak mudah bergoyang dan aman dari bencana alam seperti angin kencang atau gempa bumi.

4. Pencahayaan Terang

Murai batu sangat bergantung pada pencahayaan, baik cahaya alami maupun buatan. Kandang harus memiliki sumber cahaya yang memadai agar burung tetap sehat dan aktif. Pencahayaan kurang bisa mempengaruhi kesehatan mereka dan menyebabkan mereka stres, yang dalam jangka panjang bisa berdampak buruk pada pertumbuhan dan kesehatan mereka.

5. Kandang Mudah Dikelola dan Dirawat

Kandang ternak murai batu harus dirancang agar mudah dikelola dan dirawat. Peternak harus mampu membersihkan kandang dengan mudah, mengganti air minum, dan memberi makanan dengan mudah tanpa mengganggu kesehatan burung. Kandang yang lebih mudah dirawat juga bisa menambah efisiensi waktu dan biaya di kemudian hari.

Harga Kandang Ternahh Murai Batu

kandang murai baja ringan

Secara keseluruhan, desain kandang ternak murai batu benar harus mempertimbangkan banyak faktor. Namun, dengan memperhatikan poin-poin di atas, peternak pasti bisa membuat kandang nyaman, aman, dan sehat bagi burung murai batu. Dengan kandang baik, burung murai batu akan merasa nyaman dan gembira, akan berdampak positif pada kesehatan serta pertumbuhannya.

Jenis KandangHarga
Kandang 1 meter x 1 meter x 1,5 meterRp. 1.000.000,-
Kandang 1,5 meter x 1,5 meter x 2 meterRp. 2.500.000,-
Kandang 2 meter x 2 meter x 2,5 meterRp. 4.500.000,-

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Desain Kandang Ternah Murai Batu. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan desain kandang lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi peternak murai bantu yang ingin membuat kandang.

lazada