lazada

10 Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu: Ideal & Minimalis

Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu – Salah satu jenis burung yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain suara kicauannya merdu dan indah, burung murai batu juga memiliki warna bulu cantik dan eksotis. Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk memelihara burung murai batu ini, baik sebagai hobi maupun sebagai sumber penghasilan.

Namun, memelihara burung murai batu tidak semudah dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat kandang ternak murai agar burung bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Kandang ternak murai baik dan benar akan memberikan kondisi nyaman dan aman bagi burung, serta mempermudah dalam mengelola ternak.

Dalam pembuatan kandang, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, seperti ukuran kandang, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kandang, serta sistem pengelolaan kotoran dan pemberian makanan bagi burung. Karena sama halnya membuat kandang peternak ayam dengan bentuk minimalis menggunakan kayu ataupun baja ringan.

Semua hal tersebut akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan dan pertumbuhan burung murai batu dipelihara. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips dalam cara membuat kandang ternak murai batu perlu diperhatikan.

Bahan Membuat Kandang Ternak Murai Batu

bahan kandang ternak murai

Murai batu adalah jenis burung kicau sangat populer di Indonesia. Banyak penggemar burung berminat untuk memelihara murai batu karena suaranya indah dan merdu. Namun, untuk memelihara murai batu harus memiliki kandang aman dan nyaman.

LazadaDana

Kandang berkualitas tentunya membutuhkan bahan-bahan dan alat berkualitas pula. Berikut adalah daftar bahan-bahan dan alat dibutuhkan untuk membuat kandang ternak murai batu beserta daftar harganya di pasaran.

No.Bahan/AlatHarga (IDR)
1.Besi Siku 4 x 4 cm25.000/meter
2.Besi Hollow 4 x 4 cm20.000/meter
3.Besi Hollow 2 x 4 cm15.000/meter
4.Besi Nako 5/8 inchi30.000/meter
5.Besi Beton 8 mm15.000/meter
6.Wiremesh 1/2 inchi150.000/lembar
7.Cat Besi (1 kaleng ukuran kecil)25.000
8.Paku dan Sekrup5000/pack
9.Gergaji besi dan gergaji kayu20.000
10.Total Biaya1.080.000

Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

langkah membuat kandang ternak murai

Murai batu merupakan jenis burung sangat diminati oleh para pecinta burung. Biasanya, burung ini dipelihara secara khusus untuk kampanye suara. Untuk itu, dibutuhkan kandang atau sangkar nyaman untuk memberikan perhatian cukup baik.

Selain itu, kandang tersebut harus terdiri dari bahan kuat dan tahan lama agar dapat bertahan dalam waktu yang lama. Berikut ini adalah cara membuat kandang ternak murai batu.

1. Pilih Bahan

Pertama-tama, pilihlah bahan kuat untuk membuat kandang ternak murai . Ada banyak bahan bisa dipilih, antara lain kayu jati, kayu meranti, dan besi. Cobalah untuk menghindari bahan tidak tahan lama karena akan mengakibatkan biaya pemeliharaan lebih besar di kemudian hari.

2. Sesuaikan Ukuran Kandang

Sebelum memulai membangun kandang, pertimbangkan dulu ukuran kandang akan dibuat.Anda bisa memilih ukuran berbeda, tetapi usahakan agar luasannya minimal 150 cm, panjangnya minimal 120 cm, tinggi bagian depan minimal 40 cm, dan untuk tinggi bagian belakang minimal 70 cm. Pastikan ruangan kandang cukup agar burung merasa nyaman dan bebas saat bergerak di dalam kandang.

3. Pasang Tiang Penyangga

Setelah menentukan ukuran kandang, langkah selanjutnya adalah memasang tiang penyangga. Pilih bahan cukup kuat untuk menyangga kandang agar tidak roboh saat digunakan. Biasanya, tiang penyangga terbuat dari besi atau kayu dianyam. Pastikan untuk mengukur ketinggian tiang penyangga agar kandang bisa dipasang dengan stabil.

4. Pasang Kerangka

Setelah menyelesaikan tahap pengukuran dan pemasangan tiang penyangga, langkah selanjutnya adalah memasang kerangka. Gunakan alat pengukur untuk memastikan bahwa kerangka dibuat dengan tepat dan sesuai dengan ukuran kandang. Penting untuk memperhatikan bahwa lebar kerangka harus sesuai dengan tinggi kandang dan ruangan di dalam kandang.

5. Pasang Jaring Kandang

Langkah selanjutnya adalah memasang jaring kandang. Pastikan jaring cukup kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, juga penting untuk memastikan bahwa jarak antara jaring tidak terlalu lebar sehingga murai batu tidak bisa lolos.

6. Pasang Aksesoris Kandang

Nah, setelah semua rangkaian kandang sudah terpasang, langkah berikutnya adalah memasang aksesoris kandang. Aksesoris tersebut termasuk tempat pakan, minum, sarang, dan juga tempat mandi.

Biaya Membuat Kandang Ternak Murai Batu

desain kandang ternak murai

Biaya untuk membuat kandang ternak murai bervariasi tergantung pada bahan dan ukuran kandang yang akan dibuat. Kandang bahan kayu mulai dari Rp. 1,5-4 juta. Sementara itu, harga kandang besi mulai dari Rp. 2,5-4 juta. Namun, jika ingin membangun kandang murai batu sendiri, tentu saja biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Kesimpulan

Setelah mempelajari bagaimana cara membuat kandang ternak murai batu sehat dan aman untuk burung kita. Kita juga telah membahas beberapa hal penting seperti ukuran kandang, bahan-bahan digunakan, serta cara merawat kandang agar tetap bersih dan sehat.

Sekian pembahasan dari cupangbetta.id mengenai Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu. Nantikan informasi selanjutnya meliputi kandang ternak murai lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk peternak murai batu pemula.

lazada