Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ DMPT Umpan Ikan : Pengertian, Fungsi, Penyajian, dan Harga 2022

DMPT Umpan Ikan

DMPT Umpan Ikan – Memancing ikan memang membutuhkan kesabaran tinggi dalam prosesnya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak metode supaya tangkapan lebih mudah di dapat.

Salah satunya adalah penggunaan DMPT atau stimulan agar umpan terasa lebih lezat. Tentunya DMPT umpan ikan tersebut bisa didapatkan melalui berbagai cara saat ini.

Sayangnya, masih banyak Angler (pemancing) yang belum mengetahui informasi penting seperti ini. Padahal penggunaan DMPT umpan ikan akan sangat membantu menambah jumlah tangkapan.

Demi memberikan edukasi seputar DMPT umpan ikan tersebut, maka pada kesempatan kali ini Cupangbetta akan membahasnya. Jadi pastikan kalian para Angler menyimak segala informasi DMPT tersebut.

Apa Itu DMPT Umpan Ikan

Apa Itu DMPT Umpan Ikan

DMPT merupakan sebuah akronim dari Dimethylpropiothetin atau senyawa yang berfungsi sebagai bahan campuran pakan. Karena sifatnya yang adiktif bagi ikan, DMPT sering dilarutkan bersama adonan pakan.

Dilihat sekilas, DMPT ikan tersebut berbentuk serbuk putih yang mudah larut apabila tercampur ke dalam pakan. Jadi tidak heran apabila para pemancing kerap membawa sebotol DMPT sebagai pendamping umpan.

Fungsi DMPT Umpan Ikan

Setelah mengetahui tentang DMPT, lantas apa fungsinya dan kegunaan bagi para angler? Tentu saja DMPT umpan ini akan lebih meningkatkan kuantitas hasil tangkapan dalam sekali pancing.

Kendati bersifat adiktif, nyatanya DMPT tidak akan merubah rasa maupun aroma dari umpan itu sendiri. Fungsinya hanya merangsang nafsu makan ikan secara hormonal layaknya temulawak pada manusia.

Lantas, apakah hasil tangkapan ikan terbilang aman saat dikonsumsi oleh manusia? Tentu saja aman karena karakteristik dari DMPT tadi yang sama sekali tidak merubah rasa maupun aroma.

Efek samping hanya terjadi karena jenis ikan yang ditangkap serta cara pengolahan sampai menjadi hidangan. Sehingga DMPT umpan sama sekali tidak berdampak pada manusia secara umum.

Jenis Ikan untuk DMPT

Apakah semua jenis ikan bisa berpengaruh terhadap penggunaan DMPT? Memang senyawa ini bisa merangsang nafsu makan semua ikan. Hanya saja efeknya akan sangat kuat pada beberapa jenis ikan terrtentu.

Berikut beberapa ikan yang cocok apabila dipancing menggunakan umpan campuran tersebut.

  • Ikan Air Tawar
  • Ikan Air Laut

1. Ikan Air Tawar

DMPT akan memberi efek besar saat digunakan pada ikan air tawar. Misalnya saja Mas, Patin, Lele, Gurame, Gabus, Bawal, Belut, Tawes, dan Nila. Jadi bisa dibilang penggunaan DMPT pada umpan sangat menguntungkan.

2. Ikan Air Laut

Ampuhkah DMPT dibawa ke areal pemancingan di sekitar laut? Jawabannya efektif pada jenis ikan tertentu, seperti Croaker kuning besar dan Turbot. Jadi masih ada peluang apabila DMPT diajak mengarungi lautan.

Penyajian DMPT Umpan Ikan

Memang DMPT mudah dilarutkan ke berbagai umpan. Namun bagaimana cara penyajian yang benar sesuai dengan anjuran para ahli? Agar DMPT dapat bekerja secara optimal, maka gunakan beberapa cara berikut ini.

1. Mencairkan DMPT Terlebih Dahulu

Apabila nantinya kalian akan menggunakan DMPT, maka silahkan dicairkan saja terlebih dahulu. Nantinya cairan DMPT akan dicampurkan bersama umpan sehingga lebih meresap secara sempurna.

Selain itu DMPT cair juga bisa dijadikan sebagai media cocol umpan sehingga penyajiannya jadi lebih cepat. Namun cara ini lebih disarankan saat kalian tidak sempat mengadon umpan ikan.

2. Langsung Mencampurkan DMPT

Adapun beberapa Angler yang mencampurkan DMPT ke dalam umpan masih berbentuk bubuk. Memang cara satu ini lebih praktis saat diterapkan. Namun jangan terlalu banyak karena nantinya akan ada endapan.

Takaran ideal saat dicampurkan langsung ke dalam umpan adalah 1 hingga 2 gram saja untuk setiap 30 ml essen. Jadi tidak akan ada serbuk DMPT yang tertinggal ataupun mengendap dalam wadah.

3. Dicampurkan dengan Bandul

Apabila nantinya akana digunakan media bandul, maka silahkan campurkan 1 hingga 2 gram bersamaan dengan bandul tersebut. Aduk dulu hingga merata, kemudian campurkan sedikit air sehingga lebih meresap.

Cara Mendapatkan DMPT Umpan Ikan

DMPT bukan merupakan zat ilegal untuk digunakan sebagai senyawa campuran umpan. Jadi para Angler bisa mendapatkannya secara mudah melalui berbagai akses.

Berikut beberapa cara mendapatkan DMPT ikan di pasaran.

  • Beli DMPT via Toko Online
  • Beli DMPT via Forum Online
  • Beli DMPT via Media Sosial
  • Beli DMPT via Toko Pancingan Offline

1. Beli DMPT via Toko Online

Teknologi memberikan pengaruh besar dalam pendistribusian produk di pasaran. Hal tersebut juga berpengaruh pada DMPT ikan yang kini dijual di berbagai toko online.

Harga dari DMPT juga terbilang murah serta mudah mendapatkannya. Kalian bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp. 70.000,00.

2. Beli DMPT via Forum Online

Teknologi internet juga memudahkan banyak orang dalam membuat sebuah komunitas serta perkumpulan. Tentu saja komunitas Angler banyak jumlahnya di jagat dunia maya.

Selain berbagi informasi, beberapa forum tadi juga biasanya menjual berbagai produk penunjang produktivitas pancing. Jadi silahkan manfaatkan beberapa forum tersebut.

3. Beli DMPT via Media Sosial

Selain forum, kalian juga dapat memanfaatkan berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga Telegram. Pasalnya informasi seputar penjualan produk tersedia secara lengkap sehingga DMPT bisa didapatkan.

4. Beli DMPT via Toko Pancingan Offline

Apabila penggunaan teknologi dirasa menyita waktu, maka kalian bisa langsung mengunjungi toko fisik guna membeli DMPT. Harga dari produk tidak akan berubah dan tetap terjangkau bagi para Angler.

Kesimpulan

Sekarang anda sudah paham tentang DMPT umpan ikan dari berbagai aspek bukan? Silahkan kalian pesan salah satu bahan campuran umpan tersebut di beberapa marketplace online kesayangan.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.