Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tempat Breeding Ikan Cupang Terbaik

Tempat Beternak Ikan Cupang

Tempat Breeding Ikan Cupang Terbaik – Betta fish atau cupang saat ini menjadi jenis peliharaan favorit sebagian orang. Ikan ini memiliki tiga-tipe diantaranya adalah ikan hias, aduan, dan liar.

Kebanyakan penghobi lebih memilih diantara ikan hias dan aduan. Karena, ikan hias terbaik ini memiliki keindahan pada corak warna serta berbagai bentuk unik pada ekornya.

Sedangkan, tipe aduan sendiri memiliki warna dominan hitam serta mental petarung terbaik. Selain itu, ikan ini memiliki karakter kuat dalam menjaga tempat teritorialnya.

Perawatannya cukup mudah, bahkan sering kali dibudidayakan para peternak untuk dijadikan ladang bisnis. Dalam beternak, agar mendapat kualitas hasil terbaik, maka dibutuhkan tempat atau wadah pemijahan.

Ragam Jenis Wadah Pemijahan Ikan Cupang

Ragam Jenis Wadah Pemijahan Ikan Cupang

Kebanyakan para breeder atau peternak lebih memilih beternak menggunakan baskom atau pun ember kecil. Selain mudah didapatkan, tempat pemijahan tersebut tidak mudah pecah.

Nah, jika berminat untuk melakukan budidaya ikan, maka alat yang diperlukan adalah tempat pemijahan. Tempat breeding terbaik diantaranya adalah :

Baskom Kecil

Baskom

Tempat breeding terbaik pertama baskom berukuran kecil. Selain tidak mudah pecah apabila jatuh, baskom kecil sangat mudah untuk didapatkan di toko peralatan rumah tangga, harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 35.000 saja..

Ukuran tempat breeding ikan cupang, idealnya memiliki diameter sekitar 20 x 20 25 cm. Dengan menggunakan ukuran tempat breeding, maka akan memperoleh hasil maksimal.

Akuarium Kecil

Akuarium Kecil

Jika ada akuarium berukuran kecil, itu juga dapat dijadikan tempat breeding terbaik kedua. Pastikan kembali ukuran tempat breeding tersebut tidak terlalu besar atau kecil.

Sebelum menggunakan tempat breeding ini, pastikan pula wadah tersebut bersih dari bakteri dan jamur. Sehingga, bisnis breeding bisa mendapatkan hasil maksimal.

Untuk mendapatkan akuarium dengan ukuran terbaik, biasanya sudah tersedia di toko peralatan ikan hias, biasanya dibanderol sekitar Rp 100.000 perbuahnya.

Sterofoam Kecil

Sterofoam Kecil

Sterofoam bekas juga dapat dijadikan sebagai tempat breeding terbaik. Pastikan sterofoam tidak berlubang, terbebas dari kotoran serta jamur di bagian dindingnya.

Sterofoam dapat diperoleh dengan mudah yaitu sepert menggunakan sterofoam bekas alat elektronik. Bisa juga dengan membelinya ke tempat penjualan es krim, biasanya tersedia disana dengan harga terbaik sekitar Rp 10.000 hingga Rp. 30.000 tergantung ukuran.

Ember kecil

Ember Kecil

Selain beberapa tempat breeding di atas, ember juga bisa dijadikan wadah breeding terbaik. Selain tidak mudah pecah, pastinya tempat pemijahan ini mudah didapatkan di toko peralatan rumah tangga.

Harga satu buah ember berukuran kecil biasanya dibanderol sekitar Rp 15.000 hingga Rp 50.000 perbuahnya. Selain murah, ember plastik juga tidak mudah pecah.

Kesimpulan

Jadi, pemilihan tempat pemijahan atau breeding tidaklah sebagai acuan penting. Hanya saja tempat breeding terbaik diharuskan bersih serta memiliki ukuran minimal sekitar 20 x 20 x 25 cm.

Cara Breeding Ikan Cupang Agar Berhasil

Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Setelah mengetahui mengenai ragam tempat breeding terbaik, mungkin pengetahuan mengenai CARA TERNAK IKAN CUPANG akan dibutuhkan. Agar mendapatkan hasil terbaik dalam beternak, silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Pilih Calon Indukan Berkualitas

Pilih Calon Indukan Berkualitas

Pemilihan calon indukan juga memiliki pengaruh besar terhadap kualitas hasil keturunan. Jadi, lebih baik menentukan jenis dan juga usia terlebih dahulu agar mendapatkan hasil terbaik.

2. Siapkan Wadah Pemijahan

Siapkan Wadah

Siapkan wadah pemijahan terbaik dan tepat, silahkan gunakan beberapa pilihan di atas. Pilihlah wadah pemijahan dengan ukuran sekitar 20 x 20 x 25 cm. Ukuran tersebut adalah tempat breeding terbaik untuk jenis ikan hias kecil.

3. Perhatikan Kualitas Air

Perhatikan Kualitas Air 1

Pemilihan kualitas air juga sangat mempengaruhi hasil ternak. Air tidak sehat memiliki kandungan kadar klorin tinggi, lalu air terbaik yaitu memiliki kadar pH air sekitar 6,2 hingga 7.

Jika tidak memiliki air dengan kadar pH tersebut, silahkan endapkan air selama 2 hari. Untuk lebih memudahkan dalam menetralkan kadar pH air, bisa gunakan garam ikan ataupun daun ketapang kering.

4. Berikan Pakan Bergizi

Beri pakan

Pemberian makanan bergizi juga dapat dijadikan acuan sebagai pengaruh penting atas hasil breeding. Beri pakan dengan kandungan gizi lengkap.

Pakan terbaik diantaranya adalah artemia, kutu air, Vinegar Eel. Silahkan pilih sesuai selera, berikan secara merata.

5. Masukan Indukan Jantan

Masukan Indukan Jantan

Setelah menyiapkan beberapa tahapan diatas, memasukan indukan jantan ke tempat breeding. Biarkan pejantan membuat gelembung tepatnya di atas permukaan air pada tempat breeding untuk digunakan saat proses pemijahan.

6. Masukan Indukan Betina

Masukan Indukan Betina 1

Setelah itu, memasukan betina ke wadah pemijahan dan dibatasi menggunakan gelas plastik. Biasanya memerlukan waktu 1 hari, lalu masukan indukan betina ke tempat breeding bersama indukan jantan.

7. Tahap Pemijahan

Tahap Pemijahan

Biarkan kedua indukan di satu tempat untuk melakukan proses pemijahan. Betina akan mengeluarkan telur, pejantan membuahi dan mengangkat telur tersebut untuk disimpan pada gelembung.

8. Angkat Indukan Betina dari Tempat Pemijahan

Angkat Indukan Ikan Cupang Betina

Sebaiknya indukan betina diangkat dari tempat pemijahan setelah bertelur. Sebab, memiliki sifat buruk yaitu sering memakan telur ikannya.

9. Biarkan Indukan Jantan Menjaga Telur

Biarkan Indukan Ikan Cupang Jantan Menjaga Telur

Cara breeding terbaik agar telur bisa bertahan hidup adalah dengan membiarkan pejantan tetap di tempat breeding. Pada umumnya induk jantan menjaga telur-telurnya hingga menjadi burayak.

10. Telur Menjadi Burayak

Telur Menjadi Burayak Ikan Cupang

Setelah beberapa hari telur akan menetas menjadi burayak di tempat pemijahan. Dengan perut buncitnya, burayak tidak perlu diberi makan 3 hingga 4 hari. Sampai tahapan ini, kalian hanya perlu menjaga dan membesarkan burayak.

Itulah beberapa tahapan mengenai cara breeding. Lalu, tempat breedingnya juga harus kalian tentukan, agar meminimalisir terjadinya kerusakan pada fisik indukan dan telur pada tempat pemijahan.

Keuntungan dan Kerugian Breeding Ikan Cupang

Untung Rugi Breeding ikan Cupang

Tahuah mengenai untung rugi saat melakukan breeding? Nah agar lebih jelas, simak baik-baik ulasan berikut ini.

Keuntungan

  1. Cupang tahan banting.
  2. Keuntungan bisnis.
  3. Tidak membutuhkan tampat luas.
  4. Tidak memerlukan aerator.
  5. Bisa menggunakan jenis air tawar.
  6. Perawatanya mudah.
  7. Pemberian pakan tidak terlalu banyak.

Kerugian

  1. Pembeli musiman.
  2. Melibatkan banyak air.

Itulah beberapa keuntungan serta kerugian saat memulai bisnis breeding . Jadi, berusahalah dengan melakukan setiap tahapan terbaik saat proses breeding. Sehingga, proses pemijahan dapat memperoleh hasil terbaik pula.

Akhir Kata

Demikian informasi dari cupangbetta.id sampaikan mengenai tempat breeding ikan cupang terbaik, cara mengawinkan, serta keuntungan dan kerugian bisnis ternak. Terimakasih semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *