Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

Ciri Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

Ciri Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin – Salah satu hobi yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yaitu beternak ikan hias satu ini. Jika usaha mengembangbiakkan dilakukan dengan tahapan yang benar, maka akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Dalam beternak, pemilihan jenis kelamin jantan dan betina adalah salah satu penentu keberhasilan. Salah pengetahuan mengenai ternak ikan hias, maka bisa salah memilih untuk dijadikan indukan, tentunya berakibat kegagalan.

Kesiapan untuk melakukan perkawinan baik pejantan serta betina sangat berpengaruh. Tanpa kesiapan diantara keduanya untuk kawin, maka pemijahan bisa saja gagal.

Nah maka dari itu, pastikan kalian memiliki cukup ilmu untuk mengetahui usia calon indukan paling tepat. Sebab, jika kalian ingin mencarinya yaitu bisa dilihat dari ciri-cirinya, baik fisik ataupun perilaku.

Ciri Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

Coiri Ikan jJantan Sudah Siap Kawin

Terdapat beberapa ciri-ciri menandakan pejantan siap kawin, terutama untuk berjenis kelamin jantan. Supaya kalian bisa mengetahui dengan pasti, maka silahkan kalian bisa simak baik-baik pada ulasan berikut ini.

1. Usia Minimal Lebih dari 4 Bulan

Usia Minimal Lebih Dari 4 Bulan

Langkah pertama untuk melihat ciri-ciri siap kawin yaitu dengan ikan sudah berumur 6 bulan, tidak lebih dari 14 bulan. Pilih jenis pemilik warna sama, yaitu warna cerah serta tidak dalam keadaan cedera.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, maka lebih baiknya kalian memilih calon induk memiliki ciri berkualitas. Dengan menggunakan male dengan ciri fisik sudah berusia tersebut, maka terdapat kemungkinan akan berhasil, serta mendapatkan banyak telur dari calon indukan betina.

Jadi, cirinya yaitu semakin matang usia, maka dapat memungkinkan kualitas telur akan lebih baik. Sehingga, saat nantinya telur berubah menjadi burayak, maka akan membuatnya lebih tangguh atau tidak mudah mati.

2. Ukuran Tubuh Lebih Memanjang

Ukuran Tubuh Ikan Cupang

Kemudian, jika dilihat dari ukuran tubuh penjantan siap kawin yaitu memiliki ciri dengan panjang kurang lebih 3 hingga 5 cm. Ukuran tersebut juga memiliki kegunaan untuk dapat memijah secara maksimal.

Pada saat kalian sudah menemukan calon indukan jantan, pastikan kembali ciri postur tubuh calon betina lebih kecil, jika dibandingkan dengan si jantan.

Hal tersebut terkait ciri-ciri yaitu bertujuan supaya si jantan tidak kesulitan pada saat melilit bagian perut betina. Sehingga, telur di dalam pertut betina bisa keluar semua.

3. Warna Sirip Terang dan Panjang

Warna Sirip Terang dan Panjang

Terdapat beberapa ciri-ciri lainnya yaitu terletak pada perubahan pigment warna siripnya nampak lebih terang. Ciri lainnya yaitu pejantan terlihat memiliki ekor panjang serta berwarna menyala.

Hal tersebut juga bisa dijadikan ciri fisik bahwa calon male sudah siap kawin. Selanjutnya hanya kalian bisa menjadikan ikan jantan tersebut sebagai calon indukan berkualitas.

Selain itu, ciri tersebut menandakan male sudah siap kawin, keindahan sisik serta warnanya sendiri juga dapat dijadikan daya tarik tersendiri terhadap lawan jenis pastinya.

4. Memiliki Mental Bagus

Ciri Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kaein yaitu Mental Bagus

Ciri-ciri jantan sudah siap kawin selanjutnya yaitu terlihat dari mentalnya. Jika memiliki mental bagus, maka dapat diartikan bahwa sudah siap melakukan perkawinan.

Jika sudah memiliki mental bagus, maka dapat memungkinkan untuk lebih cepat melakukan proses perkawinan. Semakin cepat proses pemijahan dilakukan oleh si jantan, maka akan dapat memungkinkan kalian akan mendapatkan telur berjumlah lebih banyak serta berkualitas.

5. Sering Membuat Sarang Gelembung

Ciri Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin adalah Sering Membuat Sarang Gelembung

Ikan jantan siap dikawinkan yakni memiliki ciri lebih rajin membuat gelembung di dasar permukaan air. Semakin banyak gelembung dihasilkan, maka semakin berkualitas pula induk jantan tersebut.

Gelembung tersebut dapat dikatakan menjadi ciri menandakan bahwa male sudah siap kawin. Kemudian, nantinya telur akan diletakan diantara gelembung, sebelumnya sudah dibuat oleh pejantan tersebut.

Nantinya akan menjaga burayak hingga usianya mandiri. Sifat tanggung jawab tersebut merupakan salah satu ciri menandakan bahwa induk jantan tersebut memiliki kualitas mental bagus.

6. Dalam Keadaan Sehat dan Lincah

Ciri Ciri Ikan Cupang Sehat dan Lincah Sudah Siap Kawin

Ciri terakhir yaitu calon male memiliki gerakan cukup lincah, serta nafsu makannya tinggi. Dengan begitu, maka dapat dipastikan calon induk dalam keadaan sehat.

Serta tidak sedang mengalami stress, bisa juga dibilang jantan sudah merasa nyaman dengan kondisi air serta lingkungan sekitar. Jika sudah beradaptasi, maka dapat dijadikan sebagai ciri khas seperti sudah ingin melakukan suatu perkawinan.

Cara Memilih Indukan Berkualitas

Cara Memilih Indukan Berkualitas

Setelah kalian mengetahui ciri-ciri jantan siap kawin, maka selanjutnya bisa simak mengenai bagaimana caranya memilih calon induk berkualitas. Ciri-ciri indukan berkualitas adalah sebagai berikut.

  • Ciri pertama yaitu memiliki tubuh sehat, tidak cacat fisik, berasal dari genotip berkualitas.
  • Ekor sirip memanjang, mengembang seperti kipas juga bisa dijadikan sebagai ciri fisik male siap kawin.
  • Ciri fisik selanjutnya adalah memiliki warna sisiknya cerah mengkilap.
  • Bentuk badan memanjang serta ramping.
  • Dasi lebih memanjang.
  • Usia 5 hingga 6 bulan.
  • Ciri fisi male siap kawin yaitu terdapat garis putih vertikal dibagian insang.
  • Bagian perut membesar.
  • Gerakanya lincah, juga bisa dijadikan ciri jantan siap kawin.
  • Titik putih di bagian perut terlihat menonjol.

Itulah beberapa ciri dari calon indukan jantan, dapat dipastikan memiliki kualitas bagus. Kemudian, usianya sudah matang atau siap kawin dengan indukan betina dalam satu wadah pemijahan.

Pemilihan usia ini dapat membantu kalian untuk mencapai keberhasilan. Dapat dipastikan pula indukan jantan akan melindungi telur-telurnya lalu merawat hingga anakannya mandiri.

Kesimpulan

Jadi, setelah kalian sudah menemukan calon indukan sesuai ciri-ciri diatas atau sudah siap kawin, maka selanjutnya kalian bisa langsung melakukan tahapan beternak. Pastikan kalian menyiapkan TEMPAT BREEDING IKAN CUPANG terlebih dahulu.

Lakukan tahapan beternak ikan cupang supaya kalian bisa mendapatkan hasil lebih maksimal. Itulah beberapa informasi dari cupangbetta.id mengenai ciri-ciri jantan siap kawin. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *