Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Bentuk Telur Ikan Cupang

Bentuk Telur Ikan Cupang

Bentuk Telur Ikan Cupang – Ikan cupang termasuk salah satu jenis penghuni air tawar yang memiliki keindahan tersendiri. Memiliki warna serta bentuk ekor menarik perhatian para penghobi.

Kepemilikan ikan cupang setiap tahunnya terus meningkat, bahkan menjadi tren beberapa bulan belakangan ini. Pemilik ikan cupang sendiri memelihara dengan tujuannya sendiri-sendiri.

Terdapat seseorang pemilik yang memelihara ikan cupang hanya untuk dijadikan sebagai penghias meja ruang tamu. Bahkan, dijadikan sebagain penghibur saat merasa penat dan lain sebagainya.

Namun, oleh sebagian pemilik malah lebih suka diternakan, yaitu untuk menemukan spesies baru. Selain itu, ternak ikan cupang juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis menjanjikan, jika dilakukan dengan benar.

Bentuk Telur Ikan Cupang

Bentuk Telur Ikan Cupang Sebelum Menjadi Burayak

Para peternak ikan cupang juga harus mengetahui CARA TERNAK IKAN CUPANG dengan baik. Sehingga, bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, serta menambah hasil penjualan anakan ikan cupang.

Pastinya untuk melakukan budidaya tersebut harus pula mengetahui ciri-ciri IKAN CUPANG JANTAN DAN BETINA. Jangan sampai salah memasukan sesama jenis, agar tidak terjadi perkelahian.

Ikan cupang sendiri memiliki karakter teritorial cukup bagus. Sehingga, apabila di daerah kekuasaannya, ikan cupang bisa menghajar siapapun itu, entah pejantan dewasa atau pun muda.

Bentuk Membulat

Bentuk Membulat

Nah, untuk kalian yang belum mengetahui bentuk dari telur ikan cupang, biasanya yaitu terlihat bulat. Namun, sebagian peternak mengaku pernah mendapati bentuk telur lonjong.

Bintik-Bintik Kecil

Bintik Bintik Kecil

Bentuknya berukuran sangat kecil, biasanya akan mudah terlihat apabila pejantan sudah meletakan semua telur di sarang gelembung buatannya. Jika dilihat sekilas, bentk telur tersebut seperti bintik-bintik berukuran sangat kecil.

Berwarna Putih

Berwarna Putih

Kemudian, apabila kalian sulit melihat telur ikan cupang, maka kalian bisa tunggu hingga gelembung berubah warna menjadi keputihan. Bublenest buatan pejantan biasanya berwarna bening, apabila sudah terdapat putih-putih itulah bentuk telurnya.

Itulah beberapa ciri atau bentuk telur ikan cupang, terkdang bentuknya membulat seperti titik-titik. Namun, pernah ada peternak ikan cupang yang melihat telur ikan cupang dengan bentuk lonjong.

Ciri Ciri Ikan Cupang Sudah Bertelur

Ciri Ciri Ikan Cupang Sudah Bertelur

Setelah mengetahui seperti apa bentuk telur cupang, selanjutnya yaitu mengenai cara mengamati ikan cupang yang sudah bertelur. Pastinya informasi ini sangat penting dan dibutuhkan bagi peternak ikan cupang.

Jika kalian merupakan salah satu pemula dalam dunia ternak ikan cupang, lebih baik ketahui terlebih dahulu ciri-ciri ikan cupang yang sudah bertelur. Nah, untuk lebih jelasanya silahkan kalian bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Proses Pemijahan Ikan Cupang

Proses Pemijahan Ikan Cupang

Pengetahuan mengenai posisi ikan cupang yang sudah melakukan perkawinan juga diperlukan, pasalnya ikan cupang betina memiliki keunikan dalam proses mengeluarkan telurnya. Posisi indukan betina terlihat seperti pingsan dan berenang miring setelah proses pemijahan berlangsung.

Perkawinan ikan cupang jantan dan betina berlangsung tidak berlangsung lama. Apabila betina sudah dibuahi oleh pejantan, maka betina akan mengeluarkan telur tersebut hingga bentuk perut buncitnya menjadi ramping.

Pejantan Berenang Naik dan Turun

Jantan Berenang Naik Turun

Setelah kedua indukan melakukan perkawinan dan pemijahan, maka akan terlihat pejantan mengangkat telur yang berbentuk bintik-bintik putih ke gelembung yang sudah dibuatnya. Telur yang baru saja dikeluarkan biasanya tidak akan dibiarkan pejantan hingga jatuh ke dasar wadah.

Jika dilihat dari kejauhan, ikan cupang jantan akan bergerak naik dan turun sembari mengambil sisa telur dan memasukannya di dalam gelembungnya. Itu adalah bukti pertanggungjawaban dari seorang ayah pada telur-telurnya.

Sarang Gelembung Terdapat Telur

Sarang Gelembung Terdapat Telur

Selain itu, bukti indukan sudah melakukan perkawinan juga dapat dilihat dari warna gelembung yang berubah menjadi sedikit keputihan. Sebab, sebelumnya gelembung tersebut yaitu memiliki warna bening.

Telur ikan cupang sendiri memiliki bentuk seperti membulat dan berwarna putih. Biasanya bentuk tersebut tidak bisa dilihat dengan jelas, pasalnya terdapat banyak sekali telur yang dihasilkan pada saat proses pemijahan berlangsung.

Pejantan Menjaga Sarang Telur

Pejantan Menjaga Telurnya

Apabila pejantan ikan cupang terlihat sangat serius berada di bawah sarang gelembungnya, berarti telur sudah dikumpulkan di gelembung tersebut. Biasanya pejantan juga akan mengusir betinanya dari bawah sarang, itulah tanda masa pemijahan sudah selesai.

Nantinya setelah beberapa hari gelembung akan pecah dan telur akan berubah menjadi burayak. Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 hari, bentuk burayak ikan cupang hampir mirip dengan burayak anakan ikan guppy.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri ikan cupang yang sudah bertelur, hanya menunggu sekitar kurang lebih 3 hari maka telur akan berubah menjadi burayak. Pejantan ikan cupang bergerak melindungi serta merawat burayak dengan baik hingga mandiri.

Kesimpulan

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai bentuk telur ikan cupang, yaitu berwarna putih serta berbentuk bintik-bintik bulat. Nantinya setelah beberapa hari akan berubah menjadi burayak, serta masih terus dijaga oleh pejantan di dalam wadah pemijahan. Terimakasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *