Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Mengobati Ikan Cupang Terkena White Spot

Cara Mengobati Ikan Cupang Terkena White Spot

Cara Mengobati Ikan Cupang Terkena White Spot – Sekarang ini pasti kamu sudah tidak asing lagi tentang ikan cupang. Ikan cupang merupakan sebuah ikan hias yang banyak peminatnya karena warna di tubuhnya. Bagaimana tidak, corak warna di tubuhnya membuat ikan cupang terlihat sangat indah jika dipandang.

Karena corak warna inilah membuat harga ikan cupang melambung tinggi hingga puluhan juta. Perawatan ikan cupang juga sangatlah mudah, hanya perlu menjaga kebersihannya saja agar ikan cupang tetap sehat. Sebab jika ketiga hal tersebut tidak diperhatikan, maka dapat menyebabkan ikan cupang jatuh sakit.

Ada banyak jenis penyakit yang dapat menyerang ikan cupang, salah satunya yaitu White Spot atau bintik putih. Penyakit ini biasanya tumbuh pada bagian sisik ikan cupang karena kurang menjaga kebersihan.

Jika kamu merupakan salah satu pecinta ikan cupang, kamu wajib mengetahui lebih dalam lagi mengenai penyakit White Spot ini. Jika kamu penasaran, langsung saja simak penjelasan kamu dibawah ini mengenai penyakit White Spot.

Apa Itu White Spot Ikan Cupang

Apa Itu White Spot Ikan Cupang

White Spot atau bisa juga disebut bintik putih adalah sebuah parasit pada sisik ikan cupang dengan bentuk bintik kecil berwarna putih. White Spot merupakan salah satu penyakit berbahaya karena jika ikan cupang sudah terkena penyakit ini maka dapat menyebabkan kematian. Selain itu penyakit White Spot juga sangat mudah menular kepada ikan cupang lainnya. Jadi sebaiknya jika ikan cupangmu terkena White Spot maka alangkah baiknya pisahkan dengan ikan cupang lainnya agar tidak menular.

Ciri Ciri Cupang White Spot

Kamu juga wajib mengetahui ciri-ciri jika ikan cupang terkena penyakit White Spot agar kamu bisa langsung mengobati sebelum ikan cupang tersebut mati. Ciri-ciri ikan cupang terkena White Spot yaitu seperti

1. Munculnya Bintik Putih

Munculnya Bintik Putih

Ciri-ciri yang sangat menonjol yaitu akan muncul bintik putih pada tubuh ikan cupang. Seperti penjelasan kami sebelumnya bahwa bintik putih ini berbentuk kecil dan tersebar di seluruh tubuh ikan cupang. Mungkin saat pertama timbulnya bintik putih tidak akan terlalu jelas, namun setelah tumbuh bintik putih berikutnya maka akan terlihat sangat jelas.

2. Nafsu Makan Menurun

Nafsu Makan Menurun

Jika sebelumnya ikan cupangmu lahap saat diberi makan, namun saat sudah terkena White Spot maka ikan cupang akan kehilangan nafsu makan. Bahkan hingga makanan tersebut tidak dimakan sama sekali karena ikan cupang tersebut sudah kehilangan nafsu makan karena parasit yang mengganggu.

3. Sirip Mengecil dan Menyendiri

Sirip Mengecil Dan Menyendiri

Jika pada umumnya sirip dan ekor ikan cupang terbuka lebar saat berenang, tetapi saat ikan cupang terkena White Spot maka sirip dan ekornya akan mengecil atau menguncup. Bukan hanya itu saja, ikan cupang juga akan menyendiri karena adanya parasit yang membuat ikan cupang tidak semangat.

4. Lincah

Lincah

Saat ikan cupang terkena parasit, maka ikan cupang akan menggosok- gosokan badannya pada sudut aquarium atau benda lainnya dengan gerakan sangatlah lincah karena badannya terasa gatal. Ikan cupang akan lebih sering bergerak karena tubuhnya terasa gatal sehingga membuatnya tidak nyaman.

Penyebab White Spot

Ikan cupang terkena White Spot juga pasti ada penyebabnya, entah itu suhu atau kebersihan ikan cupang. Dibawah ini ada beberapa penyebab munculnya White Spot pada ikan cupang.

1. Perubahan Suhu

Perubahan Suhu

Salah satu penyebab ikan cupang terkena White Spot yaitu adanya perubahan suhu lingkungan sekitar. Ini menyebabkan ikan cupang harus beradaptasi untuk menyesuaikan suhu air dan pada saat inilah ikan cupang sangat rentan terkena penyakit White Spot.

2. Kebersihan Air Tidak Terjaga

Kebersihan Tidak Terjaga

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa untuk memelihara ikan harus menjaga kebersihan mulai dari pakan, tempat yang digunakan, serta airnya. Jika tidak menjaga kebersihan dari ketiga hal tersebut, maka dapat menyebabkan ikan cupang jatuh sakit. Sebab ikan cupang memerlukan tempat bersih agar terhindar dari bakteri atau parasit.

3. Mengalami Stress

Mengalami Stress

Sama halnya dengan manusia, ikan cupang juga bisa mengalami stress sehingga sistem pertahanan tubuh akan menurun. Pada saat pertahanan tubuh menurun, maka bakteri dapat mudah masuk dan menyerang ikan cupang sehingga ikan cupang jatuh sakit.

Cara Mengobati Ikan Cupang Terkena White Spot

Jika ikan cupangmu sudah terkena White Spot, maka mau atau tidak mau kamu harus mengobatinya agar ikan cupang kembali sehat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati White Spot pada ikan cupang. Kamu juga bisa membaca OBAT IKAN CUPANG SAKIT untuk menambah wawasanmu tentang ikan cupang.

1. Mengatur Suhu Air

Mengatur Suhu Air

Cara pertama untuk mengobati ikan cupang terkena White Spot yaitu dengan mengatur suhu air. Usahakan suhu air berada di 30 derajat celcius. Sebab pada suhu tinggi membuat White Spot akan sulit menggandakan diri. Selain itu karena suhu air tinggi, maka perlahan White Spot akan hilang dari tubuh ikan cupang.

2. Memberi Garam Ikan

Memberi Garam Ikan

Menurut informasi, garam ikan merupakan obat paling ampuh untuk mengobati penyakit White Spot pada ikan cupang. Bukan hanya harganya yang murah, namun cara mengobati White Spot dengan garam ikan juga tidak rumit. Hanya membutuhkan beberapa hari saja maka ikan cupang dapat kembali sehat seperti sebelumnya.

3. Menggunakan Daun Ketapang

Menggunakan Daun Ketapang

Jika kamu merupakan salah satu pecinta ikan cupang, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan daun ketapang kering ini. Daun ketapang memiliki banyak kegunaan pada kehidupan ikan cupang, salah satunya yaitu untuk mengobati ikan cupang yang terkena White Spot. Cara mengobati menggunakan daun ketapang yaitu kamu hanya perlu menaruh daun ketapang kering kedalam wadah ikan cupang saja.

4. Meneteskan Obat Biru

Meneteskan Obat Biru

Obat biru merupakan obat yang dibuat untuk mengobati ikan cupang sakit, salah satunya yaitu White Spot. Untuk cara mengobati menggunakan obat biru pun cukup mudah, yaitu dengan menuangkan 1 sampai 3 tetes obat biru kedalam air. Takarannya pun harus diperhatikan karena jika terlalu banyak menuangkan juga berbahaya bagi ikan cupang. Obat biru ini banyak dijual pada toko-toko ikan hias dengan harga yang terjangkau.

5. Menambah Oksigen

Menambah Oksigen

Cara mengobati White Spot yang terakhir yaitu dengan menambahkan aerator untuk mendapatkan tambahan oksigen. Sebab semakin banyak kadar oksigen, maka kekebalan tubuh seekor ikan cupang juga akan bertambah dan kualitas kehidupan ikan cupang semakin baik. Ikan cupang juga akan kesulitan bernafas pada saat terkena White Spot sehingga penambahan oksigen ini dapat memudahkan ikan cupang bernafas.

Cara Mencegah Ikan Cupang dari Penyakit White Spot

Jika kamu tidak ingin ikan cupangmu terkena White Spot, maka kamu dapat mencegahnya dengan beberapa cara dibawah ini.

1. Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan

Seperti penjelasan kami sebelumnya bahwa untuk memelihara ikan cupang kamu harus memerlukan perhatian lebih, yaitu dengan cara menjaga kebersihan ikan cupang, seperti pakan, air, dan wadah. Sebab saat ketiga hal tersebut terjaga kebersihannya, maka kemungkinan terkena penyakit akan menitipis. Namun jika sebaliknya, maka kemungkinan ikan cupangmu terserang penyakit akan semakin besar.

2. Memberikan Obat Kekebalan Tubuh

Obat biru dan daun ketapang kering merupakan salah satu obat untuk menjaga daya tahan tubuh pada ikan cupang. Selain berguna untuk mengobati segala jenis penyakit, keduanya juga berguna untuk menjaga kekebalan tubuh pada ikan cupang agar selalu sehat dan bersemangat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang dapat cupangbetta.id sampaikan mengenai penyakit White Spot. Jagalah cupang kesayanganmu karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Memang penyakit ini terbilang mudah untuk diobati, namun jika dibiarkan maka dapat menyebabkan kematian. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu penggemar ikan cupang.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *