Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

PH Air Ikan Cupang

PH Air Ikan Cupang

PH Air Ikan Cupang – Saat ini sudah banyak jenis ikan hias yang populer karena keunikan postur tubuhnya atau corak warnanya. Salah satu ikan hias yang saat ini sedang populer yaitu ikan cupang.

Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar dengan postur tubuh kecil serta corak warna yang indah pada tubuhnya. Karena corak warna itulah yang membuat ikan cupang banyak digemari oleh pecinta ikan hias. Perawatan pada ikan cupang juga termasuk cukup mudah, hanya saja harus memberikan perhatian lebih terhadap sesuatu yang digunakan pada ikan cupang, salah satunya yaitu air.

Air merupakan kebutuhan utama dalam memelihara ikan cupang yang harus diperhatikan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan pada air yang akan digunakan untuk kehidupan cupang, salah satunya yaitu PH.

Nah PH air ini perlu kamu perhatikan karena cupang membutuhkan PH air yang cocok untuk kehidupannya. Karena kemungkinan besar setiap daerah memiliki PH air berbeda-beda. Jika kamu penasaran mengenai PH air pada ikan cupang, maka sebaiknya simak penjelasan kami dibawah ini sampai selesai.

Apa Itu PH Air

Apa Itu PH Air

PH merupakan sebuah indikator tingkatan asam atau pun basa pada sebuah air yang dinilai menggunakan skala 0-14. Air Netral atau tidak masa maupun asam biasanya memiliki kandungan PH sebanyak 7. Lalu untuk air asam memiliki PH kurang dari 7 dan untuk air basa memiliki PH lebih dari 7. Untuk setiap angka pada PH menggambarkan pada perubahan derajat asam atau basa sebanyak 10 kali lipat. Skala PH merupakan diagram paduan visual untuk semua tingkatan PH. Jadi semakin rendah angka skala PH, maka semakin tinggi juga jumlah asam yang dimiliki pada zat tersebut.

Standar PH Air Ikan Cupang

Standar PH Air Ikan Cupang

Menurut dengan PP. NO. 82 Tahun 2001, standarisasi PH air untuk ikan air tawar itu berkisar 6 sampai 9. Namun khusus untuk PH air pada cupang yang baik itu sebesar 6,5 hingga 7,2. Sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu kandungan PH air yang kamu gunakan. Ini dikarenakan PH air juga mempengaruhi kehidupan cupang. Jika PH air yang kamu gunakan melebihi standarisasi maka dapat menyebabkan ikan cupangmu menjadi jatuh sakit. Kamu juga dapat membaca OBAT IKAN CUPANG SAKIT agar dapat menangani ikan cupangmu serta menambah wawasan.

Cara Mengetahui PH Air

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur PH pada sebuah air. Kamu bisa menggunakan salah satu cara untuk mengetahui berapakah PH air pada aquarium cupang milikmu. Untuk mengetahui PH air, kamu dapat melakukan cara seperti

1. Menggunakan Indikator Tetes

cara mengetahui ph air Menggunakan Indikator Tetes

Cara pertama untuk mengetahui PH air merupakan cara yang sering ditemukan pada saat aktivitas titrasi. Untuk prinsipnya adalah dengan mengamati warna pada setiap perubahan PH air. Jika PH dari larutan tersebut basa, maka larutan akan berwarna merah (menggunakan indikator PP). Kamu juga dapat menggunakan beberapa indikator tetes dalam pengukuran PH seperti PP, SM, serta MM.

2. Menggunakan Kertas Lakmus

Menggunakan Kertas Lakmus

Cara kedua untuk mengukur PH air untuk cupang yaitu menggunakan kertas lakmus. Kertas lakmus ini terbuat dari salah satu jenis tumbuhan khusus yang bisa memberikan reaksi perubahan warna pada saat menemukan kondisi PH tertentu. Dan untuk pembagian warna, kertas lakmus bisa menandakan kondisi PH air basa untuk warna hijau dan untuk merah menandakan kondisi PH air asam.

3. Menggunakan PH Meter Handy Digital

Menggunakan PH Meter Handy Digital

Cara pengukuran PH air untuk ikan cupang dengan menggunakan PH meter Handy Digital merupakan salah satu cara yang sering digunakan. Sebab alat yang digunakan memiliki ukuran kecil sehingga dapat dibawa kemana saja dan memberikan hasil PH air yang akurat. Namun terkadang jika mengukur PH air dengan menggunakan alat ini tidak membaca secara stabil.

Pengaruh PH Air Terhadap Ikan Cupang

PH air juga memiliki pengaruh terhadap ikan cupang mulai dari warna atau postur tubuhnya. Dibawah ini sudah kamu jelaskan beberapa pengaruh PH air terhadap ikan cupang.

1. PH Air Terlalu Tinggi

PH Air Terlalu Tinggi

Jika PH air pada ikan cupang terlalu tinggi, maka akan menyebabkan tubuh dan warna ikan cupang menjadi buruk. Contoh pengaruh PH air terlalu tinggi pada ikan cupang yaitu

  1. Kulit ikan cupang akan kusam
  2. Warna ikan cupang akan memudar
  3. Dapat mengakibatkan kerusakan ingsang.

2. PH Air Terlalu Rendah

PH Air Terlalu Rendah

PH air terlalu rendah juga tidak baik untuk kelangsungan hidup ikan cupang sehingga akan berpengaruh buruk. Hal yang dapat terjadi pada ikan cupang jika PH air rendah yaitu seperti

  1. Sistem pencernaan menjadi terganggu.
  2. Pernafasan pada ikan cupang menjadi tidak normal.
  3. Pertumbuhan ikan cupang menjadi lambat.

Jenis Air Ikan Cupang Yang Bagus

Ada beberapa jenis air yang dapat kamu gunakan karena memiliki PH air cocok bagi ikan cupang. Karena air yang memiliki PH yang cocok dengan ikan cupang akan membuat lebih nyaman dan dapat meningkatkan kesehatan ikan cupang. Jenis air yang bagus untuk ikan cupang yaitu

1. Air Keran Yang Sudah Diendapkan

Air Keran Yang Sudah Diendapkan

Air keran yang diendapkan ini berguna agar menetralisir kandungan kadar asam. Kamu dapat mengendapkan air keran dalam jangka waktu selama 1 hingga 2 hari. Setelah itu kamu sudah bisa menggunakan air keran tersebut untuk ikan cupang.

2. Air Rendaman Daun Ketapang

Air Rendaman Daun Ketapang

Air rendaman daun ketapang merupakan salah satu alternatif yang biasa digunakan oleh pecinta ikan cupang. Karena rendaman air daun ketapang memiliki PH air yang cocok untuk kelangsungan hidup ikan cupang. Selain itu rendaman daun ketapang juga memiliki banyak manfaat untuk ikan cupang, salah satunya yaitu membuat warna pada tubuh ikan menjadi lebih terang.

3. Air Yang Sudah Ditetesi Obat Biru

Meneteskan Obat Biru 1

Yang terakhir yaitu menggunakan air yang sudah ditetesi dengan obat biru. Jika kamu salah satu pengehobi ikan cupang pasti sudah tidak asing lagi dengan obat biru ini. Selain memiliki PH air yang cocok untuk ikan cupang, obat biru juga dapat digunakan untuk menyembuhkan ikan cupang sakit serta menjaga kondisi ikan cupang. Namun untuk takaran obat biru juga harus diperhatikan. Karena jika terlalu banyak meneteskan obat biru kepada air juga tidak bagus untuk ikan cupang dan bisa berakibat fatal.

Cara Menurunkan PH Air

Jika kandungan PH air ditempat kamu berada sangat tinggi, maka kamu dapat mengurangi PH air tersebut. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menurunkan PH air, yaitu seperti

1. Menggunakan Daun Ketapang Kering

Daun Ketapang 2

Cara yang pertama yaitu kamu hanya memerlukan daun ketapang yang sudah kering. Untuk cara pemakaiannya yaitu cukup letakkan daun ketapang tersebut pada air yang memiliki PH air tinggi. Jika air sudah berwarna coklat maka kamu dapat mengangkat daun ketapang tersebut dan air dapat langsung digunakan untuk kehidupan ikan cupang. Kamu dapat mengetahui manfaat lain daun ketapang pada artikel FUNGSI DAUN KETAPANG IKAN CUPANG.

2. Menggunakan Sari Jeruk

Menggunakan Sari Jeruk

Cara kedua yaitu kamu dapat menggunakan sari jeruk. Kamu dapat menggunakan jenis jeruk purut atau jeruk nipis untuk menurunkan PH air. Untuk cara penggunaannya kamu hanya perlu meneteskan saru jeruk tersebut kedalam air yang memiliki PH air tinggi secukupnya saja.

Kesimpulan

Itulah Penjelasan yang dapat cupangbetta.id sampaikan mengenai PH untuk cupang. Pastikan air yang kamu gunakan untuk kehidupan cupang memiliki kandungan PH air yang pas agar nantikan ikan dapat hidup dengan keadaan sehat. Demikian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *