Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Stres

Ciri Ciri Ikan Cupang Stres

Ciri Ciri Ikan Cupang Stres – Jika kamu merupakan salah satu penggemar ikan hias, pastinya kamu sudah mengetahui apa itu ikan cupang bukan? Ikan cupang merupakan ikan hias yang hidup di air tawar dengan corak warna indah pada tubuhnya. Karena memiliki corak warna indah, ikan cupang menjadi memiliki harga jual cukup mahal tergantung corak warna dan genetiknya. Semakin bagus genetik dan warna ikan cupang tersebut, maka akan semakin mahal pula harga jualnya.

Banyak orang memelihara ikan cupang karena memiliki perawatan cukup mudah, cukup memperhatikan kebersihan terhadap makanan, wadah, dan pakan. Jangan lupa perhatikan juga PH air yang digunakan untuk kehidupan ikan cupang. Kamu dapat mengetahui standar PH ikan cupang yang baik pada artikel PH AIR IKAN CUPANG.

Namun ada juga masalah yang sering dihadapi oleh para pecinta ikan cupang, salah satunya yaitu pada saat ikan cupang menjadi stres. Bukan hanya manusia saja, ikan cupang juga dapat mengalami stres dan jika dibiarkan maka ikan cupang dapat mati secara tiba-tiba.

Ikan cupang stress juga pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Karena itulah kamu harus memahami bagaimana sifat dan karakter ikan cupang stres. Kali ini kami akan berbagi informasi kepada kamu semua mengenai ciri ciri pada ikan cupang stress. Jika penasaran langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Stres

Sesuai dengan janji kami bahwa kami akan memberikan informasi mengenai ciri ciri ikan cupang stres. Kamu bisa memperhatikannya dengan cara dibandingkan dengan ikan cupang sehat. Dengan cara itu maka dapat melihat keanehan pada ikan cupang tress tersebut. Ciri ciri ikan cupang stress yaitu seperti :

1. Memiliki Perilaku Aneh

Memiliki Perilaku Aneh

Ciri ciri pertama yaitu cupang akan berperilaku aneh tidak seperti biasanya. Jika sebelumnya ikan cupangmu sangat aktif lalu menjadi pendiam atau hal lainnya yang tidak biasa ikan cupang tersebut lakukan. Keanehan perilaku tersebut menandakan bahwa ikan cupangmu stress.

2. Nafsu Makan Berkurang

Nafsu Makan Berkurang

Ikan cupang stress juga akan memiliki nafsu makan berkurang. Bukan hanya stress, ikan cupang memiliki nafsu makan berkurang juga bisa menandakan bahwa ikan tersebut sedang sakit. Karena pada umumnya ikan stress akan malas untuk memakan makanan yang diberikan. Jika mendapati ciri ciri seperti ini pada ikan cupangmu, maka segeralah mengatasinya agar kembali sehat.

3. Rentan Terserang Penyakit

Rentan Terserang Penyakit

Banyak orang beranggapan bahwa ikan cupang sakit akan menyebabkan stress. Namun perlu diketahui bahwa ikan cupang stress maka daya tahan tubuhnya akan menurun. Hal ini akan sangat berbahaya bagi ikan cupang karena penyakit dapat menyerang ikan cupang dengan sangat mudah. Ciri ciri memang sedikit sulit untuk diperhatikan, namun jika sudah paham dengan karakter ikan cupangmu maka kamu dapat mengetahuinya dengan mudah.

4. Tampak Gelisah

Tampak Gelisah

Ciri ciri berikutnya yaitu ikan cupang akan terlihat gelisah pada saat berenang. Ikan cupang akan terus menerus melesat disekitar aquarium dengan muka gelisah sehingga menandakan bahwa ikan cupang tersebut mengalami stres. Hal ini bisa disebabkan karena ikan cupang merasa ketakutan dengan suatu benda atau ikan cupang lainnya. Ikan cupang yang mengalami ciri ciri seperti ini dapat diamati dengan mudah melalui pergerakan pada ikan cupang.

5. Suka Bersembunyi

Suka Bersembunyi

Ciri ciri selanjutnya yaitu ikan cupang akan sering bersembunyi dibalik hiasan pada aquarium atau daun ketapang. Memang ikan cupang pasti sesekali bersembunyi, namun jika ikan cupang tersebut menghabiskan sebagian waktu untuk bersembunyi maka itu hal tidak wajar. Hal ini dapat disebabkan karena adanya ancaman atau penindasan sehingga membuat ikan cupang menjadi takut dan menyebabkan stres.

6. Berganti Warna

Berganti Warna

Ciri ciri terakhir yaitu ikan cupang akan berganti warna. Jika sebelumnya ikan cupangmu memiliki warna indah, namun jika ikan cupang tersebut sedang stres maka warnanya akan menjadi kusam. Warna ikan cupang akan menjadi pudar dan tidak cerah seperti sebelumnya. Selain itu garis pada tubuh ikan cupang pun akan memiliki warna berbeda, yaitu lebih pucat dari sebelumnya.

Cara Untuk Mengatasi Ikan Cupang Stres

Jika ikan cupangmu sedang mengalami stres, kamu tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara dapat dilakukan agar ikan cupang kembali sehat. Cara yang kami berikan dapat dilakukan setiap rutin agar proses penyembuhan dapat berlangsung secara cepat. Untuk cara caranya langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini.

1. Sering Mengganti Air

Sering Mengganti Air

Cara pertama yaitu dengan mengganti air pada aquarium secara rutin. Sebab dengan mengganti air secara rutin maka dapat menurunkan stres pada ikan cupang. Kamu dapat mengganti air tersebut setiap satu minggu sekali. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi jumlah amonia dan nitrat pada aquarium sehingga lebih nyaman saat dihuni oleh ikan cupang.

2. Menggunakan Filter

Menggunakan Filter

Kamu juga bisa menggunakan filter pada aquarium untuk menghindari ikan cupang menjadi stres. Filter ini berfungsi untuk menjaga kebersihan air pada aquarium sehingga dapat menjaga air agar tetap dalam keadaan bersih. Namun pastikan filter tidak menimbulkan arus, sebab jika menimbulkan arus maka menyebabkan ikan cupang menjadi stress.

3. Mengecek Suhu Air

Mengecek Suhu Air

Cara selanjutnya yaitu harus mengecek suhu agar tetap stabil. Tinggi rendahnya suhu ini dapat dipengaruhi oleh ukuran aquarium, tempat keberadaan ikan cupang, cuaca, dan lainnya sehingga memungkinkan memiliki suhu berfluktasi. Fluktasi suhu merupakan hal yang menyebabkan ikan cupang menjadi stres karena adanya perubahan suhu. Perubahan suhu menyebabkan tubuh ikan cupang terkejut sehingga menyebabkan stres bahkan hingga mati secara mendadak.

4. Memperbanyak Tempat Persembunyian

Memperbanyak Tempat Persembunyian

Cara berikutnya yaitu memperbanyak ruang untuk tempat persembunyian ikan cupang. Memperbanyak tempat untuk bersembunyi ini bertujuan agar ikan cupang tetap dalam keadaan rileks dan tetap tenang. Tempat persembunyian akan membuat ikan cupang lebih nyaman tanpa ada rasa takut diserang. Oleh karena itu tempat persembunyian sangatlah penting untuk ikan cupang dan dapat digunakan agar ikan cupang terhindar dari stres.

5. Memberi Makanan Yang Bergizi

Memberi Makanan Yang Bergizi

Pastikan kamu memberikan pakan yang memiliki gizi tinggi kepada ikan cupang.Pemberian pakan bergizi bukan hanya sekedar menjaga ikan cupang agar tidak stres, namun pemberian pakan bergizi juga dilakukan agar ikan cupang dapat tumbuh dengan kondisi tubuh sehat serta warna indah. Jika merasa bingung dengan jenis makanan bergizi tinggi, kamu dapat membaca artikel PAKAN IKAN CUPANG TERBAIK yang dapat diberikan kepada ikan cupang.

6. Memberikan Ruangan Yang Cukup

Memberikan Ruangan Yang Cukup

Cara yang terakhir yaitu dengan memberikan/ menempatkan ikan cupang pada wadah besar. Kamu bisa menggunakan ember cat atau wadah lainnya untuk digunakan sebagai wadah ikan cupang. Hal ini bertujuan agar ikan cupang merasa bebas dan gembira. Dengan menggunakan cara ini maka kemungkinan besar ikan cupang tidak akan mengalami stres.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai ciri ciri ikan cupang stres yang dapat cupangbetta.id sampaikan. Jika mendapati ciri ciri tersebut pada ikan cupangmu, maka segeralah mengobatinya agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang fatal. Kamu juga dapat menggunakan cara yang sudah kami jelaskan agar ikan cupangmu dapat kembali sehat. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang HMPK

Anas
2 min read

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *