Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Perbedaan Ikan Cupang Hmpk Dan Plakat

Perbedaan Ikan Cupang Hmpk Dan Plakat

Perbedaan Ikan Cupang Hmpk Dan Plakat – Saat ini ikan hias merupakan satu satu peliharaan yang ramai dicari dan dibeli untuk dijadikan koleksi. Ada banyak jenis ikan hias yang sudah tersebar luas di Indonesia, salah satunya yaitu berjenis ikan cupang.

Ikan cupang ialah ikan hias air tawar yang berasal dari negara Thailand. Ikan cupang dikenal dengan corak warna indah pada tubuh dan ekornya. Sudah banyak pula orang yang memperjualbelikan ikan cupang ini karena harganya yang mahal sehingga dapat meraih keuntungan besar.

Ikan cupang juga terbagi menjadi beberapa jenis, contohnya yaitu seperti hmpk dan plakat. Kamu bisa memahami lebih banyak jenis ikan cupang pada artikel JENIS IKAN CUPANG DAN HARGANYA. Hmpk dan Plakat merupakan jenis ikan yang banyak dipelihara oleh pecinta ikan cupang. Walaupun sama-sama memiliki corak warna indah, namun kedua jenis ikan cupang tersebut memiliki perbedaan tersendiri.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai perbedaan dari ikan hmpk dan juga plakat. Jika kamu merupakan orang yang baru bermain ikan cupang, maka sebaiknya kamu perhatikan penjelasan kami dibawah ini agar dapat menambah wawasan mengenai dunia ikan cupang.

Perbedaan Ikan Cupang Hmpk Dan Plakat

Sebenarnya kedua jenis ikan cupang tersebut sama-sama memiliki corak warna yang indah, namun ada beberapa perbedaan yang mendasari ikan cupang tersebut yang perlu kamu ketahui. Karena jenisnya berbeda, tentu saja ikan tersebut memiliki perbedaan. Nah dibawah ini ada beberapa perbedaan ikan hmpk dan plakat melalui ciri ciri pada tubuhnya.

1. Ikan Cupang Hmpk

Ikan Cupang Hmpk

Ikan cupang hmpk merupakan sebuah hasil perkawinan silang antara halfmoon dan plakat. Hmpk merupakan singkatan dari kedua indukannya tersebut yaitu halfmoon plakat. Ikan ini merupakan sebuah ikan andalan para pecinta cupang untuk mengikuti kontes.Perbedaan hmpk dengan plakat yaitu

  1. Ikan cupang hmpk memiliki ekor yang lebih lebar.
  2. Jika dilihat dengan seksama, ekor ikan cupang hmpk akan terlihat menyambung dengan dorsal atas.
  3. Ikan cupang hmpk banyak ditemui di kontes ikan cupang.
  4. Memiliki tulang ekor lebih dari dua.
  5. Ikan cupang Hmpk merupakan jenis cupang untuk hiasan atau kontes saja.

Itulah perbedaan yang membedakan ikan hmpk dan plakat. Selanjutnya kita akan menjelaskan perbedaan dari plakat dan hmpk dibawah ini.

2. Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat 1

Ikan cupang plakat merupakan sebuah bahasa dari Thailand yang artinya petarung. Oleh karena itu ikan cupang plakat dikenal dengan ikan cupang aduan. Plakat merupakan genetik awal terbentuknya ikan hmpk. Namun di Indonesia sendiri masih jarang kontes untuk kelas ikan cupang plakat. Nah untuk perbedaan ikan plakat dengan hmpk yaitu

  1. Memiliki ekor yang kecil dan juga pendek.
  2. Jika diperhatikan ekornya akan terlihat terpisah dengan dorsal atas.
  3. Cupang plakat memang jarang ditemukan di kontes, namun sudah banyak tersebar di indonesia.
  4. Memiliki dua tulang ekor.
  5. Ikan cupang plakat merupakan jenis cupang aduan.

Persamaan Ikan Cupang Hmpk Dan Plakat

Setelah kamu mengetahui perbedaan dari kedua ikan tersebut, alangkah baiknya kamu juga mengetahui persamaan dari ikan cupang hmpk dan plakat. Dibawah ini ada beberapa persamaan dari kedua jenis ikan tersebut.

1. Memiliki Ekor Pendek

Memiliki Ekor Pendek

Walaupun hmpk memiliki ekor lebih panjang dan besar dibandingkan dengan plakat, namun kedua jenis ikan cupang tersebut sama sama dikategorikan sebagai ikan ekor pendek.

2. Memiliki Ekor Setengah Bulan

Memiliki Ekor Setengah Bulan

Perbedaan terakhir yaitu kedua jenis ikan tersebut memiliki ekor berbentuk setengah bulan. Walaupun tidak begitu mirip namun banyak orang mengatakan bahwa mereka dikategorikan sebagai ikan berekor setengah bulan.

Kesimpulan

Begitulah perbedaan antara ikan cupang hmpk dan juga plakat. Walaupun memiliki perbedaan, namun keduanya sama-sama memiliki corak warna yang indah. Perbedaan tersebut pun tidak mempengaruhi keindahan pada ikan cupang itu sendiri. Yang terpenting yaitu perawatan pada ikan cupang, karena semakin bagus perawatan nya maka semakin bagus juga corak warna pada tubuhnya. Mungkin cukup sampai sini informasi yang dapat cupangbetta.id sampaikan dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *