Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Plakat

Ciri Ciri Ikan Cupang Plakat

Ciri Ciri Ikan Cupang Plakat – Perlu kamu ketahui bahwa ikan cupang merupakan ikan hias yang saat ini sedang populer. Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang memiliki ukuran tubuh kecil dengan corak warna indah pada tubuh dan ekornya.

Sebagian orang memelihara ikan cupang untuk dijadikan koleksi, namun ada juga yang menjadikan ikan cupang ini untuk berbisnis. Sebab ikan cupang memiliki harga jual cukup mahal sehingga penjual dapat meraih keuntungan yang besar.

Ikan cupang juga dibagi menjadi beberapa jenis, salah satu jenis yang sangat populer yaitu ikan cupang plakat. Sama seperti ikan cupang pada umumnya, ikan cupang plakat juga memiliki corak warna indah pada tubuh dan ekornya. Pada saat ini mayoritas penggemar ikan cupang memilih ikan cupang plakat untuk dipelihara atau untuk dibudidayakan.

Walaupun ikan cupang plakat sama sama memiliki corak warna, namun ikan cupang plakat memiliki beberapa ciri ciri tertentu yang menandakan bahwa ikan cupang tersebut berjenis plakat. Untuk mengetahui ciri ciri dari ikan cupang plakat maka simak saja artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Ikan Cupang Plakat

Apa itu ikan cupang plakat

Ikan Cupang plakat merupakan salah satu ikan hias yang berasal dari Thailand dan pertama masuk di Indonesia pada tahun 2000. Nama plakat ini diambil dari bahasa Thailand yang artinya petarung. Jadi ikan cupang plakat merupakan salah satu ikan cupang petarung yang dulunya digunakan untuk aduan oleh masyarakat Thailand. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini ikan cupang plakat banyak dipelihara hanya untuk di koleksi saja. Saat ini juga ikan cupang plakat sudah memiliki beragam jenis warna karena hasil perkawinan silang yang dilakukan para breeding sehingga menghasilkan corak warna baru pada tubuhnya.

Ciri Ciri Ikan Cupang Plakat

Nah disini kami akan memberitahukan kepada kamu semua mengenai ciri ciri pada cupang plakat. Memang sekilas ikan cupang plakat tidak memiliki perbedaan dengan jenis ikan cupang lainnya. Namun jika dilihat dengan lebih teliti, ikan cupang plakat ini sebenarnya memiliki perbedaan dengan jenis ikan cupang lainnya. Dibawah ini ada beberapa ciri ciri ikan cupang plakat yang mungkin perlu kamu ketahui.

1. Warna Tubuh

Warna Tubuh

Ciri ciri yang pertama yaitu warna pada tubuhnya. Dahulunya ikan cupang plakat memiliki warna cenderung lebih gelap dan tidak terlalu mencolok seperti putih dan coklat. Namun karena banyaknya breeder yang melakukan kawin silang pada ikan cupang plakat, saat ini sudah banyak warna warna baru yang lebih menarik dan indah pada ikan cupang plakat ini. Contohnya yaitu seperti Nemo, Fancy, Dragon, Galaxy, Koi, dan juga Avatar. Kamu dapat mengetahui banyak jenis ikan cupang lainnya pada artikel JENIS IKAN CUPANG DAN HARGANYA

2. Bentuk Tubuh

Bentuk Tubuh

Ciri ciri berikutnya yaitu pada bentuk tubuhnya. Mayoritas ikan cupang plakat memiliki ekor yang pendek berbentuk setengah lingkaran seperti huruf D serta memiliki dua tulang ekor. Selain itu dasi pada ikan cupang plakat juga lebih panjang jika dibandingkan dengan sirip dan juga ekornya.

3. Mata

Mata

Ikan cupang plakat biasanya memiliki tatapan mata lebih tajam dan berwarna hitam atau kecoklatan. Ciri ciri ini dapat kamu amati dengan mudah pada ikan cupang, hanya saja kamu membutuhkan ketelitian pada saat mengamati ciri ciri tersebut.

4. Mental Yang Bagus

Mental Yang Bagus

Ciri ciri yang terakhir yaitu memiliki mental bagus. Karena ikan cupang plakat dikenal dengan ikan cupang aduan, maka pastinya ikan cupang ini memiliki mental yang besar jika melihat ikan cupang lainnya. Selain itu, ikan cupang plakat juga akan lebih agresif jika bertemu dengan sejenisnya.

Kesimpulan

Seperti itulah ciri ciri pada ikan cupang plakat yang dapat cupangbetta. id sampaikan. Jika semua ciri ciri tersebut ada pada ikan cupangmu, maka artinya ikan cupang yang kamu miliki berjenis plakat. Untuk melihat ciri ciri tersebut, kamu hanya perlu mengamati ikan cupangmu dengan teliti. Namun apapun jenis ikan cupangmu sebenarnya tidak masalah, yang terpenting yaitu keindahan corak warna pada tubuhnya. Sekian penjelasan dari kami dan kami berharap artikel ini dapat membantu kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *