Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Perbedaan Ikan Cupang Aduan Dan Hias

Perbedaan Ikan Cupang Aduan Dan Hias

Perbedaan Ikan Cupang Aduan Dan Hias – Pada zaman ini pasti kamu sudah tidak heran lagi dengan nama ikan cupang bukan? Ya ikan cupang merupakan ikan hias dengan postur tubuh kecil serta beragam corak warna menyelimuti tubuhnya sehingga terlihat indah saat dipandang.

Karena keindahan itulah membuat kan cupang cupang memiliki harga jual cukup mahal. Semakin bagus kualitas dan warna pada ikan cupang, maka akan semakin mahal pula harga jualnya dan bahkan hingga puluhan juta rupiah. Tak heran banyak orang menggunakan ikan cupang untuk berbisnis agar mendapatkan keuntungan cukup melimpah.

Perlu kamu ketahui bahwa ikan cupang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu cupang aduan dan hias. Untuk setiap jenis ikan cupang pastinya memiliki perbedaan entah itu dari postur tubuh atau warnanya. Kedua jenis ikan cupang tersebut juga sudah tersebar luas di Indonesia sehingga kamu mudah untuk mendapatkannya. Kamu juga dapat mengetahui jenis ikan cupang lainnya yang saat ini sedang populer pada artikel JENIS IKAN CUPANG DAN HARGANYA.

Jika kamu merupakan orang awam dalam dunia ikan cupang pasti merasa bingung akan kedua perbedaan jenis ikan cupang tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membantu memberikan jawaban kepada kamu tentang perbedaan cupang aduan dan hias.

Perbedaan Ikan Cupang Aduan Dan Hias

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan cupang aduan dan hias. Walau kedua jenis ikan cupang ini memiliki perbedaan, namun keduanya sama-sama memiliki keindahan sangat mempesona saat dipandang. Apalagi pada saat ekor dan siripnya terbuka lebar layaknya bulan separuh yang menambah ikan cupang menjadi terlihat elegan. Dibawah ini sudah kami jelaskan mengenai beberapa ciri-ciri pada ikan cupang aduan dan hias yang membedakan antara kedua jenis ikan tersebut.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Aduan

Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan

Untuk yang pertama kita bahas yaitu ciri-ciri terletak pada ikan cupang aduan. Cupang aduan merupakan salah satu ikan hias yang biasanya digunakan untuk aduan. Oleh karena itu ikan cupang aduan harus memiliki mental bagus agar dapat mengalahkan musuhnya. Ada beberapa ciri-ciri yang membedakan ikan cupang aduan dengan ikan cupang hias, ciri-cirinya yaitu :

  1. Memiliki postur tubuh lebih kokoh, lebar dan tinggi pada bagian kepada hingga ekor dengan ketebalan yang seimbang. Hanya saja pada pangkal ekor yang mungkin memiliki ukuran tubuh sedikit kecil.
  2. Gerakan ikan cupang aduan sangat agresif dan lincah. Berbeda dengan ikan cupang hias yang memiliki gerak lambat dan anggun.
  3. Perbedaan berikutnya yaitu pada saat melihat ikan cupang lainnya, maka sirip dan ekornya akan mengembang sepenuhnya. Perbedaan ini menandakan bahwa ikan cupang tersebut memiliki mental bagus.
  4. Perbedaan yang terakhir yaitu pada ikan cupang aduan memiliki bibir tebal dan kokoh serta tertutup rapat. Jika dilihat dari atas, maka pada bibir bagian bawah akan terlihat bintik putih yang menandakan ikan cupang tersebut memiliki gigi runcing.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Hias

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias

Setelah kamu mengetahui perbedaan dari cupang aduan, berikutnya yaitu kamu perlu memahami perbedaan pada cupang hias juga. Ikan cupang hias ini lebih banyak dipelihara para pecinta ikan cupang untuk dijadikan koleksi di rumahnya. Sebab cupang hias lebih indah jika dibandingkan dengan cupang aduan. Perbedaan dari ikan cupang hias dengan ikan cupang aduan yaitu :

  1. Memiliki ekor dan sirip panjang serta lebar. pada tulangan sirip dan ekor memiliki bentuk sangat khas.
  2. Perbedaan yang cukup mencolok yaitu pada ikan cupang hias memiliki corak warna lebih terang dan tidak kusam serta kombinasi corak warna sehingga membuat ikan cupang hias lebih indah.
  3. Saat melihat ikan cupang lainnya, maka ekor dan sirip akan mengembang sangat lebar seperti bulan separuh dengan bentuk yang khas.
  4. Perbedaan yang terakhir yaitu ikan cupang hias memiliki gerak lebih tenang dengan kibasan-kibasan ekor dan siripnya.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang dapat cupangbetta.id sampaikan mengenai perbedaan ikan cupang aduan dan hias. Walaupun mempunyai perbedaan, namun kedua jenis ikan cupang tersebut sama-sama indah pada saat dipandang. Kedua jenis ikan cupang tersebut juga memiliki perawatan yang sama dan sudah banyak dijual di Indonesia. Kamu hanya cukup memiliki jenis cupang mana yang kamu sukai agar dapat dipelihara dengan baik dan benar. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *