Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang Mati

Ikan Cupang Mati

Ikan Cupang Mati – Seperti Yang kamu ketahui bahwa cupang merupakan salah satu ikan hias dengan corak warna indah di seluruh tubuhnya. Oleh sebab itu ikan cupang memiliki harga jual yang cukup tinggi hingga puluhan juta.

Ikan cupang juga memiliki berbagai jenis seperti Fancy, Halfmoon, Double Ear, dan masih banyak lagi. Perawatan untuk ikan cupang juga sangatlah mudah, cukup memperhatikan pakan, air, dan wadahnya saja dan untuk memelihara ikan cupang juga tidak membutuhkan tempat yang begitu besar.

Daftar Isi

Meskipun dibilang mudah, namun ada saja beberapa kasus yang menyebabkan cupang menjadi mati. Ada banyak penyebab sehingga membuat cupang mati entah itu dalam waktu singkat atau lama.

Oleh karena itu disini kami akan menjelaskan kepada kamu semua mengenai penyebab ikan cupang mati. Bukan hanya itu saja, kami juga akan menjelaskan cara untuk mencegah hal tersebut terjadi. Jika kamu penasaran, maka langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini.

Ciri Ciri Ikan Cupang Mau Mati

Ciri Ciri Ikan Cupang Mau Mati

Kamu bisa mengamati cupang yang akan mati sebab nantinya akan terlihat perubahan sangat menonjol pada cupang. Kamu juga bisa mengamatinya dengan cara membandingkan dengan ikan cupang sehat lainnya. Ciri-ciri cupang mati yaitu

1. Ikan Cupang Terlihat Lemas

Ikan Cupang akan terlihat lemas dan lebih sering diam merupakan salah satu ciri-ciri cupang akan mati. Sebab ikan cupang akan merasa tubuhnya tidak nyaman karena adanya bakteri atau hal lainnya. Biasanya ikan cupang akan terlihat diam di dasar air dengan posisi terbaring.

2. Kehilangan Nafsu Makan

Sama halnya dengan manusia, ikan juga akan kehilangan nafsu makan jika terjadi sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Walaupun pakan tersebut merupakan makanan kesukaan dari ikan cupang, tetap saja ikan cupang tidak akan memakannya atau hanya dimakan sedikit saja.

3. Ekor Menguncup

Ciri-ciri berikutnya yaitu ekor dan sirip ikan cupang akan terlihat menguncup. Jika sebelumnya ekor dan sirip ikan cupangmu terbuka lebar namun kali ini terlihat bahwa ekor dan sirip ekor sudah menguncup, maka segeralah berikan obat dan ganti airnya karena itu merupakan salah satu tanda ikan cupangmu akan mati.

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri cupang mau mati, maka dibawah ini kami telah menjelaskan beberapa kasus yang sering dialami oleh pecinta cupang.

1. Ikan Cupang Mati Mendadak

Ikan Cupang Mati Mendadak 1

Ini merupakan salah satu kasus yang sering dialami oleh pecinta cupang, yaitu cupang mati secara tiba-tiba. Banyak orang kebingungan karena tidak mengetahui penyebab dari kematian ikan cupang. Namun cupang mati juga pasti ada penyebabnya, Penyebab dari cupang mati mendadak yaitu

Penyebab

1. Memakan Jentik Nyamuk Tua

Jentik nyamuk merupakan makanan terbaik untuk ikan cupang. Sebab jentik nyamuk memiliki banyak manfaat bagi ikan cupang seperti mencerahkan warna, mempercepat betina memproduksi telur, dan masih banyak lagi. Tetapi dibalik semua itu, jentik nyamuk juga bisa membahayakan ikan cupang. Berbahayanya jentik nyamuk yaitu pada saat ikan cupang memakan jentik nyamuk yang sudah tua. Oleh karena itu banyak orang tidak mengetahui dan berujung cupang menjadi mati. Kamu juga bisa mengetahui PAKAN TERBAIK IKAN CUPANG agar ikan cupangmu tidak bosan dengan makanan yang kamu berikan.

2. Air yang digunakan

Biasanya orang tidak mengetahui bahwa air keran memiliki kandungan zat kimia berbahaya untuk ikan cupang. Sehingga air langsung digunakan dan menyebabkan cupang menjadi mati secara mendadak karena zat kimia tersebut.

3. Membiarkan Sisa Makanan

Pasti kamu sering menjumpai pada saat memberi makan ikan cupang makananya tidak habis. Mungkin sebagian orang akan membersihkan sisa makanan tersebut, namun ada juga yang membiarkan sisa makanan tersebut pada wadah ikan cupang. Nah sisa makanan inilah yang dapat menyebabkan cupang mati secara tiba-tiba karena makanan tersebut akan membusuk dan menyebabkan air menjadi kotor sehingga membuat cupang menjadi mati.

Cara Mencegah

1. Memisah Jentik Nyamuk Tua

Sebab jentik nyamuk tua adalah salah satu penyebab kematian ikan cupang, sebaiknya pada saat akan memberikan pakan kamu pisahkan terlebih dahulu jentik nyamuk yang sudah tua. Sehingga saat diberikan kepada ikan cupang tidak ada efek sampingnya.

2. Menggunakan Air Endapan/Air Sumur

Jika kamu menggunakan air keran, kamu harus mengendapkan air tersebut agar bahan kimia hilang. Sehingga pada saat digunakan tidak akan membuat cupang mati. Namun jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan air sumur supaya ikan cupangmu tidak mati keracunan.

3. Memberikan Pakan Secukupnya

Karena ikan cupang memiliki tubuh kecil, otomatis porsi makannya pun juga sedikit. Jadi pada saat memberi pakan kepada ikan cupang, berikan pakan tersebut sesuai kebutuhan ikan cupang saja.

2. Ikan Cupang Mati Kepanasan

Menyebabkan Kematian 1

Hal ini memang jarang ditemui pada penghobi ikan cupang, namun ada juga orang yang mempunyai ikan cupang mati karena kepanasan. Panasnya ini membuat suhu air menjadi naik sehingga membuat ikan cupang menjadi mati.

Penyebab

1. Terlalu Lama Menjemur Ikan Cupang

Memang menjemur ikan cupang di pagi hari bisa membuat ikan cupang menjadi sehat, namun jika kamu menjemurnya terlalu lama juga dapat menyebabkan ikan cupang mati. Sebab suhu air naik secara drastis membuat ikan cupang kepanasan dan berujung mati.

2. Tanaman Air Sedikit

Banyak para breeder menggunakan tanaman air seperti eceng gondok supaya dapat menghalangi panas matahari. Tetapi jika dalam satu ember terdapat sedikit tanaman air, maka akan lebih banyak sinar matahari yang terpancar langsung mengenai air sehingga membuat ikan cupang menjadi mati.

Cara Mencegah

1. Jemur Ikan Cupang Sebentar Saja

Pada saat kamu sedang menjemur ikan cupang, alangkah baiknya jangan meninggalkan ikan cupang tersebut agar kamu tidak lupa untuk mengambilnya kembali. Untuk penjemuran ikan cupang sebaiknya selama 5-10 menit saja kemudian ambil ikan cupang tersebut. Ini agar ikan cupang tidak terlalu kepanasan sehingga ikan cupang tidak akan mati.

2. Memperbanyak Tanaman Air

Jika kamu menaruh ikan cupang di ember besar, sebaiknya kamu memberikan tanaman air 1/4 dari luasnya ember tersebut. Sebab tanaman air ini berguna agar panas matahari tidak langsung mengenai air. Sehingga membuat air pada ember tidak terlalu panas dan ikan tidak mati.

3. Ikan Cupang Mati Setelah Kawin

Ikan Cupang Mati Setelah Kawin

Ikan cupang mati setelan proses pengawinan ini banyak dialami oleh para pemula yang baru belajar tentang breeding ikan cupang. Namun ikan cupang yang sering mati setelah proses pengawinan biasanya berjenis kelamin betina. Karena ikan cupang betina-lah yang mengeluarkan telur dan nantinya dibuahi oleh pejantan ikan cupang.

Penyebab

1. Stress

Sama seperti manusia, ikan cupang juga bisa mengalami stress. Inilah yang dialami ikan cupang setelah proses pengawinan selesai. Dan jika ikan cupang tersebut dibiarkan maka akan mati.

2. Ikan Cupang Sakit

Banyak orang yang kebingungan karena ikan cupang mati setelah proses perkawinan. Kematian ikan cupang juga dapat disebabkan karena ikan cupang sedang sakit dan dipaksa untuk melakukan proses perkawinan.

Cara Mencegah

1. Masukkan Ikan Kedalam Air Ketapang

Ini merupakan salah satu cara yang sering dilakukan breeder setelah ikan cupang melakukan proses perkawinan, yaitu dengan menaruh ikan tersebut kedalam rendaman daun ketapang kering. Daun ketapang ini berguna agar ikan cupang tidak stress dan bisa kembali sehat seperti semula.

2. Memakai Indukan Yang Sehat

Sebelum kamu mengawinkan ikan cupang, pastikan keduanya memiliki tubuh sehat. Karena nantinya pada waktu perkawinan ikan cupang akan mengeluarkan banyak tenaga dan jika ikan cupang tersebut sakit, maka dapat menyebabkan ikan cupang mati.

4. Ikan Cupang Mati Perut Besar

Ikan Cupang Mati Perut Besar

Perut ikan cupang membesar juga salah satu masalah yang sering dialami oleh para breeder. Ikan cupang akan memiliki perut lebih besar dari perut ikan cupang pada umunya dan jika dibiarkan ikan cupang bisa mati. Ada banyak hal dapat membuat ikan cupang memiliki perut besar, yaitu :

Penyebab

1. Terlalu Banyak Makan

Pada setiap ikan cupang pasti memiliki sifat dan karakter berbeda-beda, salah satunya yaitu ikan cupang yang rakus. Ikan cupang akan memakan semua pakan yang diberikan sehingga membuat perutnya menjadi membesar. Besarnya perut ini akan membuat ikan cupang sulit membuang kotoran sehingga membuat ikan cupang mati.

2. Makanan Tidak Bersih

Sekarang ini banyak breeder menggunakan pakan hidup untuk memberi makan ikan cupang. Tetapi makanan tersebut juga mengandung bakteri yang tidak baik dikonsumsi oleh ikan cupang dan bisa membuat ikan cupang akan sulit untuk membuang kotoran sehingga bisa membuat ikan cupang mati.

Cara Mencegah

1. Berikan Pakan Ikan Secukupnya

Karena ini disebabkan karena terlalu banyak makan, maka sebaiknya berikan pakan secukupnya saja agar perut ikan cupang tidak terlalu besar dan dapat berenang dengan lancar.

2. Bersihkan Pakan Ikan Cupang

Sebelum kamu memberikan makanan kepada ikan cupang, pastikan kamu sudah mencuci makanan tersebut hingga bersih. Mencuci makanan ikan cupang bertujuan agar bakteri dan kuman yang menempel akan hilang.

5. Ikan Cupang Mati Kaku

Ikan Cupang Mati Kaku

Banyak orang kebingungan mengapa ikan cupang mati namun badannya kaku. Jika pada umumnya ikan cupang mati dalam keadaan tubuh lemas, namun ada juga ikan cupang mati dalam posisi badan kaku. Seperti yang kamu ketahui bahwa semua masalah pasti ada penyebabnya, penyebab dari ikan cupang mati kaku yaitu meliputi :

Penyebab

1. Air Terlalu Dingin

Sebagian orang berpendapat bahwa ikan cupang mati karena terkena serangan jantung. Namun pemikiran yang lebih masuk akal yaitu disebabkan karena suhu air terlalu dingin. Ikan cupang adalah ikan tropis sehingga membutuhkan suhu air berkisar 75 hingga 80 derajat. Jika suhu air terlalu rendah maka akan menyebabkan ikan cupang mati.

Cara Mencegah

1. Mengukur Suhu Air

Untuk mencegah hal itu terjadi, alangkah baiknya kamu mengukur suhu tersebut agar bisa mengetahui berapa suhu air yang akan digunakan. Jika suhu terlalu dingin, maka kamu bisa menambahkan suhu air dengan alat tertentu agar lebih hangat.

6. Ikan Cupang Mati Saat Kawin

Ikan Cupang Mati Saat Kawin

Sama Seperti penjelasan sebelumnya, namun kematian ini terjadi pada saat proses perkawinan. Biasanya salah satu ikan akan mati jika ada kesalahan pada saat proses perkawinan. Penyebab yang biasanya membuat ikan cupang mati pada saat proses perkawinan yaitu :

Penyebab

1. Stress

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa ikan cupang juga dapat mengalami stress. Biasanya ikan belum siap untuk dikawinkan sehingga membuat ikan menjadi stress dan jika biarkan ikan cupang tersebut akan mati.

2. Ikan Cupang Galak

Ikan cupang pasti memiliki karakteristik berbeda-beda, salah satunya yaitu ikan cupang berkarakter galak. Biasanya jika ikan cupang galak akan lebih susah dalam proses perkawinan karena pasangannya akan dibantai hingga mati.

Cara Mencegah

1. Pastikan Ikan Cupang Siap Dikawinkan

Sebelum melakukan proses perkawinan, pastikan kedua ikan cupang memiliki tubuh sehat sehingga tidak mengganggu pada saat proses perkawinan. Selain itu kedua ikan cupang harus sudah siap untuk dikawinkan, jika belum siap lebih baik tunggu hingga saat yang tepat.

2. Melakukan Pengenalan Ikan Cupang

Sebelum melakukan proses perkawinan, sebaiknya lakukanlah proses pengenalan kedua ikan cupang tersebut agar nantinya bisa saling mengenal. Lakukan proses ini selama 2 sampai 3 hari untuk menghindari pembantaian pada salah satu ikan cupang.

7. Ikan Cupang Mati Massal

Ikan Cupang Mati Massal

Ini merupakan sebuah masalah yang sangat merugikan, apalagi untuk kamu yang menggunakan ikan cupang untuk berbisnis. Ditambah lagi itu merupakan ikan cupang yang memiliki genetik bagus. Penyebab ikan cupang mati secara massal yaitu :

Penyebab

1. Pakan Yang Digunakan

Pakan merupakan salah satu kebutuhan penting untuk ikan cupang. Namun setiap pakan pasti memiliki kandungan bakteri yang berbahaya untuk ikan cupang. Oleh karena makanan kotor tersebut, ikan cupang menjadi mati secara massal dalam waktu bersamaan.

2. Air Yang Digunakan

Seperti yang kamu ketahui bahwa setiap memelihara ikan pasti membutuhkan air bersih. Ikan mati secara massal ini juga bisa disebabkan karena air kotor, sebab air keran mengandung zat kimia yang tidak baik untuk kehidupan ikan cupang sehingga bisa membuat ikan mati.

Cara Mencegah

1. Membersihkan Pakan

Sebelum memberikan makanan kepada ikan cupang, sebaiknya kamu cuci pakan ikan cupang hingga bersih. Cucilah pakan ikan cupang tersebut agar kotoran dan bakteri hilang.

2. Endapkan Air

Jika kamu menggunakan air keran untuk kehidupan ikan cupang, alangkah baiknya kamu endapkan terlebih dahulu. Ini bertujuan agar zat kimia dapat hilang sehingga tidak membuat ikan menjadi keracunan.

8. Ikan Cupang Mati Setelah Ganti Air

Ikan Cupang Mati Setelah Ganti Air

Memang masalah ini jarang dialami oleh para pecinta ikan cupang. Walaupun jarang dialami namun hal ini juga perlu di waspadai karena dapat merugikan. Penyebab dari ikan cupang mati setelah ganti air yaitu :

Penyebab

1. Air Mengandung Bahan Kimia

Air keran merupakan sumber air yang kita gunakan setiap hari. Namun air keran ternyata mengandung bahan kimia sehingga tidak baik untuk digunakan pada cupang dan bisa menyebabkan cupang mati.

2. Suhu Berbeda

saat kita mengganti air, pastinya suhu pada air baru dan air kotor berbeda. Perbedaan inilah yang membuat cupang mati karena tidak dibiarkan beradaptasi terlebih dahulu.

Cara Mencegah

1. Gunakan Air Sumur/Air Endapan

Jika ingin menggunakan air keran untuk ikan cupang, sebaiknya endapkan terlebih dahulu air keran tersebut agar bahan kimianya hilang. Jika kamu tidak mau repot, kamu juga bisa menggunakan air sumur.

2. Biarkan Ikan Beradaptasi

Jika ingin mengganti air ikan cupang, biarkanlah ikan cupang beradaptasi dengan suhu yang baru. Upaya ini bertujuan untuk menghindari cupang menjadi kaget dan stress sehingga membuat cupang mati.

9. Ikan Cupang Mati Stress

Ikan Cupang Mati Stress

Seperti Penjelasan kami sebelumnya bahwa ikan cupang juga dapat mengalami stress. Dan jika hal ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan ikan cupang jatuh sakit dan berujung kematian. Penyebab ikan cupang menjadi stress yaitu

Penyebab

1. Kondisi Aquarium

Kondisi pada aquarium yang kamu gunakan juga berpengaruh kepada ikan cupang. Contohnya ketika kamu menggunakan aquarium dengan ukuran kecil. Walaupun itu merupakan hal sepele, namun berpengaruh terhadap kenyamanan pada ikan cupang.

2. Penyakit atau Luka

Setiap ikan cupang yang sakit atau terdapat luka pada tubuhnya pasti akan mengalami stress. Sebab itu membuat ikan cupang merasakan sakit dan tidak nyaman sehingga jatuh stress. Jika dibiarkan maka akan semakin menjadi dan berujung cupang mati.

Cara Mencegah

1. Gunakan Aquarium Yang Tidak Terlalu Kecil

Untuk menghindari ikan cupang jatuh stress, kamu bisa menggunakan aquarium dengan ukuran tidak terlalu kecil sehingga ikan cupang dapat bergerak secara bebas dan leluasa. Atau jika ikan cupang sudah stress kamu bisa menempatkannya pada ember bekas sampai ikan kembali sehat.

2. Gunakan Ketapang

Jika kamu penghobi ikan cupang, pasti sudah tidak asing lagi dengan daun ketapang kering. Daun ketapang mengandung banyak manfaat untuk ikan cupang, salah satunya yaitu agar ikan cupang tidak stress. Kamu hanya cukup menaruh daun ketapang kering kedalam wadah ikan cupang.

10. Ikan Cupang Mati Sisik Nanas

Ikan Cupang Mati Sisik Nanas

Sisik nanas atau dikenal dengan Dropsy adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi ikan cupang. Efek dari penyakit Dropsy yaitu perut ikan akan membesar serta sisik yang mirip seperti kulit nanas dan jika dibiarkan maka cupang akan mati dalam waktu yang singkat.

Penyebab

1. Bakteri Pada Makanan

Penyebab utama dari penyakit sisik nanas yaitu bakteri yang menempel pada makanan. Ini disebabkan karena kelalaian kamu tidak membersihkan makanan tersebut. Sehingga bakteri ikut dimakan oleh ikan cupang dan menyebabkan tumbuhnya sisik nanas.

2. Air Yang Kotor

Air kotor dan bau merupakan salah satu penyebab dari tumbuhnya sisik nanas. Karena pada Air kotor akan mengandung banyak bakteri dan kuman. Air kotor ini juga disebabkan karena sisa makanan dan kotoran ikan cupang yang dibiarkan.

Cara Mencegah

1. Bersihkan Pakan Terlebih Dahulu

Saat ini pakan hidup adalah makanan alternatif yang sering digunakan oleh para pecinta cupang untuk pakan ikan cupang. Namun perlu kamu ketahui bahwa pakan hidup untuk ikan cupang itu mengandung bakteri semua. Sehingga sebelum diberikan kepada ikan cupang, sebaiknya kamu cuci hingga bersih dengan air mengalir agar kotoran dan bakteri hilang. Kamu juga dapat membaca OBAT IKAN CUPANG SAKIT agar mengetahui obat yang cocok untuk digunakan.

2. Rutin Membersihkan Air

Untuk menghindari air yang kotor, kamu bisa mencegahnya dengan cara membersihkan air secara rutin maksimal 1 minggu sekali. Upaya ini berguna untuk menghindari air keruh dan kotor. Dengan mengganti air secara rutin, maka ikan cupangmu tidak akan terkena penyakit sisik nanas.

KESIMPULAN

Itulah informasi mengenai penyebab cupang mati yang dapat cupangbetta.id sampaikan. Namun jika memang sudah ditakdirkan untuk mati, maka apapun usahamu akan sia-sia saja. Jadi rawatlah ikan cupang dengan benar dan penuhilah kebutuhan sehari-harinya agar ikan cupangmu terbebas dari segala penyakit. Sekian penjelasan dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *