Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

15 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk : Ikan Hias & Konsumsi

Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Ikan Pemakan Jentik Nyamuk – Nyamuk adalah binatang penghisap darah. Meski ukuranya kecil, nyamuk bisa berpotensi menyebarkan berbagai penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian, seperti demam berdarah, demam kuning, gatal-gatal dan malaria. Terdapat kurang lebih sekitar 3.500 subspesies nyamuk yang ada di seluruh dunia.

Untuk mencegah potensi penyebaran penyakit tersebut tentunya harus memutus perkembangbiakan nyamuk dan salah satu caranya yaitu dengan membrantas jentik atau larva nyamuk memakai bubuk abate atau pestisida pembasmi nyamuk. Namun penggunaan abate ataupun pestisida dalam pemberantasan jentik nyamuk memiliki dampak buruk, misalnya seperti mencemari sumber air dan menyebabkan kerusakan kulit serta paru-paru.

Lalu selain penggunaan obat-obatan kimia adakah cara atau metode kontrol nyamuk yang efektif dan alami terkait dengan pemberantasan jentik nyamuk? Tentu ada, yaitu dengan memelihara ikan pemakan larva nyamuk di kolam atau di aquarium. Ikan pemakan jentik nyamuk menjadi musuh alami bagi nyamuk yang akan memakan jentik atau larva nyamuk sehingga populasi nyamuk bisa berkurang tanpa harus memakai obat-obatan kimia.

Memutus penyebaran nyamuk dengan memanfaatkan ikan hias pemakan larva nyamuk juga pernah diungkapkan oleh Kemenkes (Kementrian Kesehatan) Indonesia, dimana ikan bisa dimasukan dalam program 3M+ sebagai pencegahan perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, yaitu jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Lalu jenis ikan apa sajakah yang termasuk dalam golongan ikan pemakan jentik nyamuk?, berikut ini penjelasanya.

Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Untuk memutus perkembangbiakan nyamuk, berikut adalah jenis-jenis ikan pemakan jentik nyamuk yang bisa Anda pelihara di kolam ikan, aquarium maupun aquascape kesayangan Anda.

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan pemakan jentik nyamuk pertama yaitu ikan Cupang, merupakan jenis ikan hias air tawar yang habitat aslinya berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam dan Malaysia. Ikan Cupang memiliki bentuk serta karakteristik unik dan cenderung agresif ketika mempertahankan wilayahnya.

Ikan Cupang juga menjadi salah satu jenis ikan kuat bertahan hidup dalam waktu lama meski dalam wadah dengan volume airnya sedikit dan tanpa aerator. Jadi sangat tepat jika Anda menempatkan ikan Cupang ini di kolam Koi, bak mandi, aquarium maupun aquascape sebagai ikan pemakan larva nyamuk dalam usaha mengurangi perkembangbiakan nyamuk.

2. Ikan Kepala Timah

Ikan Kepala Timah

Ikan pemakan jentik nyamuk selanjutnya ada ikan Kepala Timah. Merupakan ikan kecil, biasa hidup di selokan maupun perairan tergenang, kemampuanya sebagai ikan pemakan jentik nyamuk tidak usah diragukan lagi karena makanan utamanya memang adalah binatang kecil dan serangga yang menggenang di permukaan air.

Kemampuanya tersebut dapat dilihat dari sebuah penelitian, dimana seekor ikan kepala timah ini dapat memangsa 53-65 jentuk nyamuk dalam waktu 3 jam. Selain itu ikan dengan nama ilmiah Aplochellus panchax ini memiliki kemampuan adaptasi tinggi dan banyak ditemukan di berbagai perairan tawar hingga payau.

3. Ikan Guppy (Cetul)

Ikan Guppy Cetul

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias pemakan jentik nyamuk, cocok dipelihara di aquarium maupun aquascape. Ukuranya yang kecil, ikan Guppy sangat efektif sebagai pemberantas jentik nyamuk karena dapat menjangkau hingga sudut aquarium. Ikan cetul dapat makan jentik nyamuk hingga seberat badanya sendiri, bahkan dalam suatu penelitian ikan guppy dapat memakan jentik nyamuk 100-500 ekor perhari. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis ikan Guppy, yakni Poecilia reticulata (Guppy warna-warni) dan Gambusia affinsi (Guppy perak)

4. Ikan Mas

Ikan Mas

Cyprinus atau masyarakat Indonesia mengenalnya dengan sebutan ikan Mas, merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar dan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ikan Mas sendiri memiliki banyak sekali macamnya, seperti ikan Koi, ikan Koki, ikan Komet serta ikan Mas untuk konsumsi. Ikan Mas termasuk jenis ikan omnivora (pemakan segalanya), namun dari sekian banyak jenis ikan Mas tersebut tidak semuanya efektif terkait dengan memakan larva nyamuk. Hanya jenis ikan Mas Komet-lah yang terbilang efektif untuk memberantas jentik nyamuk.

5. Ikan Cere (Mosquitofish)

Ikan Cere Mosquitofish

Ikan pemakan jentik nyamuk selanjutnya ada ikan Cere. Ikan Cere atau sering disebut juga Moquitofish merupakan salah satu ikan hias dan dikenal paling ampuh dalam hal memberantas jentik nyamuk. Seperti ikan Guppy, ikan Cere juga memiliki ukuran kecil dimana untuk ikan Cere betina berukuran sekitar 7 cm dan untuk jantan 4 cm. Dikenal paling ampuh dalam membasmi jentik nyamuk karena untuk seekor Cere jantan dapat memakan jentik nyamuk hingga 200 ekor dalam waktu satu jam.

6. Ikan Nila Merah

Ikan Nila Merah

Selain sebagai ikan konsumsi, ikan Nila Merah juga efektif sebagai pemakan jentik nyamuk di kolam. Melalui ikan Nila merah para pembudidaya selain mendapatkan hasil mereka juga akan mendapat manfaat lebih terkait dengan pemberantasan jentik nyamuk untuk mengurangi potensi perkembangbiakan nyamuk dan penyebarkan berbagai penyakit.

7. Ikan Killifish

Ikan Killifish

Ikan pemakan jentik nyamuk berikutnya ada Ikan Killifish. Jenis ikan hias satu ini dikenal efektif dalam membasmi jentik nyamuk. Tergolong dalam jenis ikan kuat bertahan dan mampu berkembang biak meski di air payau dimana merupakan tempat jentik nyamuk. Terdapat kurang lebih sekitar 1.300 spesies ikan Killifish.

8. Ikan Golden Orfe

Ikan Golden Orfe

Golden Orfe juga termasuk dalam jenis ikan pemakan jentik nyamuk. Ikan berwarna keemasan ini selain memakan jentik nyamuk, ikan juga bisa memangsa nyamuk yang sedang terbang diatas kolam ataupun aquarium dengan cara melompat ke atas. Dapat tumbuh hingga 50 cm, ikan Golden Orfe termasuk jenis ikan sosial dimana mampu hidup berdampingan dengan jenis ikan lain dalam satu kolam. Meski begitu disarankan untuk tidak menempatkan ikan dengan ukuran kecil dalam satu tempat, karena jika pada kondisi lapar ikan Golden Orfe bisa memangsanya.

9. Ikan Sapu-sapu

Ikan Sapu sapu

Masyarakat lebih mengenal ikan Sapu-sapu sebagai ikan pembersih aquarium maupun kolam dari berbagai kotoran atau lumut. Tetapi perlu diketahui, ikan Sapu-sapu juga masuk dalam jenis ikan pemakan jentik nyamuk.

10. Ikan Molly

Ikan Molly

Ikan pemakan larva nyamuk berikutnya ada ikan Molly, merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Mexico, Florida dan Virginia. Terdapat beberapa jenis ikan Molly, namun untuk yang efektif memakan jentik nyamuk yaitu jenis Molly Balon, Black Molly dan Literatul Molly. Untuk ukuran tubuhnya, ikan Molly terbesar bisa mencapai 7-12 cm.

11. Ikan Pedang

Ikan Pedang

Ikan Pedang atau dikenal juga dengan sebutan Swordtail juga termasuk jenis ikan pemakan jentik nyamuk. Selain sebagai pembasmi jentik nyamuk, ikan pedang memiliki tampilan unik dengan ekor menyerupai pedang sehingga sangat cocok untuk menghuni aquarium maupun aquscape dirumah.

12. Ikan Sepat

Ikan Sepat

Memberantas jentik-jentik nyamuk dikolam juga bisa mengandalkan ikan satu ini, dimana dalam satu hari ikan Sepat bisa menghabiskan kurang lebih 86,5 ekor jentik nyamuk.

Jentik Nyamuk Sebagai Pakan Ikan

Jentik Nyamuk Sebagai Pakan Ikan

Bagi ikan jentik nyamuk atau masyarakat lebih mengenalnya sebagai cacing darah menjadi makanan yang sangat baik bagi pertumbuhan ikan, hal itu karena jentik nyamuk diketahui mengandung asam amino sangat tinggi. Asam amino sendiri merupakan bagian dari protein yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan ikan hias serta berfungsi untuk mencerahkan warna ikan. Asam Amino pada jentik nyamuk meliputi cystin, methionin, glisin, trythophan, serin, prolin, asam aspartat, asam glutamate dan alanin. Selain asam amino, pada jentik nyamuk juga terkandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber tenaga bagi ikan

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ikan pemakan jentik nyamuk yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Cara Jual Ikan Cupang

Anas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.