Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang Copper Gold

Ikan Cupang Copper Gold

Ikan Cupang Copper Gold – Ikan cupang atau dengan nama latin Betta SP merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Habitat aslinya yaitu berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara.

Wilayah persebarannya yaitu meliputi Indonesia, Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam dan Singapura. Jenis ikan yang satu ini memiliki beragam keunikan dalam bentuk dan karakter.

Atau bisa dibilang ikan cupang merupakan hewan air yang lebih menjaga daerah teritorialnya. Selain itu, ikan cupang juga terkenal dengan corak warna menarik yang ada di bagian tubuhnya.

Serta memiliki ekor panjang dengan berbagai variasi bentuk, walaupun ada sebagian jenis memiliki ekor pendek. Ikan cupang termasuk hewam mampu hidup hingga usia lima tahun.

Ciri Ciri Ikan Cupang Copper Gold

Ciri Ciri Ikan Cupang Copper Gole

Jika kalian termasuk salah satu penggemar atau pun hobies ikan cupang pastinya sudah mengetahui dengan jelas mengenai ciri-ciri khusus ikan cupang. Namun, sebagian besar orang masih belum mengetahui dengan pasti bagaimana ciri fisik ikan cupang jenis copper gold.

Warna

Warna Ikan Cupang Copper Gold

Secara umum, ikan cupang jantan memiliki warna tubuh lebih cerah, jika dibandingkan dengan warna betina. Namun, ada pula sebagian ikan cupang betina yang memiliki warna cantik tergantung dari garis keturunan genetik.

Garis Vertikal

Ikan cupang betina dapat menampilkan garis-garis vertikal pada tubuhnya pada saat sudah siap bredding. Sedangkan untuk pejantan tidak memiliki garis tersebut.

Kepala

Kepala

Ikan cupang jenis copper gold memiliki bentuk kepala atau lebih tepatnya pada bagian dahi hampir sama dengan ikan arwana.

Bibir

Kemudian, jika dilihat dari bentuk serta ukuran bibir ikan cupang memiliki ukuran yang cukup tebal.

Badan

Postur badan ramping dengan panjang maksimal 5,7 cm hingga 7,6 cm. Cupang jantan memiliki ukuran yang lebih panjang dan sedikit lebih rata dari sisi ke sisi.

Sirip

Sirip

Memiliki sirip berukuran lebar, bahkan ukuran sirip ikan cupang jantan dapat mencapai empat kali dari ukuran betina. Lalu, sirip jantan terlihat lebih panjang, jika dibandingkan dengan betina.

Sisik

Memiliki sisik dengan ukuran kecil dengan tertata rapi. Dengan terbalut warna emas menyala.

Ekor

Berbagai jenis ikan cupang copper dapat dibedakan melalui bentuk ekornya. Nah, untuk jenis ikan cupang copper gold sendiri memiliki bentuk membulat kokoh.

Karakter

Karakter

Kemudian, untuk ikan cupang baik jantan maupun betina memiliki karakter teritorial atau lebih menjaga dengan baik daerah kekuasaannya. Jadi, jangan sesekali masukan ikan cupang lebih dari satu pada satu akuarium, karena bisa menimbulkan perkelahian.

Nah, itulah ciri-ciri ikan cupang jenis copper gold yang dapat kalian ketahui. Jadi untuk para penghobi ikan cupang pemula bisa lebih tahu dengan jelas mengenai spesifikasi dari jenis copper gold.

Harga Ikan Cupang Copper Gold

Harga Ikan Cupang Copper Gold

Setelah kalian mengetahui ciri-ciri ikan cupang copper gold, jika kalian berminat maka kalian bisa membelinya di kios ikan hias terdekat atau toko online. Ikan cupang jenis copper gold sendiri dibanderol dengan harga :

Jenis MutasiHarga
Ikan cupang avatar copper goldRp 500.000
Ikan cupang nemo copper goldRp 1.000.000
Ikan cupang copper gold originalRp 5.000.000

Itulah beberapa daftar harga sesuai jenis mutasi ikan cupang jenis copper gold. Sederet daftar harga tersebut saya rangkum berdasarkan situs jual beli online terpercaya.

Catatan : Harga tersebut tidak bisa dijadikan patokan, karena bisa saja berubah sewaktu-waktu, tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Foto dan Gambar Cupang Copper Gold

Copper Gold 3

Untuk lebih memudahkan kalian dalam mencari jenis ikan copper gold original, pastinya kalian membutuhkan media fisual untuk menggambarkan ciri-ciri ikan cupang jenis tersebut. Dibawah ini adalah sederet gambar ikan cupang jenis copper gold.

Cupang Copper Gold 2
Copper Gold

Warna Cupang Copper Gold

Cupang Copper Gold 1

Ikan cupang copper gold sendiri sangar iridescent, hadir dengan warna emas terang atau warna seperti tembaga. Memiliki perpaduan beberapa corak warna merah, biru, ungu metalik menyala.

Jika ditempatkan di ruangan dengan cahaya minim, ikan cupang ini dapat terlihat keperakan atau kecoklatan. Akan tetapi, jika dilihat pada ruangan dengan pencahayaan yang lebih kuat, kilauan warna tembaga akan terlihat menakjubkan.

Cara Merawat Cupang Copper Gold

Cara Merawat Ikan Cupang Copper Gold

Setelah kalian membeli ikan cupang jenis copper gold, pastinya kalian diharuskan untuk mengetahui mengenai cara perawatan harian ikan cupang. Sebenarnya, perawatan ikan cupang tentu sangat mudah dan simpel.

Karena, kalian hanya diharuskan memberikan air tawar untuk media bertahan hidup, serta memberikan pakan sekali setiap harinya. Bukan hanya itu, untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak dengan baik langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pilih Wadah yang Tepat

Pemilihan Wadah

Sebelum memulai perawatan ikan cupang, lebih baiknya kalian menyiapkan wadah yang sesuai terlebih dahulu. Wadah untuk ikan cupang yang pasti harus memberikan kenyamanan dan tidak membuat ekornya mengalami kerusakan.

Ukuran wadah ikan cupang yang tepat yaitu memiliki diameter antara 20 X 15 X 15 cm. Dipilihnya ukuran tersebut yaitu berguna untuk menghindarkan terjadinya kerusakan ekor pada ikan cupang.

2. Rutin Mengganti Air

Rutin Mengganti Air

Selanjutnya, dalam memelihara ikan cupang, salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kebersihan air dan juga kualitas air. Air berkualitas yaitu memiliki kandungan pH air sekitar 6,2 hingga 7.

Jika kalian tidak memiliki air dengan kadar pH stabil, maka kalian bisa menggunakan air sumur yang diendapkan selama 2 hari di bak penampungan. Dipercaya dengan mengendapkan air sumur, PAM dan lain sebagainya dapat menurunkan kadar pH dan zat kimia didalamnya.

Penggantian air sendiri dapat dilakukan selama tiga hari sekali. Bertepatan dengan membersihkan wadah ikan cupang dari lumut, jamur, bakteri dan kotoran pada dinding serta dasar wadah.

3. Rutin Bersihkan Wadah

Pembersihan Wadah Ikan Cupang 1

Kebersihan akuarium atau wadah ikan cupang juga sangat berpengaruh pada kesehatan ikan cupang. Kotoran pada air atau dinding akuarium, bisa saja menimbulkan jamur dan bakteri jahat.

Jamur dan bakteri tersebut biasanya menyerang bagian sisik atau pun sirip serta ekor ikan cupang. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, maka kalian bisa membersihkan wadah ikan cupang.

Pembersihan wadah ikan cupang dapat kalian lakukan selama tiga hari sekali bersamaan dengan penggantian air. Sehingga, ikan cupang dapat hidup sehat dengan tempat tinggal yang bersih.

4. Beri Pakan Bergizi

Beri Pakan Bergizi

Untuk pakanya kalian bisa memilih sesuai selera. Kemudian, kalian juga harus memperhatikan makanan dan waktu pemberian. Pemberian pakan ikan cupang dapat dilakukan sekali pada sore hari setiap harinya.

Jumlah pemberian pakan juga harus disesuaikan, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari efek negatif dari pemberian pakan secara berlebihan.

Nah, untuk jenis pakan yang dapat kalian berikan pada ikan cupang diantaranya adalah :

  1. Jentik nyamuk
    Jentik Nyamuk
  2. Cacing darah
    Cacing Darah
  3. Artemia
    Artemia
  4. Cacing sutra
    Cacing Sutra
  5. Udang kecil
    Udang Keci
  6. Pelet
    Pelet 1
  7. Kutu air
    Kutu Air
  8. Kuning telur
    Kuning Telur
  9. Lalat
    lalat
  10. Burayak guppy
    Burayak gupy
  11. Vinegar Eel
    Vinegerel
  12. Insuforia
    Insuforia
  13. Microworms
    Microeorms

Itulah beberapa jenis pakan untuk ikan cupang yang dapat dijadikan pilihan. Pemberian pakan tersebut dapat kalian sesuaikan dengan ukuran serta umur ikan cupang yang kalian pelihara.

5. Beri Daun Ketapang Kering

Beri Daun Ketapang

Pemberian daun ketapang kering sendiri bertujuan untuk menetralkan kandar pH air, baik terlalu rendah atau tinggi. Selain itu, daun ketapang kering sendiri juga dapat dijadikan sebagai antibiotik alami.

Apabila ikan cupang kalian mengalami kerusakan pada ekor atau penyakit lainnya, kalian bisa menggunakan daun ketapang kering sebagai media pengobatan secara alami.

6. Beri Garam Ikan

Beri Obat Biru 1

Berikan pula garam ikan yang berfungsi sebagai antibiotik alami. Garam ikan sendiri bisa membunuh bakteri dan jamur yang membahayakan kesehatan ikan cupang.

Selain itu, penggunaan garam ikan tersebut juga berfungsi untuk membantu penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupang. Takaran garam ikan tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah air yang kalian gunakan.

Setiap satu liter air, kalian bisa menggunakan sepucuk sendok makan saja sebagai antibiotik serta manfaat lainnya.

7. Beri Obat Biru

Beri Obat Biru

Jika diperlukan kalian bisa menggunakan obat biru. Obat ini sudah tersedia di toko ikan hias dan lain sebagainya. Tujuan pemberian obat biru tersebut untuk menyembuhkan luka pada ikan.

Dipercaya banyak penghobi cupang, obat biru tersebut dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Serta untuk pemberiannya, kalian bisa berikan secukupnya saja pada air di wadah ikan cupang.

8. Jemur Sesekali di Pagi Hari

Penjemuran

Untuk menjaga kesehatan ikan cupang, kalian juga bisa menjemurnya sesekali dibawah terik matahari pagi. Penjemuran ikan cupang dapat dilakukan pada jam 8 hingga 10 pagi saja.

Durasi penjemuran dapat dilakukan kurang lebih selama 30 menit saja. Jangan jemur terlalu lama, sebab sisik ikan cupang memiliki tingat sensitifitas yang lebih peka terhadap paparan panas matahari.

Penjemuran ikan cupang lebih baik dilakukan setiap 1 atau 2 kali seminggu. Setelah penjemuran dilakukan, kalian bisa menyandingkan lawan untuk menaikan mental ikan cupang peliharaan kalian.

Itulah beberapa tahapan yang dapat kalian ikuti agar mendapatkan ikan cupang berkualitas. Kualitas ikan cupang sendiri tergantung dengan cara perawatan dari pemiliknya.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat cupangbetta.id sajikan mengenai ikan cupang copper gold. Mulai dari ciri fisik, harga, warna, hingga cara perawatan ikan cupang yang baik dan benar. Terimaksih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang HMPK

Anas
2 min read

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *