Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

5 Ikan Pemakan Kutu di Kolam & Aquarium

Ikan Pemakan Kutu

Ikan Pemakan Kutu – Memelihara ikan hias seperti ikan Koi, ikan Mas Koki di kolam maupun di aquarium tentu membutuhkan perawatan khusus agar kesehatan ikan hias tetap terjaga. Salah satu caranya yaitu dengan menjaga air kolam selalu dalam kondisi bersih dan sehat serta terhindar dari kutu air. Kutu air sendiri merupakan salah satu hama yang bisa menyebabkan kesehatan ikan terganggu, lebih parahnya bahkan ikan bisa mati secara tiba-tiba tanpa terlihat sedang sakit. Sebenarnya serangan kutu air pada ikan lebih sering terjadi dikolam, meski begitu tidak menutup kemungkinan di aquarium juga bisa terjadi serangan kutu air.

Ada dua jenis kutu air yang menjadi momok bagi para pecinta maupun pembudidaya ikan hias, yakni kutu air Argulus dan kutu air Jangkar atau Jarum. Keduanya sama-sama bisa jadi penyebab ikan hias mati secara tiba-tiba, pembedanya hanyalah dari segi bentuknya saja. Dimana kutu air Argulus memiliki bentuk bulat-bulat kecil dan bisa bergerak sangat cepat, sedangkan kutu air Jangkar atau Jarum memiliki bentuk sesuai dengan namanya yaitu jarum.

Dalam menangani kolam yang terserang kutu haruslah tuntas hingga telur-telurnya, karena jika tidak maka kutu bisa berkembang biak lagi. Dan salah satu caranya yaitu dengan obat kutu air yang banyak beredar dipasaran, namun memakai metode ini wajib memperhatikan aturan serta ukuranya. Jika tidak, penggunaan obat ini selain membasmi kutu air juga akan menyebabkan kematian ikan peliharaan karena overdosis. Lalu adakah cara alami dan efektif dalam membasmi kutu air di kolam atau aquarium? Ya ada!! yaitu dengan menempatkan ikan-ikan pemakan kutu, baik di kolam maupun di aquarium. Lantas ikan apa sajakah yang bisa dimanfaatkan atau termasuk jenis ikan pemakan kutu?

Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai IKAN PEMAKAN JENTIK NYAMUK, kali ini sesuai dengan judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut diatas, cupangbetta akan berbagi informasi mengenai jenis ikan pemakan kutu. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai ikan pemakan kutu air, simak ulasan dari cupangbetta tentang ikan pemakan kutu berikut ini.

Jenis Ikan Pemakan Kutu

Jenis Ikan Pemakan Kutu

Menempatkan ikan pemakan kutu di kolam maupun aquarium sebagai tankmate ikan hias kesayangan Anda menjadi solusi terbaik sekaligus efektif dalam mengatasi serangan kutu air. Adapun jenis ikan pemakan kutu air tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ikan Manfish

Ikan Manfish

Ikan pemakan kutu yang pertama yaitu ikan Manfish. Meskipun memiliki gerakan yang lambat atau tidak terlalu cepat gerakanya namun masih cukup kalau hanya untuk mengejar kutu yang lari, bahkan bisa dibilang ikan Manfish menjadi ikan pemakan kutu paling rakus dalam memburu kutu (baik itu kutu Argulus maupun kutu Jarum).

Agar kutu air dikolam maupun di aquarium cepat habis dan bersih, peliharalah ikan Manfish dalam jumlah yang lumayan banyak. Selain itu menempatkan beberapa atau banyak ikan Manfish juga supaya ikan Manfish tidak stres karena sendirian di kolam.

2. Ikan Kaviat

Ikan Kaviat

Ikan pemakan kutu berikutnya bernama ikan Kaviat. Dipasaran terdapat dua jenis ikan Kaviat, yaitu ikan Kaviat biasa dan Kaviat albino. Memiliki ukuran lumayan besar, biasanya ikan ini digunakan sebagai tankmate ikan-ikan predator, seperti Oscar, Arwana dan lain sebagainya. Ada beberapa anggapan bahwa ikan ini gemar memakan kutu yang menempel didinding kolam dan aquarium bahkan kutu yang menempel di ikan, meski begitu hal ini belum bisa dipastikan karena ikan ini juga biasanya memakan pelet ikan Koi.

3. Ikan Sumatra Atau Tiger Barb

Ikan Sumatra Atau Tiger Barb

Ikan pemakan kutu selanjutnya ada ikan Sumatra atau ikan Tiger Barb. Ikan ini dikenal efektif dalam membrantas kutu yang menyerang kolam maupun aquarium. karena ukuran kecil disarankan untuk tidak menempatkan ikan ini sebagai tankmate ikan-ikan besar seperti ikan Koi maupun ikan lainn berukuran besar, sebab nantinya bukan memberantas kutu malah menjadi santapan ikan-ikan besar tersebut.

4. Ikan Cherry Barb

Ikan Cherry Barb

Kemudian ikan pemakan kutu selanjutnya bernama ikan Cherry Barb. Ikan ini masih satu family dengan ikan Tiger Barb. Sama seperti Tiger barb, Chery Barb juga memiliki ukuran kecil jadi jika ingin menggunakan ikan ini untuk memberantas kutu pastikan menempatkanya dalam jumlah yang banyak.

Ciri Ikan Terserang Kutu Air

Ciri Ikan Terserang Kutu Air

Seekor ikan dalam kondisi terserang kutu air dapat dilihat dari tanda-tanda yang dialami ikan, nah dibawah ini merupakan ciri atau tanda ikan terserang kutu air :

1. Lesu dan Warna Ikan Pucat

Parasit adalah salah satu sifat kutu air, jadi kutu akan menyerap nutrisi pada inangnya sehingga mengakibatkan ikan jadi lesu dan karena ikan kekurangan nutrisi membuat warna ikan jadi pucat.

2. Menggesekan Badan ke Dinding Aquarium Atau Kolam

Serangan kutu akan menyebabkan rasa gatal pada ikan, hal ini membuat ikan seolah-olah ingin melepaskan diri dari gangguan kutu tersebut dengan cara mengesekan badanya ke dinding kolam, aquarium maupun media yang terdapat pada kolam/aquarium.

3. Sirip Rusak dan Bercak Darah Pada Kulit Ikan

Akibat dari kutu yang menghisap nutrisi atau darah ikan akan menimbulkan bercak darah pada tubuh ikan, kemudian jika kutu menyerang bagian sirip ikan (dimana merupakan bagian yang rentan) akan berakibat kerusakan pada sirip.

4. Ikan Mengeluarkan Lendir Yang Berlebih

Sebenarnya lendir merupakan salah satu pertahanan tubuh bagi seekor ikan, dan lendir itu muncul ketika awal kutu air menyerang ikan. Tetapi adanya lendir ini justru disukai oleh kutu.

Nah itu beberapa tanda-tanda awal ikan terserang kutu, jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa jadi akan mengakibatkan terjadinya infeksi sekunder, seperti gatal, nematoda larva, herpes dan infeksi jamur pada ikan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ikan pemakan kutu yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.