√ 5 Jenis Ikan Sepat : Harga & Cara Memelihara

Jenis Ikan Sepat Harga Cara Memelihara

Jenis Ikan Sepat – Bagi masyarakat Indonesia, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan ikan Sepat. Selain kerap dijadikan sebagai olahan berbagai menu masakan, ikan Sepat juga bisa dipelihara sebagai ikan Hias.

Alasan orang memelihara ikan Sawah mungkin karena corak warna yang dimiliki ini memang bagus. Selain itu, harga nya yang murah juga membuat siapa saja bisa membeli ikan Sepat di Pasar. Namun tahukah kalian bahwa ikan ini juga terbagi menjadi beberapa jenis?

Perlu diketahui bahwa ikan Sepat sejatinya tidak hanya hidup di perairan Indonesia, melainkan ada juga di perairan Vietnam, Thailand dan Malaysia. Kemudian ikan Sepat yang hidup di perairan Asia Tenggara juga memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda-beda.

Selain dari tampilan fisik, jenis-jenis ikan Sepat juga memiliki harga jual nya masing-masing, bahkan ada salah satu jenis yang dibanderol dengan harga 80 ribuan per ekor. Nah, penasaran apa saja jenis-jenis ikan tersebut? Langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Jenis Ikan Sepat

Jenis Ikan Sepat

Ikan Sepat atau yang memiliki nama latin Trichopodus Trichopterus memiliki habitat utama di perairan Asia Tenggara, khususnya di negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam dan Malaysia. Kemudian seperti kami singgung diatas bahwa ikan pemakan jentik nyamuk ini memiliki beberapa jenis yang wajib diketahui.

Jenis ikan ini ditentukan sesuai habitat, tampilan fisik dan manfaat nya, baik itu untuk budidaya ikan Hias atau di konsumsi. Berikut adalah beberapa jenis ikan Sepat yang perlu diketahui :

1. Ikan Sepat Rawa

Ikan Sepat Rawa

Pertama ada jenis ikan Sepat Rawa. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki habitat utama di Rawa, sawah atau sungai di Indonesia. Ikan Sepat Rawa juga memiliki ciri fisik yang cukup unik, yaitu alat pernapasan yang dimiliki mirip seperti paru-paru Manusia, sehingga ikan ini bisa bernapas diluar air dalam kurun waktu beberapa detik.

Selain itu, tampilan fisik dari ikan ini juga cukup menawan dengan kombinasi warna biru dengan sedikit corak hitam di badannya. Oleh karena itu, selain di konsumsi, ikan ini juga bisa dipelihara di Akuarium sebagai ikan Hias.

Kemudian untuk mendapatkan ikan Sepat Rawa kalian bisa memancing menggunakan pakan berupa Kroto, telur semut, cacing darah, cacing biasa atau daging.

2. Ikan Sepat Biru

Ikan Sepat Biru

Kedua ada jenis ikan Sepat Biru. Ya, tampilan fisik dari ikan ini memang sebagian besar berwarna biru serta ada bintik-bintik putih di setiap ujung sirip nya. Ikan Sepat jenis ini biasanya dipelihara sebagai ikan Hias karena memang corak warna nya yang menawan.

Sedangkan untuk ukuran tubuhnya, ikan Sepat jenis ini dibedakan berdasarkan jenis kelamin nya dimana untuk ikan Sepat Biru Betina biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding Ikan Sepat Biru Jantan. Selain itu, warna tubuh Ikan Sepat Biru Betina juga lebih kusam dibandingkan Pejantan.

3. Ikan Sepat Madu

Ikan Sepat Madu

Ketiga ada ikan Sepat Madu. Tampilan ikan ini di dominasi oleh warna emas, bahkan ketika ada cahaya yang menyoroti ikan ini, maka tampilan warna nya akan jauh lebih cantik. Dengan begitu, tidak jarang ikan Sepat Madu di pajang di Akuarium sebagai ikan Hias.

Menariknya lagi, ikan ini juga memiliki sifat yang santai alias tidak agresif. Sehingga kalian tidak perlu khawatir ketika memasukkan nya ke dalam Akuarium bersama jenis ikan Hias lainnya.

4. Ikan Sepat Mutiara

Ikan Sepat Mutiara

Keempat ada ikan Sepat Mutiara. Ikan ini memiliki habitat utama di Rawa atau perairan dengan kadar asam sedikit. Ikan ini sangat mudah dijumpai di perairan dataran rendah seperti Kalimantan dan Sumatera.

Ikan Sepat Mutiara memiliki tampilan fisik berupa pola dengan bintik hitam serta bulatan berwarna terang di sekitarnya. Kemudian ikan ini juga memiliki garis lurus berwarna hitam di sisi tubuh nya.

5. Ikan Sepat Siam

Ikan Sepat Siam

Terakhir ada ikan Sepat Siam. Ikan Sepat jenis ini merupakan yang paling bagus diantara semua jenis yang ada. Ikan yang memiliki nama latin Trichogaster Pectoralis ini sangat mudah dijumpai pada perairan tawar wilayah Jawa Timur.

Corak warna di tubuhnya hampir mirip dengan Lion Fish yang hidup di perairan Samudera. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 20 cm. Sedangkan untuk kegunaannya, kebanyakan orang-orang menggunakan ikan Sepat jenis ini sebagai ikan Hias di Akuarium.

Harga Ikan Sepat

Setelah menyimak penjelasan mengenai masing-masing varian ikan Sepat diatas, mungkin banyak dari kalian yang tertarik untuk memelihara salah satu diantara mereka. Jika demikian, maka kalian wajib tahu range atau kisaran harga yang berlaku untuk setiap ikan Sepat diatas. Informasi tersebut telah kami siapkan pada tabel dibawah ini :

JenisHarga / Ekor
Sepat BiruRp. 2.000
Sepat BiruRp. 3.000
Sepat MaduRp. 3.000
Sepat MutiaraRp. 10.000
Sepat SiamRp. 80.000

Cara Memelihara Ikan Sepat

Cara Memelihara Ikan Sepat

Lalu setelah berhasil memiliki salah satu dari beberapa jenis ikan diatas, selanjutnya kami bakal memberikan informasi terkait cara atau tips memelihara ikan Sepat. Jadi, untuk memelihara ikan jenis ini sebenarnya sangat mudah dan kalian tidak memerlukan perawatan yang ribet.

Tips dan trik ini kami tujukan bagi kalian yang berniat memelihara salah satu jenis ikan diatas sebagai ikan Hias. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak tips dan cara memelihara ikan Sepat berikut ini :

1. Perhatikan Suhu Air

Pertama-tama, pastikan air Akuarium yang digunakan memiliki suhu minimal 24 derajat dan maksimal 27 derajat. Tips ini tentu mengingat habitat utama ikan Sepat sebagian besar di perairan tawar, seperti sungai, Rawa dan sejenisnya.

2. Gunakan Pakan yang Sesuai

Kedua, kalian juga harus memberikan umpan yang sesuai dengan jenis ikan tersebut. Kami sarankan disini untuk memberikan pakan berupa lumut, karena hal tersebut bisa mengurangi perkembangan warna dari ikan Sepat itu sendiri. Kalian bisa memberikan pakan berupa cacing, pelet atau lainnya.

3. Berikan Tumbuhan atau Bebatuan Kecil

Ketiga, jangan lupa untuk memberikan tumbuhan serta bebatuan kecil di dalam Akuarium. Cara ini dilakukan agar ikan Sepat tidak stress serta memaksimalkan pertumbuhan nya.

4. Hindari Memasukkan Ikan Jenis Lain yang Bersifat Agresif

Terakhir, jangan pernah memasukkan jenis ikan lain yang bersifat Agresif (predator). Hal ini jelas bakal mengganggu ketenteraman ikan Sepat yang sejatinya memiliki sifat Cinta Damai.

Akhir Kata

Jadi itu dia beberapa jenis ikan Sepat yang bisa tim Cupangbetta.id sajikan. Diatas kami juga memberikan informasi terkait harga ikan Sepat berdasarkan jenis serta tips memelihara ikan Sepat supaya sehat dan pertumbuhan nya maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.