Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ Ikan Ninety Nine : Habitat, Harga, Pakan & Perawatan

Ikan Ninety Nine

Ikan Ninety Nine – Ikan Ninety Nine adalah sebutan lain dari ikan Zebra Tilapia atau Tilapia Buttikoferi, merupakan ikan hias air tawar yang masuk dalam spesies cichild. Ikan Ninety Nine ini memiliki corak serta warna khas putih dengan garis-garis hitam, itulah mengapa ikan ini dinamakan Zebra Tilapia. Namun ada juga ikan Zebra Tilapia dengan corak warna kombinasi kuning dengan garis-garis hitam.

Corak garis-garis tersebut dapat bevariasi menyesuaikan suasana hati ikan, bisa jadi sangat terang dan bisa juga hampir hitam keseluruhan. Seiring bertambahnya usia corak garis tersebut cenderung memudar dan ikan Zebra Tilapia ini juga akan menjadi agresif atau galak ketika bertambah besar.

Meskipun terlihat agresif, ikan Zebra Tilapia termasuk dalam golongan ikan hias pintar. Jika dipelihara di aquarium, ikan akan sangat aktif mengikuti gerakan yang berasal dari luar aquarium. Kepintaran ikan Zebra Tilapia ini juga bisa dilihat ketika seringnya ikan menggali kerikil ataupun pasir dan memindahkanya membentuk bukit kerikil/pasir di aquarium.

Semakin bertambahnya ukuran tubuh makan ikan akan semakin agresif, jadi disarankan untuk tidak menyatukan ikan Zebra Tilapia yang telah berukuran agak besar dengan ikan jenis lain dalam satu aquarium, meskipun dalam beberapa kasus ikan Zebra Tilapia ini bisa akur dengan tankmate-nya namun hal tersebut jarang terjadi. Hal ini karena ikan Zebra Tilapia akan mengejar atau bahkan membunuh ikan lain yang berukuran kecil.

Habitat Ikan Ninety Nine

Habitat Ikan Ninety Nine

Ikan Ninety Nine merupakan spesies air tawar yang berasal dari Guinea-Bissau dan Liberia di Afrika Barat. Di habitat aslinya, ikan Zebra Tilapia cenderung hidup di sungai-sungai dan pesisir, ukuran terbesar ikan Zebra Tilapia bisa mencapai 25-30 cm lebih. Dibeberapa negara banyak yang mengembangkan ikan ini untuk dipelihara sebagai ikan hias dan dijadikan makanan, salah satunya yaitu Thailand dimana telah mengembangbiakan ini sebagai ikan aquarium.

Harga dan Pakan Ikan Ninety Nine

Harga dan Pakan Ikan Ninety Nine

Jika Anda berniat untuk memelihara ikan Ninety Nine ini, untuk satu ekor ikan kecil Zebra Tilapia berukuran 1-2 cm dihargai sekitar Rp 1500-2000 an perekor. Sedangkan untuk pakannya sendiri ikan Zebra Tilapia ini termasuk golongan omnivora dan menyukai segala jenis makanan, seperti :

  • Pelet
  • Udang
  • Cacing sutera
  • Ikan kecil
  • Beberapa jenis sayuran

Tips Pemeliharaan Ikan Ninety Nine

Tips Pemeliharaan Ikan Ninety Nine

Agresif adalah sifat yang dimiliki ikan Ninety Nine, namun sifat agresif itu akan berkurang jika berinteraksi dengan ikan sejenisnya atau kawanannya. Maka tidak heran jika memelihara ikan ini dalam satu kawanan koloni 6-10 ekor maka akan terdapat satu ikan yang warna belangnya menonjol, dimana hal itu sebagai tanda bahwa ikan tersebut adalah pemimpin kawanan ikan Zebra Tilapia tersebut.

Dalam pemeliharaan ikan Zebra Tilapia, disarankan untuk menggunakan aquarium berukuran minimal 60 x 35 x 40 cm. Hal ini karena pertumbuhan ikan ini bisa mencapai 30 cm lebih. Untuk perawatan aquariumnya sendiri cukup mudah mengingat ikan Zebra Tilapia di habitat aslinya biasa hidup di sungai bahkan pada kondisi air keruh dan kurang bagus kualitas airnya, ikan in masih mampu bertahan. Namun begitu perawatan aquarium masih harus dilakukan agar ikan terhindar dari penyakit yang bisa menyerang ikan ini.

Salah satu penyakit yang bisa menyerang ikan Zebra Tilapia ini yaitu Whitespot, jadi sebagai perawatan sangat penting untuk meneteskan 1-3 kali tetes obat 1 atau 2 minggu sekali untuk perawatan. Obat yang dimaksud yaitu obat ikan yang memiliki kandungan methaline blue. Jangan lupa juga untuk membersihkan filter air secara berkala.

Akhir Kata

Karena keindahan corak serta warna ikan Zebra Tilapia, Anda bisa menjadikan ikan ini sebagai salah satu ikan hias penghuni aquarium kesayangan Anda. Tetapi tentunya perhatian khusus jika ingin memeliharanya dengan ikan jenis lain dalam satu aquarium, terlebih ikan tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil.

Demikian pembahasan mengenai ikan Ninety Nine yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Cara Jual Ikan Cupang

Anas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.