Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ Ikan Silver Dollar : Ciri, Jenis, Pakan & Harga

Ikan Silver Dollar

Ikan Silver Dollar – Saat ini terdapat banyak sekalijenis ikan hias yang bisa dijadikan pilih untuk menghuni aquarium kesayangan dirumah. Dari ikan hias air asin seperti Blue tang, Mandarin Fish, Lion Fish maupun ikan hias air tawar seperti IKAN NINETY NINE, ikan Genghis Khan, ikan Koi dan ikan yang akan kita bahas kali ini yakni ikan Silver Dollar.

Ikan Silver Dollar memiliki nama latin Metynnis Argenteus, dinamakan ikan Silver Dollar karena tampilan ikan yang berwarna keperakan, dengan bentuk tubuh bulat pipih mirip dengan koin dollar perak lama. Berukuran sedang, habitat asli ikan adalah di sungai-sungai di Amerika Selatan.

Termasuk dalam keluarga Characidae, yaitu keluarga yang sama dengan ikan Pacu dan Piranha. Hanya saja yang membedakan adalah Silver Dolar jenis ikan herbivora yang damai, sedangkan Piranha dan Pacu cenderung agresif. Dengan sifatnya yang damai tersebut membuat ikan cocok jika dipelihara di aquarium sebagai ikan hias. Dengan perawatan yang baik, Silver Dollar mampu bertahan lama hingga sekitar 10-20 tahun.

Untuk yang berniat memelihara ikan ini disarankan untuk menggunakan aquarium dengan ukuran yang besar. Selain karena ukuranya yang lumayan besar, pemakaian aquarium besar akan membuat pergerakan ikan jadi lebih bebas sebab ikan ini termasuk jenis ikan yang aktif dan lincah dalam pergerakanya.

Ciri Ikan Silver Dollar

Ciri Ikan Silver Dollar 1

Untuk mengetahui bahwa ikan tersebut adalah Silver Dolar dapat dilihat dari ciri-ciri yang dimilikinya, adapun ciri-ciri tersebut diantaranya yaitu :

1. Bentuk Fisik Ikan

Jika dilihat dari bentuk fisik, Silver Dolar mirip dengan ikan Piranha. Hal ini karena keduanya memang masih satu keluarga atau spesies, namun Silver Dollar cenderung lebih kalem.

2. Warna Ikan

Meskipun masih satu spesias dan memiliki habitas asli yang sama namun soal warna Silver Dollar berbeda dengan Piranha, dimana warna Silver Dollar adalah silver atau perak.

3. Termasuk Jenis Ikan Herbivora

Ikan ini tergolong jenis herbivora, artinya sedikit lebih kalem dan tidak memiliki sisi agresivitas seperti yang dimiliki ikan Piranha. Jadi cukup aman jika ingin memeliharanya di aquarium.

Jenis Silver Dollar

Jenis Silver Dollar

Dikutip dari beberapa sumber, terdapat dua jenis Silver Dollar yang ada didunia saat ini, yaitu ikan Spotted Silver Dollar dan Red Hook Silver Dollar

1. Spotted Silver Dollar

Spotted Silver Dollar

Spotted Silver Dollar memiliki sebutan lain yaitu Silver Dollar Tutul. Dinamakan Silver Dollar Tutul karen warna yang dimiliki ikan ini, yakni warna perak dengan titik-titik hitam diseluruh tubuh ikan.

Spotted Silver Dollar banyak ditemukan di area rawa-rawa di negara Guyana dan Brazil, ukuran terbesar yang pernah ditemukan dari ikan ini yaitu sekitar 17 cm di Guyana Prancis.

2. Red Hook Silver Dollar

Red Hook Silver Dollar

Jenis Red Hook memiliki warna lebih jelas dibandingkan jenis lain, ciri khas paling mencolok yang dimiliki ikan ini yaitu sirip duburnya yang berwarna merah-hitam. Ukuran terbesar untuk ikan ini yaitu sekitar 55 cm (dialam liar) dan 23 cm (di aquarium).

Pakan Silver Dollar

Meski tergolong ikan herbivora namun sebenarnya ikan ini adalah pemakan segala atau omnivora. Namun jika diberi pilihan makanan, mereka cenderung memilih menu herbivora. Jika di alam liar biasanya ikan ini memakan vegetasi di lingkungan sekitarnya termasuk tanaman darat. Jadi jika memelihara nya di aquarium, Anda bisa memberikan pakan sebagai berikut :

  • Selada
  • Mentimun
  • Kacang Polong
  • Sayuran hijau

Sebagai pakan alternatif, Anda juga bisa memberikan rumput laut seperti spirulina dicampur dengan potongan sayuran besar seperti bayam, wortel dan buah. Kemudian Anda juga bisa memberi pakan berupa campuran cacing darah, artemia serta kentang rebus.

Harga Ikan Silver Dolar

Memelihara ikan Silver Dollar sebagai ikan hias, selain mudah dalam perawatan dan juga pemberian makanya, ikan ini juga dibandrol dengan harga yang lumayan murah yaitu sekitar Rp 10.000 perekornya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ikan Silver Dollar yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca arikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Cara Jual Ikan Cupang

Anas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.