Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Salon Ikan Cupang

apa itu salon ikan cupang

Apa Itu Salon Ikan Cupang – Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang sudah tersebar luas di Indonesia dan hampir seluruh masyarakat mengenalnya. Ikan cupang itu merupakan ikan air yang memiliki bentuk tubuh kecil dengan corak warna indah pada tubuhnya.

Ikan cupang juga memiliki berbagai jenis dengan corak warna berbeda beda serta tentunya memiliki harga jual berbeda juga. Semakin indah corak warna pada tubuhnya, maka harganya pun akan semakin mahal. Oleh karena itu tak heran jika para penghobi rela mengeluarkan uang dengan jumlah banyak hanya untuk membeli ikan cupang saja.

Untuk perawatan ikan cupang juga sebenarnya cukup mudah, hanya saja perlu memperhatikan kebersihan pada kebutuhannya saja. Pada saat ini juga sudah ada kontes untuk ikan cupang dimana ikan cupangg paling bagus akan menjadi juaranya. Ada beberapa hal harus diperhatikan saat mengikuti kontes, salah satunya yaitu kerapian ekor serta siripnya. Maka dari itu banyak orang melakukan salon kepada ikan cupang kesayangannya.

Mungkin kamu baru pertama ini mendengar kalimat salon ikan cupang serta merasa bingung apa itu salon cupang. Oleh karena itu kami akan membantu kamu semua mengetahui apa itu salon ikan cupang. Jika penasaran maka langsung saja perhatikan penjelasan kami selanjutnya.

Apa Itu Salon Ikan Cupang

apa itu salon ikan cupang 1

Jika kamu bertanya-tanya apa itu salon ikan cupang, salon cupang merupakan proses pemotongan ekor. dorsal atas,bawah, serta dasi pada cupang agar terlihat rapi serta dapat mengembang secara sempurna. Pemotongan tersebut hanya dilakukan di bagian ujungnya saja agar ekor bisa terlihat lebih bulat saat mengembang. Biasa salon ikan itu dilakukan pada cupang yang mengikuti kontes tingkat nasional dan seterusnya.

Karena pada tingkatan tersebut cupang harus di salon dan jika tidak maka akan di diskualifikasi. Usahakan saat pemotongan jangan memotong terlalu banyak agar ikan cupang tidak berdarah serta masih memiliki kualitas bagus. Nantinya ikan yang sudah di salon akan terlihat lebih rapi serta indah sehingga bisa membuat harga ikan tersebut semakin mahal. Jika tidak bisa melakukan salon cupang, kamu dapat menggunakan jasa salon ikan lainnya dengan tarif sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu tergantung jenis ikan.

Peralatan Untuk Salon Ikan Cupang

Jika ingin melakukan salon pada cupang, kamu harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu. Peralatan salon cupang juga cukup sederhana serta mudah didapatkan. Peralatan yang dibutuhkan antara lain seperti

1. Silet

silet

Apa kegunaan silet dalam salon cupang? Silet berguna untuk memotong bagian yang dibuang. Namun pastikan menggunakan silet baru agar lebih tajam serta tidak kotor. Karena penggunaan silet tumpul malah bisa membuat ekor ikan cupang rusak hingga sobek.

2. Katenbat

katenbat

Biasanya orang menggunakan katenbat untuk membersihkan kotoran telinga, namun berbeda halnya dengan salon cupang. Katenbat ini berguna untuk merapikan ekor serta sirip ikan cupang sebelum di potong. Jadi katembat tersebut akan diusapkan dibagian ekor serta sirip ikan cupang hingga rapi.

3. Viber Plastik

Viber Plastik

Peralatan ketiga yaitu viber plastik. Nantinya akan digunakan sebagai tatakan saat pemotongan. Namun viber plastik harus di amplas terlebih dahulu agar halus saat digunakan serta tidak licin. Bahannya yang elastis akan memudahkan kamu saat melakukan salon pada ikan cupangmu.

4. Es Batu

Es Batu

Es batu ini berguna agar ikan cupang menjadi pingsan. Nantinya es batu akan direndam di air bersih dan alangkah baiknya menggunakan es batu berukuran besar agar air cepat dingin sehingga ikan cupang cepat pingsan.

5. Air Bersih

Air Bersih

Nah air bersih tersebut akan dijadikan untuk merendam es batu. Gunakan air dengan takaran tidak terlalu banyak agar lebih dingin. Sebaiknya kamu menggunakan air yang sudah di endapkan selama satu hari agar bahan kimia hilang.

6. Air Ketapang

Air Ketapang

Peralatan terakhir yaitu harus menyiapkan air ketapang. Rendaman ketapang digunakan kepada cupang yang sudah selesai di salon agar bisa kembali sehat seperti semula. Gunakan rendaman ketapang dengan takaran tidak terlalu penuh agar ikan cupang lebih gampang saat ingin mengambil nafas. Selain itu masih banyak lagi manfaat daun ketapang untuk cupang seperti penjelasan kami pada artikel FUNGSI DAUN KETAPANG IKAN CUPANG.

Kesimpulan

Mungkin seperti itulah penjelasan mengenai apa itu salon ikan cupang versi cupangbetta.id. Salon ikan cupang dilakukan dengan tujuan membuat cupang terlihat lebih rapi saja. Namun janganlah melakukan salon cupang sendiri jika kamu tidak handal dalam memotong. Sebab ekor ikan cupang bisa robek bahkan rusak sehingga membuat kualitas pada cupang tersebut hilang. Sekian informasi mengenai apa itu salon cupang semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *