Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Air Lele

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Air Lele

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Air Lele – Tahukah kamu bahwa ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang pada saat ini sedang naik daun. Banyak orang yang mulai mencari dan membeli ikan ini hanya untuk dijadikan koleksi dirumahnya agar terlihat lebih indah.

Walaupun memiliki ukuran tubuh kecil, namun corak warna pada tubuh dan ekornya membuatnya terlihat sangat indah dan anggun. Namun harga jualnya masih tergolong mahal dan bahkan ada beberapa jenis yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Tak heran ada sebagian orang memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis agar bisa mendapatkan keuntungan banyak.

Untuk perawatannya pun cukup mudah, hanya perlu menjaga kebersihan dari semua kebutuhannya serta memberi pakan bergizi secara teratur. Ada banyak pakan yang dapat kamu gunakan, salah satunya yaitu kutu air atau kutir. Kutu air ini memiliki ukuran tubuh sangatlah kecil dan memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga sangat cocok dijadikan pakan.

Kutu air juga salah satu pakan yang sering digunakan penghobi untuk memberi makan cupang kesayangannya. Karena itulah sebagian penghobi memilih untuk budidaya kutu air sendiri. Ada banyak cara dapat dilakukan untuk budidaya kutir, salah satunya dengan memanfaatkan air lele. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan bagaimana cara cara budidaya kutu air dengan memanfaatkan air lele.

Alat Dan Bahan Budidaya Kutu Air Dengan Air Lele

Sebelum masuk ke cara cara budidaya kutu air, sebaiknya kamu mengetahui alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk budidaya kutir dengan memanfaatkan air lele sebenarnya mudah untuk ditemui disekitar rumahmu. Nah dibawah ini ada beberapa alat dan bahan saat akan budidaya kutir dengan air lele.

1. Wadah Budidaya Kutu Air

Wadah Budidaya

Pertama kamu harus menyiapkan wadah untuk tempat budidaya terlebih dahulu. Pastikan kamu menggunakan wadah berukuran besar agar nantinya kutu air bisa mendapat banyak oksigen dan ruang gerak luas. Kalau tidak mempunyai wadah besar, kamu bisa menggunakan kolam dengan ukuran minimal 1 meter.

2. Air Lele

Air Lele

Ini merupakan bahan yang terpenting karena kamu akan memanfaatkan air lele untuk budidaya kutu air. Air lele ini sudah mengandung makanan untuk kutir sehingga sangat cocok untuk dijadikan media budidaya. Kamu bisa mendapatkan air lele di tempat pemancingan atau kolam lele.

3. Indukan Kutu Air

Indukan Kutu Air

Terakhir yaitu indukan kutu air untuk awalan saat budidaya. Kami sarankan lebih baik jangan menggunakan indukan kutu air hasil dari tangkapan alam. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumbuhnya kutu jet pada kolam budidaya yang berbahaya untuk cupang kesayanganmu.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Air Lele

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Air Lele 1

Setelah kamu mengetahui alat dan bahan yang dibutuhkan, sekarang kita masuk ke cara cara untuk budidaya dengan menggunakan air lele. Budidaya kutir dengan air lele juga lebih mudah dibandingkan dengan CARA BUDIDAYA KUTU AIR DENGAN KOTORAN AYAM. Dibawah ini ada beberapa cara budidaya kutu air dengan memanfaatkan air lele.

  1. Masukkan air lele kedalam wadah atau kolam yang sudah disiapkan.
  2. Lalu endapkan selama 1 sampai 2 hari sebelum indukan kutu air dimasukkan.
  3. Setelah diendapkan, masukkan indukan kutu air kedalam wadah atau kolam.
  4. Biarkan selama 4 sampai 7 hari dan kutu air siap untuk dipanen.

Nah saat proses panen alangkah baiknya kamu menyisakan sebagian kutu air pada kolam tersebut agar nantinya bisa berkembang biak kembali. Hal yang perlu diperhatikan yaitu pada saat air lele sudah mulai jernis, artinya kamu harus mengganti air tersebut dengan air lele baru. Karena air lele yang sudah bening menandakan bahwa makanan kutu air sudah habis.

Kesimpulan

Mungkin seperti itulah penjelasan dari cupangbetta.id mengenai cara cara untuk budidaya kutir dengan memanfaatkan air lele. Metode ini merupakan cara budidaya kutu air yang paling mudah dibandingkan dengan cara lainnya. Kami sarankan lakukan budidaya ini diluar rumah agar terkena sinar matahari sehingga kutu air lebih cepat berkembang biak. Sekian informasi dari kami dan selamat mencoba.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *