Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan EM4

Cara Budidaya Kutu Air Dengan EM4

Cara Budidaya Kutu Air Dengan EM4 – Pada zaman ini ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang keberadaannya sedang naik daun. Banyak anak-anak bahkan hingga orang dewasa yang menjadikan ikan cupang sebagai hobi untuk mengisi waktu luang. Sebagian besar orang memeliharanya untuk dijadikan koleksi dirumahnya agar terlihat lebih indah.

Namun ada juga sebagian orang yang menggunakannya untuk berbisnis dengan CARA JUAL IKAN CUPANG demi mendapatkan keuntungan. Sebab mereka memiliki harga jual cukup tinggi dan bahkan ada sebagian jenis tertentu yang memiliki harga jual hingga belasan juta rupiah. Hal tersebut dikarenakan cupang memiliki corak warna pada seluruh tubuhnya sehingga lebih terlihat indah dan menawan.

Walaupun harganya terbilang mahal, namun perawatan yang dibutuhkan cukup mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan kebersihannya serta memberi pakan secara teratur. Salah satu pakan yang sering digunakan penghobi lainnya yaitu kutu air atau kutir. Sayangnya kutu air merupakan salah satu pakan yang mudah sekali mati dalam waktu 3 sampai 7 hari.

Oleh karena itu jalan satu-satunya agar kutu air bisa lebih lama hidup yaitu dengan cara melakukan budidaya. Ada banyak cara dapat dilakukan untuk budidaya kutu air, contohnya yaitu dengan menggunakan EM4. Namun masih banyak orang belum mengetahui bagaimana cara budidaya kutu air dengan memanfaatkan EM4 ini. Oleh karena itu pada artikel ini kamu akan mencoba menjelaskan cara cara untuk budidaya kutu air dengan memanfaatkan EM4.

Alat Dan Bahan Budidaya Kutu Air Dengan EM4

Sebelum lanjut ke cara caranya, kamu harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk budidaya kutu air. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga sangatlah mudah untuk didapatkan disekitar rumahmu. Untuk alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu :

1. Cairan EM4 Perikanan

Cairan EM4 Perikanan

EM4 ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu perikanan, pertanian, peternakan. Namun untuk melakukan budidaya kutir, kamu memerlukan EM4 perikanan dengan botol berwarna pink. Kamu bisa mendapatkan EM4 perikanan di toko ikan hias terdekat dengan harga terjangkau.

2. Ember Budidaya Kutu Air

Ember Budidaya Kutu Air

Kedua yaitu ember yang digunakan untuk wadah saat budidaya kutir dengan EM4. Gunakan ember yang memiliki ukuran besar dan memanjang agar nantinya kutu air bisa mendapatkan oksigen serta ruang gerak yang besar. Namun jika tidak memiliki ember besar, kamu juga bisa menggunakan kolam atau tempat lainnya untuk budidaya kutu air.

3. Makanan Kutu Air

Makanan Kutu Air

Nah perlu kamu ketahui bahwa kutu air juga harus diberi makan agar dapat berkembang biak dengan baik. Ada banyak pakan kutu air yang dapat kamu gunakan, salah satunya yaitu dengan larutan gula merah. Kamu cukup mencampurkan gula merah dengan air panas dan tunggu hingga larut.

4. Air

Air

Kamu bisa menggunakan air kran namun harus diendapkan terlebih dahulu selama 1 hari. Untuk penggunaan air sumur tidak perlu diendapkan karena air sumur tidak memiliki campuran bahan kimia. Atau kamu juga bisa mengunakan air bekas ikan cupang untuk budidaya kutu air.

5. Indukan Kutu Air

Indukan Kutu Air 2

Terakhir yaitu kamu memerlukan indukan kutu air. Sebaiknya kamu menggunakan indukan kutu air hasil dari budidaya bukan hasil dari tangkapan alam. Sebab kutu air tangkapan alam bisa menyebabkan tumbuhnya kutu jet pada kolam budidaya.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan EM4

Cara Budidaya Kutu Air Dengan EM4 1

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, sekarang waktunya kita menjelaskan cara cara untuk budidaya kutu air dengan menggunakan EM4 ini. Sebenarnya cara ini cukup mudah serta akan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Langsung saja kita masuk ke cara cara budidaya kutu air dengan menggunakan EM4.

  1. Cara pertama campurkan 1 tutup botol EM4 dengan 1 sendok makan larutan gula merah dan aduk hingga merata.
  2. Lalu masukkan air endapan kedalam wadah atau kolam budidaya.
  3. Setelah itu masukkan campuran EM4 dan gula merah kedalam wadah atau kolam budidaya.
  4. Kemudian diamkan selama 1 sampai 2 jam.
  5. Masukkan indukan kutu air kedalam wadah atau kolam budidaya.
  6. Selang waktu 4 sampai 7 hari kutu air siap untuk dipanen.

Begitulah cara cara untuk budidaya kutu air dengan memanfaatkan EM4. Tips dari kami pada saat memanen kutu air sebaiknya sisakan sebagian di kolam atau wadah budidaya. Hal ini berguna agar kutu air bisa tetap berkembang biak sehingga kamu bisa memanen kutu air setiap saat.

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itulah cara cara untuk budidaya kutu air dengan menggunakan EM4 yang dapat cupangbetta.id sampaikan. Selain menghemat uang, kamu juga bisa menghasilkan uang dari budidaya kutu air dengan cara menjual hasil panen. Sebab banyak orang yang menggunakan kutu air sebagai makanan utama cupang. Sekian informasi dari kami dan selamat mencoba.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *