Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Ayam

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Ayam

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Ayam – Pada zaman saat ini, memelihara ikan cupang merupakan salah satu hobi yang sedang naik daun. Banyak masyarakat mencari dan membeli ikan cupang hanya untuk dijadikan koleksi dirumahnya agar terlihat lebih indah. Hobi ini juga tidak mengenal umur mulai dari anak muda hingga orang dewasa pun banyak yang memeliharanya.

Hal tersebut mereka lakukan karena ketertarikan terhadap corak warna yang indah pada bagian tubuh dan ekornya. Namun cupang masih memiliki harga jual mahal bahkan ada beberapa jenis yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Oleh karena itu tak heran ada sebagian orang memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis dengan CARA JUAL IKAN CUPANG.

Selain itu perawatan yang dibutuhkan sangatlah mudah, hanya saja kamu harus menjaga kebersihan dari segala kebutuhannya serta memberi pakan bergizi secara teratur. Salah satu pakan yang sering dipakai yaitu kutu air atau bisa juga disebut dengan kutir. Kutu air memiliki bentuk tubuh kecil serta kandungan nutrisi tinggi sehingga cocok digunakan sebagai pakan. Namun sayangnya kutu air memiliki daya tahan hidup sangat singkat, yaitu 4 sampai 7 hari saja.

Karena kutu air merupakan salah satu pakan utama, sebagian orang memilih untuk budidaya kutu air sendiri agar tidak perlu repot untuk membelinya. Ada banyak cara untuk melakukan budidaya kutu air, salah satunya dengan memanfaatkan kotoran ayam. Budidaya kutu air dengan memanfaatkan kotoran ayam sebenarnya hampir sama dengan CARA BUDIDAYA KUTU AIR DENGAN KOTORAN PUYUH, hanya saja kita memakai kotoran ayam sebagai media utamanya.

Alat Dan Bahan Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Ayam

Dengan melakukan budidaya kutu air maka kamu akan lebih hemat uang, malah kamu bisa mendapatkan uang dengan cara menjual kutu air yang kamu dapatkan dari hasil budidaya. Selain itu kamu juga tidak akan kehabisan pakan walaupun pada saat kutu air susah untuk didapatkan. Nah Dibawah ini ada alat dan bahan yang diperlukan untuk budidaya kutir dengan kotoran ayam.

1. Menyiapkan Wadah Budidaya Kutu Air

Menyiapkan Wadah Budidaya Kutu Air

Pertama yaitu kamu harus menyiapkan wadah untuk budidaya kutu air terlebih dahulu. Kalau tidak memiliki wadah besar, maka kamu bisa membuat kolam terlebih dahulu dengan ukuran minimal 1 meter. Wadah juga harus memiliki ukuran besar agar nantinya kutu air bisa mendapatkan oksigen dan memiliki ruang gerak luas.

2. Menyiapkan Indukan Kutu Air

Menyiapkan Indukan Kutu Air

Selanjutnya yaitu kamu harus menyiapkan indukan kutu air yang nantinya akan digunakan. Nah saran kami gunakan indukan yang dihasilkan dari budidaya juga atau kamu bisa membeli telurnya dan menetaskan sendiri. Hal ini dilakukan agar terhindar dari tumbuhnya kutu jet pada kolam budidaya kutu air.

3. Menyiapkan Kotoran Ayam

Menyiapkan Kotoran Ayam

Terakhir yaitu siapkan media kotoran ayam. Pastikan kamu menggunakan kotoran ayam yang sudah sangat kering agar air tidak tercemar serta tidak menimbulkan bau busuk. Untuk memastikan kotoran ayam sudah kering, kamu bisa menjemur kotoran ayam selama 1 sampai 2 hari di terik matahari.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Ayam

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Ayam 1

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, selanjutnya kita masuk ke cara caranya. Cara ini juga merupakan salah satu cara paling mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Cara caranya yaitu

  1. Masukkan air endapan kedalam wadah atau kolam budidaya kutu air.
  2. Selanjutnya tumbuk kotoran ayam hingga halus menggunakan batu atau alat lainnya.
  3. Lalu bungkus kotoran ayam menggunakan kain menjadi beberapa bungkusan.
  4. Masukkan bungkusan kotoran ayam kedalam wadah atau kolam budidaya.
  5. Setelah semuanya selesai tinggal masukkan indukan kutu air.
  6. Tunggu selama 4 sampai 7 hari hingga permukaan air muncul warna merah dan kutu air siap dipanen.

Nah seperti itulah cara cara budidaya kutu air dengan menggunakan kotoran ayam. Kamu bisa menggunakan banyak indukan agar nantinya kutu air yang kamu dapatkan semakin banyak juga. Pastikan kamu melakukan budidaya ini ditempat yang terkena sinar matahari agar kutu air lebih cepat berkembang biak.

Kesimpulan

Mungkin seperti itulah penjelasan mengenai cara cara untuk budidaya kutu air dengan memanfaatkan kotoran ayam versi cupangbetta.id. Namun jika kamu memiliki cara lain maka tidak masalah, karena ada banyak cara dapat digunakan untuk budidaya kutu air ini. Sekian informasi dari kami dan selamat mencoba.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *