Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Daun Pisang

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Daun Pisang

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Daun Pisang – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang keberadaannya sedang naik daun. Banyak orang baru memeliharanya hanya dijadikan koleksi dirumahnya agar terlihat indah. Mereka menyukainya karena memiliki corak warna pada tubuh dan ekornya sehingga terlihat lebih indah dan sangat menawan.

Walaupun memiliki postur tubuh kecil, namun harga jualnya cukuplah mahal hingga puluhan jutaan rupiah untuk jenis tertentu. Jenisnya pun sangat banyak dan semua sudah tersebar luas di Indonesia. Untuk mengetahui jenisnya, kamu bisa mempelajari melalui artikel JENIS IKAN CUPANG DAN HARGANYA.

Memeliharanya juga memerlukan ketekunan untuk membersihkan semua kebutuhannya serta memberi maka dengan teratur. Ada banyak pakan dapat digunakan seperti pada artikel MAKANAN IKAN CUPANG UNTUK WARNA, namun pakan yang sering digunakan yaitu kutu air atau kutir. Kutu air ini memiliki bentuk tubuh sangat kecil dan kandungan nutrisi tinggi sehingga cocok dijadikan pakan.

Karena kutu air merupakan salah satu pakan utama, sebagian orang memilih budidaya kutu air sendiri agar lebih hemat. Salah satu cara budidaya kutir yaitu dengan menggunakan daun pisang kering. Pasti sebagian orang belum memahami bagaimana cara melakukannya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan kepada kamu semua tentang cara cara budidaya kutu air dengan daun pisang kering.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Daun Pisang

Budidaya kutu air dengan menggunakan daun pisang ini sebenarnya cukup mudah. Karena semua peralatan yang dibutuhkan mudah didapatkan. Dengan melakukan budidaya kutu air maka tidak perlu khawatir kehabisan pakan. Ada beberapa cara harus dilakukan saat akan melakukan budidaya kutu air dengan menggunakan daun pisang seperti :

1. Menyiapkan Wadah Atau Kolam

Menyiapkan Wadah Atau Kolam Budidaya Kutu Air 1

Cara pertama yaitu harus menyiapkan wadah dengan ukuran besar untuk melakukan budidaya kutu air. Jika tidak mempunyai wadah berukuran besar, maka kamu bisa membuat kolam di sekitar rumah dengan ukuran minimal 1 meter. Hal ini bertujuan agar kutu air bisa bergerak secara bebas.

2. Isikan Wadah Dengan Air

Isikan Wadah Dengan Air

Cara berikutnya yaitu tuangkan air bersih kedalam kolam atau wadah yang sudah kamu siapkan. Pastikan menggunakan air yang sudah diendapkan selama 3 hari agar ph air menjadi stabil serta bakteri pada air tersebut hilang.

3. Masukkan Daun Pisang Kering Dan Pelepahnya

Masukkan Daun Pisang Kering Dan Pelepahnya

Lalu masukkan daun pisang kering beserta pelepahnya. Alangkah baiknya menggunakan daun pisang kering yang memiliki pelepah sedikit basah atau belum terlalu kering. Setelah dimasukkan diamkan selama 1 hari.

4. Masukkan Ragi Aktif

Masukkan Ragi Aktif

Ragi ini merupakan pakan untuk kutu air. Untuk mengaktifkan ragi ini kamu bisa mencampur dengan sedikit gula, lalu larutkan dengan menggunakan air hangat sedikit saja. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tuangkan kedalam wadah. Kamu bisa memberi ragi aktif setiap 3 hari sekali.

5. Masukkan Indukan Kutu Air

Masukkan Indukan Kutu Air 1

Setelah semuanya sudah siap, cara selanjutnya yaitu masukkan indukan kutu air kedalam wadah tersebut. Kamu bisa menggunakan banyak indukan untuk melakukan budidaya ini dengan harapan hasilnya bisa lebih banyak dan memuaskan.

6. Gunakan Aerator

Gunakan Aerator Saat Budidaya Kutu Air

Jika tempat yang digunakan tidak terjangkau sinar matahari, lebih baik kamu menggunakan aerator agar perkembangan kutu air lebih maksimal. Namun jika terkena sinar matahari maka kamu tidak perlu memberi aerator karena sudah ada bantuan secara alami.

7. Memanen Kutu Air

Memanen Kutu Air 1

Selang waktu 3 sampai 4 hari, kamu sudah bisa untuk memanen anakan kutu air pada wadah tersebut. Namun kami sarankan ambil sebagian saja dan sisakan sebagiannya lagi pada wadah tersebut. Hal tersebut berguna agar kamu bisa mendapatkan kutu air setiap saat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai cara cara untuk budidaya kutu air dengan menggunakan daun pisang. Cara ini sangatlah mudah di praktekan bagi pemula yang ingin budidaya kutu air. Hasilnya pun cukup memuaskan tergantung banyaknya indukan. Budidaya kutu air menggunakan daun pisang juga tidak menimbulkan bau busuk sehingga dapat dilakukan dimana saja. Mungkin cukup sekian informasi dari cupangbetta.id dan semoga dapat membantu kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *