Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Bibit

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Bibit

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Bibit – Seperti kita ketahui bahwa cupang merupakan ikan hias yang memiliki habitat di air tawar. Ikan ini cocok dijadikan hiasan pada sebuah ruangan rumah agar terlihat lebih indah. Perlu kamu ketahui bahwa sebagian jenisnya berasal dari negara Thailand. Namun sekarang semua jenisnya sudah tersebar luas di Indonesia sehingga mudah ditemukan.

Banyaknya orang memelihara ikan ini dikarenakan memiliki corak warna sangat indah pada bagian tubuh dan ekornya. Karena keindahan itu membuat harganya menjadi melambung tinggi dan bahkan ada beberapa jenis memiliki harga hingga belasan juta rupiah.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan saat memeliharanya, salah satunya yaitu pakan. Kamu harus memberi pakan secara teratur. Pakan yang biasa digunakan untuk makanan sehari-hari yaitu kutu air atau sering disebut kutir. Kutu air ini memiliki bentuk tubuh sangat kecil namun memiliki protein tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi sehari-hari.

Sebab kutu air merupakan salah satu pakan sehari-hari, sebagian penghobi lebih memilih untuk budidaya kutu air sendiri dibandingkan membeli atau mencarinya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara cara budidaya kutu air dengan menggunakan bibit.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Bibit

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa dengan melakukan budidaya kutu air kamu tidak perlu repot membeli atau mencarinya, bahkan kamu juga bisa menghasilkan uang dengan cara menjual kembali kutu air hasil panen. Sebenarnya banyak cara cara budidaya kutu air dengan menggunakan bibit. Namun dibawah ini kami akan menjelaskan cara cara yang biasa orang gunakan untuk budidaya kutu air dengan bibit.

1. Budidaya Kutu Air Dengan Air Lele

Beternak Kutu Air Dengan Air Lele

Cara pertama yaitu dengan memanfaatkan air lele untuk budidaya kutu air. Sebab air lele sudah mengandung makanan kutu air sehingga baik digunakan sebagai media budidaya. Kamu hanya perlu menaruh bibit kutu air kedalam air lele. Namun jika air lele sudah mulai jernih kamu harus menggantinya, karena itu tanda bahwa makanan kutu air sudah habis.

2. Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Ayam

Beternak Kutu Air Dengan Kotoran Ayam

Kedua yaitu cara budidaya kutu air dengan memanfaatkan kotoran ayam kering. Namun sebelum digunakan harus menghaluskan kotoran ayamnya terlebih dahulu. Setelah itu bungkus menggunakan kain dan rendam pada air. Setelah itu masukkan bibit kutu air kedalam wadah berisi air rendaman kotoran ayam. Namun sebaiknya dilakukan diluar rumah karena kemungkinan akan menimbulkan bau busuk.

3. Budidaya Kutu Air Dengan Kotoran Puyuh

Beternak Kutu Air Dengan Kotoran Puyuh

Sebenarnya cara ini sama dengan CARA BUDIDAYA KUTU AIR DENGAN KOTORAN AYAM, yang membedakan hanya media yang digunakan yaitu kotoran puyuh. Kamu cukup menghaluskan kotoran puyuh dan bungkus menggunakan kain. Lalu rendah dalam air selama 1 jam, setelah itu masukkan bibit kutu air kedalam wadah berisi rendaman kotoran puyuh.

4. Budidaya Kutu Air Dengan Daun Pisang

Budidaya Kutu Air Dengan Daun Pisang

Cara keempat yaitu dengan memanfaatkan daun pisang kering. Namun dengan cara ini kamu harus memberi makan kutu air. Sebab air rendaman daun pisang belum mengandung makanan kutu air. Kamu bisa memberi makan kutu air dengan air rendaman beras, fermipan, atau lainnya. Untuk caranya cukup rendam daun pisang kering dalam air dan taburkan makanannya. Setelah itu tinggal memasukkan bibit kutu airnya.

5. Budidaya Kutu Air Dengan Daun Ketapang

Budidaya Kutu Air Dengan Daun Ketapang

Nah cara budidaya kutu air menggunakan bibit dengan memanfaatkan daun ketapang sebenarnya hampir sama dengan CARA BUDIDAYA KUTU AIR DENGAN DAUN PISANG. Namun media yang digunakan yaitu daun ketapang kering. Tetapi cara ini tidak begitu direkomendasikan karena hasil yang akan didapatkan sedikit.

6. Budidaya Kutu Air Dengan EM4

Budidaya Kutu Air Dengan EM4

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan cairan EM4 perikanan. EM4 perikanan ini memiliki botol berwarna pink dan bisa didapatkan di toko ikan hias terdekat. Namun dengan menggunakan cara ini kamu harus menyiapkan larutan gula merah juga untuk dijadikan campuran EM4. Untuk caranya yaitu campurkan 1 tutup botol EM4 dan 1 sendok larutan gula merah kedalam ember berisi air. Setelah itu aduk hingga merata dan masukkan bibit kutu air kedalam wadah tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk budidaya kutu air dengan menggunakan bibit versi cupangbetta.id sampaikan. Namun jika kamu mempunyai cara lain itu tidak masalah, sebab setiap orang memiliki pendapat berbeda-beda. Tetapi cara cara yang kami jelaskan merupakan cara yang sering digunakan penghobi untuk budidaya kutu air mengunakan bibit. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *