Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kol

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kol

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kol – Seperti yang kita ketahui bahwa semenjak adanya virus covid ini ikan cupang menjadi salah satu hobi yang banyak digemari. Banyak orang mencari dan membeli ikan cupang hanya untuk dijadikan koleksi di rumahnya aga terlihat lebih indah.

Selain untuk koleksi, ada juga sebagian orang yang memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis. Sebab cupang memiliki harga jual cukup mahal bahkan ada beberapa jenis yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Itu semua disebabkan karena corak warna yang dimiliki pada bagian tubuh dan ekor sehingga terlihat sangat indah dan menawan.

Perawatan yang dibutuhkan juga cukup mudah, cukup memperhatikan segala kebutuhannya dan memberi pakan secara teratur. Ada banyak sekali jenis MAKANAN IKAN CUPANG UNTUK WARNA yang dapat kamu gunakan, salah satunya pakan yang sering digunakan yaitu kutu air atau kutir.

Sebab kutu air merupakan salah satu pakan alami ikan cupang yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang. Oleh karena itu sebagian penghobi lebih memilih untuk budidaya kutu air sendiri. Ada banyak cara dapat dilakukan untuk budidaya kutu air, salah satunya yaitu dengan kol. Nah pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada kamu semua tentang cara cara budidaya kutu air dengan kol.

Alat Dan Bahan Untuk Budidaya Kutu Air

Ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu sebelum melakukan budidaya kutu air dengan sayur kol. Alat dan bahannya juga tidak terlalu banyak dan mudah untuk ditemukan disekitar rumahmu. Dibawah ini ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu.

1. Sayur Kol

Sayur Kol

Pertama yaitu kamu memerlukan sayur kol untuk melakukan budidaya kutu air. Namun pastikan kamu mengggunakan kol yang sudah agak membusuk. Karena kol yang sudah agak busuk akan lebih baik untuk perkembangan kutu air sendiri. Kamu bisa mendapatkan kol di pasar atau warung terdekat.

2. Wadah Budidaya Kutu Air

Wadah Budidaya Kutu Air 1

Selanjutnya yaitu wadah yang berguna sebagai tempat budidaya. Pastikan kamu menggunakan wadah berukuran besar dan memanjang agar kutu air lebih banyak mendapatkan oksigen serta ruang gerak luas. Jika tidak mempunyai wadah berukuran besar, kamu bisa menggunakan kolam dengan ukuran minimal 1 meter.

3. Indukan Kutu Air

Indukan Kutu Air 1

Nah sebenarnya jika kamu tidak menaruh indukan kutu air pun tidak masalah. Karena nantinya kol yang sudah membusuk akan menghasilkan kutu air dengan sendirinya. Namun jika ingin proses budidaya berjalan cepat, maka kamu bisa menaruh sedikit indukan kutu air kedalam wadah budidaya.

4. Air Endapan

Air Endapan

Terakhir yaitu kamu memerlukan air bersih yang sudah diendapkan terlebih dahulu. Tujuan dari air diendapkan yaitu agar ph air menjadi stabil serta membuat bakteri jahat menjadi mati. Namun lebih baiknya lagi bisa menggunakan air bekas ikan cupang.

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kol

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan, sekarang waktunya kami menjelaskan bagaimana cara cara untuk melakukan budidaya kutu air dengan memanfaatkan kol. Namun disini kami akan membaginya menjadi dua cara, yaitu menggunakan indukan kutu air dan tanpa menggunakan indukan kutu air. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Menggunakan Indukan Kutu Air

Menggunakan Indukan Kutu Air

Cara pertama yaitu dengan memasukkan sedikit indukan kutu air kedalam wadah budidaya. Dengan menambahkan indukan kutu air, maka proses budidaya akan berjalan lebih cepat. Untuk cara caranya yaitu

  1. Masukkan air endapan kedalam wadah yang sudah disiapkan.
  2. Belah sayur kol menjadi beberapa bagian.
  3. Masukkan sayur kol kedalam wadah budidaya.
  4. Biarkan selama 1 hingga 2 hari.
  5. Lalu masukkan sedikit indukan kutu air.
  6. Biarkan selama 3 hingga 7 hari dan kutu air siap untuk dipanen.

2. Tanpa Indukan Kutu Air

Tanpa Indukan Kutu Air

Selanjutnya yaitu metode budidaya dengan kol tanpa menggunakan indukan kutu air. Namun kemungkinan metode ini akan lebih lama serta akan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Karena kita hanya mengandalkan sayur kol yang membusuk agar kutu air bisa tumbuh. Untuk cara cara budidaya kutu air dengan kol tanpa indukan yaitu

  1. Masukkan air endapan kedalam wadah budidaya.
  2. Belah sayur kol menjadi beberapa bagian.
  3. Lalu masukkan belahan sayur kol kedalam wadah budidaya.
  4. Biarkan selama 7 hingga 10 hari.
  5. Setelah kotoran dan sayur kol yang membusuk sudah mengendap, maka disitulah kamu bisa memanen kutu air.

Kesimpulan

Itulah cara cara untuk budidaya kutu air dengan menggunakan sayur kol versi cupangbetta.id. Dari kedua cara tersebut, kamu bisa memilih manakah yang akan digunakan. Namun pastikan kamu tidak melakukan budidaya ini di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sebab sinar matahari bisa menyebabkan kegagalan saat budidaya kutu air. Sekian penjelasan dari kami dan semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *