Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Karantina Ikan Cupang Baru Datang

Cara Karantina Ikan Cupang Baru Datang

Cara Karantina Ikan Cupang Baru Datang – Cupang adalah salah satu jenis ikan hias, sudah banyak dipelihara saat ini. Karena, memiliki kecantikan corak warna dan bentuk ekor menarik.

Selain itu, CARA MERAWAT IKAN CUPANG sendiri memang dapat dibilang cukup mudah. Hanya saja pemilik harus memperhatikan kualitas air, ukuran akuarium sesuai, hingga pakan saja.

Banyak penghobi membelinya dari daerah jauh, bahkan luar negeri. Pembelian biasanya dilakukan melalui toko online, lalu diantar menggunakan jasa pengiriman barang.

Biasanya cupang sendiri dikirim melalui jasa tersebut, bisa mengalami stress di perjalanan. Nah, sebagai langkah mengatasi hal tersebut memiliki beberapa diantaranya seperti cara karantina.

Cara Karantina Ikan Cupang Baru Datang Agar Tetap Sehat

Cara Karantina Ikan Cupang

Karantina cupang yang baru datang melalui jasa pengantar, bisa saja membuat ikan lemas bahkan sakit. Dalam mengatasi terjadinya kematian, silahkan ikuti cara karantina berikut ini.

1. Siapkan Soliter Bersih

Siapkan Wadah Bersih

Langkah pertama cara karantina adalah menyiapkan akuarium baru. Pastikan tempat akuarium akan digunakan ikan memiliki ukuran minimal sekitar 20 x 20 x 25cm.

Ukuran akuarium tersebut berguna sebagai alat memberi kenyamanan serta membuatnya lebih leluasa dalam bergerak. Sehingga, karantina ini membuat ikan mampu cepat beradaptasi.

2. Tambahkan Air Bersih

Tambahkan Air Bersih

Cara karantina bettafish saat baru datang berikutnya yaitu bisa langsung berikan air bersih sekitar 30 persen dari ukuran akuarium. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan pada saat mengambil udara di dasar air.

3. Tambah Sedikit Garam Ikan

Tambah Sedikit Garam Ikan

Cara karantina ketiga adalah dengan menambahkan sedikit garam ikan, aduk hingga merata pada air yang sudah disiapkan. Berikan setidaknya berjumlah 1 persen dari jumlah air pada akuarium.

4. Beri Sedikit Daun Ketapang

Beri Sedikit Daun Ketapang Kering

Supaya dapat menetralkan hawa air pada tempat barunya, silahkan tambahkan beberapa potongan daun ketapang kering saat masa karantina(Jika ada). Dipercaya daun ketapang kering sendiri memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

5. Masukan Bersama Plastik ke Soliter

Masukan Bersama Plastiknya

Pada saat betta fish baru datang biasanya dikemas dalam plastik diberi udara sisi atasnya. Lakukan cara karantina supaya bisa menyesuaikan temperatur air antar tempat, masukan sekaligus bersamaan beserta plastiknya ke akuarium baru.

6. Tunggu Hingga 15 Menit

Tunggu Hingga 5 Menit

Cara karantina selanjutnya adalah membiarkan selama kurang lebih 15 menit supaya bisa menyesuaikan temperatur air. Karena, pastinya memiliki perbedaan hawa antara air baru pada tempat dan juga plastiknya.

7. Masukan Ikan ke Soliter

Masukan Ikan ke Soliter

Setelah menerima temperatur air baru, maka langsung saja memasukan kedalam akuarium karantina tersebut. Biarkan hingga bisa menyesuaikan serta beradaptasi ke lingkungan barunya.

8. Tidak Diberi Makan 1 Hari Tetap Pantau

Tidak Diberi Makan Tetap Pantau

Lebih baiknya saat melakukan cara karantina, betta fish tidak diberi makan selama kurang lebih 1 hari. Akan tetapi, tetap lakukan pemantauan secara berkala serta melihat kondisinya apakah ada peningkatan tidak.

9. Setelah Lulus Karantina Rawat Seperti Biasa

Setelah Lulus Karantina Rawat Seperti Biasa

Pada keesokan harinya setelah datang, silahkan beri makan sesuai porsinya. Berikan makanan bergizi seperti pakan hidup diantaranya adalah artemia, kutu air, cacing sutra dan lain sebagainya.

Berikan cara perawatan seperti biasanya, agar bisa hidup sehat serta lincah kembali. Itulah tahapan cara karantina terbaik, yaitu bertujuan agar bisa menghindarkan terjadinya aklimatisasi pada betta fish baru datang.

Bagaimana Kondisi Ikan Cupang Baru Datang?

Kondisi Ikan Baru Datang

Biasanya saat membeli yaitu menggunakan jasa antar barang, pastinya saat perjalanan mendapatkan guncangan membuatnya menjadi lemas, sakit, bahkan hingga stress. Maka dari itu, cara karantina bisa mejadi langkah paling tepat untuk mengatasinya.

Lemas

Lemas

Saat dipindahkan ke soliter, biasanya memiliki tingkah laku seperti lemas. Hal tersebut dikarenakan mendapatkan guncangan sewaktu perjalanan serta hawa berubah-ubah saat didalam box paketan.

Stress

Stress

Biasanya terlihat terdiam di dasar soliter, karena saat baru datang belum bisa menerima situasi kondisi lingkungan barunya. Penanganan tepat pada masalah ini adalah menggunakan cara karantina, seperti memberikan air berjumlah sedikit, supaya bisa lebih mudah dalam mengambil udara di dasar air.

Pucat

Pucat

Pada saat baru datang, biasanya terlihat sedikit pucat lesu. Sebab, di perjalanan mengalami berbagai guncangan dan tidak diberi pakan. Lebih baik pada saat menggunakan cara karantina, biarkan sementara supaya mampu beradaptasi, berikan pakan sedikit saja sebagai sumber tenaga agar bisa bergerak licah kembali.

Itulah beberapa kondisi bettafish yang baru datang, biasanya memiliki kebiasaan mengenai gejala tersebut. Mengatasi hal tersebut cukup mudah hanya menggunakan cara karantina seperti yang sudah saya sampaikan di atas.

Tujuan & Manfaat Karantina

Tujuan Karantina Ikan Cupang

Terdapat beberapa manfaat saat menggunakan cara karantina, seperti halnya tidak membuat kaget karena temperatur berbeda. Kemudian, menjadikannya lebih cepat beradaptasi di lingkungan suasana baru.

Cara karantina sendiri memiliki tujuan sebagai cara menghindarkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan serta manfaat dari cara ini diantaranya adalah :

Menghindarkan dari Stress

Menghindarkan Cupang Stress

Saat baru datang, lalu melewati perjalanan biasanya akan mengalami stress, serta butuh waktu beradaptasi ke lingkungan barunya. Saat mengalami stress biasanya terlihat malas bergerak serta berdiam diri saja di dasar akuarium.

Bisa Menyesuaikan Temperatur Air

Bisa Menyesuaikan Suhu Air

Temperatur didalam plastik betta fish baru datang, lalu di akuarium tentunya memiliki perbedaan. Nah, maka dari itu cara penyesuaian temperatur tersebut dapat dijadikan alasan supaya bisa menerima perubahannya secara pelan-pelan.

Menyesuaikan Proses Aklimatisasi

Proses Aklimatisasi

Aklimatisasi adalah bagian cara karantina, suatu upaya penyesuaian lingkungan baru atau kata lain agar mampu beradaptasi. Jika tidak dilakukan pada yang baru datang, bisa saja mengalami kematian dalam hitungan jam.

Tidak Kaget Dengan Perubahan Suhu Air

Tidak Kaget Dengan Perbedaan Suhu

Saat masih didalam kemasan plastik berukuran kecil dan udara sedikit pastinya akan membuatnya sulit bergerak bebas. Saat itu pula menjadi hangat, perlu menggunakan cara karantina diatas supaya menghindarkan bettafish merasa kaget terhadap perbedaannya.

Cepat Beradaptasi Pada Lingkungan Baru

Cepat Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Pada saat menggunakan cara karantina diatas, maka akan lebih cepat beradaptasi ke lingkungan barunya. Seperti yang sudah saya singgung diatas perihal perbedaan hawanya.

Membuat kaget bisa saja menyebabkan stress. Maka dari itu, lakukan cara ini agar menghindarkan dari terjadinya hal-hal tidak diinginkan. Jika penanganannya salah, bisa saja menyebabkan kematian pada bettafish.

Akhir Kata

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai cara karantina ikan cupang baru datang. Supaya menghindarkan stress, kaget terkait perbedaan temperatur air. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ketapang Laut

Anas
2 min read

Jadwal Makan Ikan Cupang

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *