Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Manfaat EM4 Untuk Ikan Cupang

Manfaat EM4 Untuk Ikan Cupang

Manfaat EM4 Untuk Ikan Cupang – Pada saat ini ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang sedang naik daun. Penghobi ikan cupang juga tidak mengenal umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga banyak yang memiliki hobi memelihara ikan cupang.

Walaupun dulunya ikan cupang dikenal dengan ikan aduan, namun sekarang ikan cupang lebih dikenal dengan ikan hias. Karena sudah banyak jenis-jenis baru muncul dengan corak warna berbeda-beda. Munculnya jenis baru pada ikan cupang dikarenakan adanya proses perkawinan silang atau dikenal dengan sebutan crossbreed. Kamu dapat mempelajari jenis-jenis ikan cupang pada artikel JENIS IKAN CUPANG DAN HARGANYA agar bisa menambah wawasan tentang dunia ikan cupang.

Selain itu untuk memelihara ikan cupang juga terbilang mudah, cukup menjaga kebersihan pada kebutuhan ikan cupang saja seperti pakan, wadah, air, dan lainnya. Namun untuk memelihara ikan cupang juga kamu harus memenuhi kebutuhan tambahan, salah satunya yaitu EM4. Memang kebutuhan tambahan EM4 tidak wajib dimiliki, namun sebagian besar penghobi ikan cupang menggunakan EM4 untuk ikan cupangnya.

EM4 merupakan sebuah cairan berwarna coklat dan biasanya dijual menggunakan botol. EM4 juga memiliki manfaat baik jika kamu gunakan. Namun sebagian penghobi ikan cupang belum mengetahui apa manfaat dari EM4. Oleh karena itu dibawah ini kami akan menjelaskan tentang manfaat EM4 untuk ikan cupang kesayanganmu.

Manfaat EM4 Untuk Ikan Cupang

EM4 atau Efektif Mikroorganisme 4 merupakan sebuah cair mengandung berbagai macam bakteri menguntungkan untuk ikan cupang. Jika kamu ingin menggunakan EM4, pastikan kamu membeli botol berwarna pink. Nah ada beberapa manfaat saat menggunakan EM4, manfaat EM4 yaitu

1. Menjaga Kualitas Air Agar Tetap Jernih

Menjaga Kualitas Air Agar Tetap Jernih

Manfaat pertama penggunaan EM4 yaitu untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih. Maka dari itu EM4 ini cocok digunakan jika kamu selalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk menguras air pada soliter. Kejernihan pada air dalam berlangsung selama 1 sampai 2 bulan.

2. Mengurai Kotoran Ikan Cupang

Mengurai Kotoran Ikan Cupang

Manfaat kedua yaitu dapat mengurai kotoran yang dikeluarkan ikan cupang. Hal tersebut disebabkan karena EM4 mengandung bakteri yang dapat mengurai kotoran cupang agar tidak menggumpal dan menyebabkan ikan cupang menjadi sakit.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ikan Cupang

Menjaga Daya Tahan Tubuh Ikan Cupang

Manfaat EM4 berikutnya yaitu dapat menjaga daya tahan tubuh ikan cupang agar tetap sehat. Karena seperti penjelasan kami sebelumnya bahwa EM4 mengandung bakteri baik untuk ikan cupang sehingga dapat melawan bakteri jahat yang dapat membuat ikan cupang jatuh sakit.

Cara Menggunakan EM4 Untuk Ikan Cupang

Setelah kamu mengetahui manfaat dari EM4, alangkah baiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara pakai EM4 untuk ikan cupang. Karena jika kamu salah dalam penggunaan EM4 akan berakibat buruk untuk ikan cupangmu. Dibawah ini kami sudah jelaskan cara cara menggunakan EM4 untuk ikan cupangmu.

1. Siapkan Air bersih Yang Sudah Diendapkan

Siapkan Air bersih Yang Sudah Diendapkan

Pertama yaitu siapkan terlebih dahulu air yang sudah diendapkan selama satu hari. Hal ini agar bakteri pada air tersebut hilang. Karena bakteri pada air dapat menyebabkan ikan cupang menjadi sakit.

2. Campurkan Garam Ikan

Campurkan Garam Ikan

Selanjutnya yaitu campurkan garam ikan pada air bersih secukupnya dan aduk hingga garam ikan larut. Campuran garam ikan bertujuan agar kondisi pada air lebih stabil dan memiliki Ph air pas untuk ikan cupang.

3. Masukkan Daun Ketapang Kering

Masukkan Daun Ketapang Kering

Selanjutnya masukkan daun ketapang kering pada air. Pastikan daun ketapang yang kamu gunakan sudah bersih agar tidak menimbulkan bakteri tidak baik untuk ikan cupang.

4. Teteskan Obat Biru

Teteskan Obat Biru

Setelah itu berikan dua tetes obat biru pada campuran tersebut. Setelah tercampur dengan merata diamkan kembali campuran air tersebut selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar bakteri yang terkandung pada obat biru hilang.

5. Teteskan Cairan EM4

Teteskan Cairan EM4

Setelah dibiarkan selama 24 jam, tahap terakhir yaitu cukup berikan 3 tetes cairan EM4 pada satu soliter dan setengah tutup botol pada kolam ikan cupang. Setelah itu ikan cupang siap untuk dimasukkan.

Kesimpulan

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat dari EM4 untuk ikan cupang versi cupangbetta.id. Namun penggunaan EM4 hanya 1 bulan sekali saja. Jika kamu rajin dalam membersihkan soliter, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan EM4 ini. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini dapat membantu kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang Copper Gold

Anas
4 min read

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *