Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Jenis Ikan Cupang Koi

Jenis Ikan Cupang Koi

Jenis Ikan Cupang Koi – Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias, memiliki bentuk, warna, serta corak cukup unik. Hal tersebut yang menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Tidak hanya itu, ikan cupang tersebut memiliki banyak sekali jenis yang sudah dikenal banyak penghobi. Jenis tersebut diklasifikasikan berdasarkan warna, corak, serta ekornya.

Salah satu cupang memiliki paling banyak peminatnya adalah jenis line Koi. Sebab, dari corak warna pada tubuhnya cukup terlihat menarik, seperti namanya, jenis ini mirip ikan koi.

Corak dari ikan cupang koi sendiri didominasi oleh beberapa warna cerah. Banyak pula yang menjelaskan bahwa ini merupakan cupang marmer, coraknya tidak beraturan.

Jenis Ikan Cupang Koi

Jenis Jenis Ikan Cupang Koi

Namun, untuk pola perawatanya juga masih sama denganikan cupang lainnya. Apabila dilihat dari karakteristik atau mentalnya, jenis koi memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan lainnya.

Apakah kalian ingin memelihara jenis ini? Jika iya, lebih baiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai variannya. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Ikan Cupang Koi Galaxy

Koi Galaxy

Untuk mengenal ikan cupang selanjutnya yaitu bernama koi galaxi. Memiliki warna tubuh didominasi merah, terdapat pula bintik-bintik berwarna putih.

Nah, jadi untuk penamaan sebenarnya didapatkan dari gambaran galaxy di luar angkasa. Sebab, diantara warna hitam atau merah, terdapat gradasi warna putih didalamnya.

Nah, jika kalian berminat untuk memelihara ikan cupang jenis galaxy ini, silahkan langsung saja mendatangi penangkaran ikan cupang terdekat. Biasanya untuk galaxy ini dibanderol berkisar Rp 30.000.

2. Ikan Cupang Koi Nemo

Koi Nemo

Selanjutnya yaitu ada varian koi nemo, sebenarnya masih mengandalkan warna menarik disekujur tubuhnya. Nemun, untuk nemo koi ini memiliki warna dominan yaitu oranye, merah dan hitam.

Untuk harganya sendiri, kalian bisa tanyakan langsung pada peternak ikan cupang. Namun, kisaran harga yang ditawarkan penjual biasanya berkisar Rp 35.000 perekornya.

3. Ikan Cupang Koi Avatar

Koi Avatar

Seiring dengan berjalannya waktu, varian ikan cupang koi terus bermunculan, seperti halnya dengan koi avatar. Jadi, dari namanya saja sudah bisa ditebak, bahwa varian tersebut merupakan anakan dari hasil crossbreed antara koi dan avatar.

Varian ini memiliki banyak sekali peminatnya, bahkan para kolektor ikan cupang. Karena, keunikan yang dimilikinya tidak bisa dihasilkan dengan sekali proses crossbreed saja, tapi memerlukan waktu cukup lama untuk bisa menghasilkan anakan dengan varian tersebut.

Untuk harganya cukup mahal, biasanya ditawarkan berkisar antara Rp 1.200.000 perekornya. Perbedaan harga tersebut juga bisa disebabkan karena kualitas dimilikinya.

4. Ikan Cupang Koi Fancy

Koi Fancy

Kemudian, terdapat pula varian ikan cupang terbaru yaitu bernama koi fancy. Tentunya bukanlah gen asli, yaitu merupakan hasil dari kawin silang antara ikan cupang koi dan fancy.

Untuk warnanya masih sama seperti varian koi lainnya, hanya saja pada tubuhnya menyerupai fancy. Seperti tubuh proporsional, atau bisa dibilang lebih ramping serta memanjang, jika dibandingkan dengan jenis lain.

Jika kalian berminat untuk membelinya, maka siapkan terlbih dahulu budget sekitar Rp 50.000 hingga Rp 60.000 perekornya. Harga tersebut juga bisa berubah tergantung dari kualitasnya.

5. Ikan Cupang Koi Emerald

Koi Emerland

Menurut para penghobi, koi emerald sendiri pernah memiliki masa kejayaannya. Lebih tepanya yaitu telah mengalihkan beberapa varian lainnya, seperti merah dan orange.

Varian ini dinyatakan pernah menjadi saingan koi galaxy, dengan penampilannya yang sederhana. Akan tetapi, dibalik penampilannya ini memiliki mental cukup baik.

Ikan cupang koi tersebut biasanya dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per ekornya. Tersedia banyak di jual beli online dan juga penangkaran ikan cupang koi terdekat.

6. Ikan Cupang Koi Multicollor

Koi Multicollor

Sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki banyak sekali perpaduan warna cerah di seluruh bagian tubuhnya. Kemudian, corak warna diantaranya yaitu seperti putih, merah, biru, hitam, orange, kuning dan lain sebagainya.

Dengan adanya perpaduan banyak warna tersebut, maka menjadikannya memiliki penampilan lebih menarik. Tak heran, jika banyak penghobi ingin mengoleksi varian koi tersebut.

Untuk koi multicollor biasanya dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 100.000. Bahkan untuk koi gold multicollor bisa mencapai Rp 3.750.000 perekornya.

7. Ikan Cupang Koi Marble

Jenis Ikan Cupang Koi Marble

Selanjutnya yaitu koi marble, penamaan tersebut yaitu untuk menggambarkan terjadinya transposon. Urutan DNA tersebut dapat mengubah pigmen warna transparan.

Cupang koi marble tersebut sering terlihat memiliki bercak tanpa warna, baik dibagian tubuh hingga siripnya. Dapat diartikan bahwa, tidak semua koi adalah cupang marbel, tapi tidak untuk semua jenis cupang marble adalah koi.

Nah, jika kalian berminat untuk memelihara jenis ini, maka kalian bisa siapkan budget sekitar Rp 60.000 hingga Rp 100.000 perekornya. Tersedia banyak di penangkran ikan cupang dan situs online.

8. Ikan Cupang Koi Copper

Jenis Ikan Cupang Koi Copper

Dilihat dari namanya saja sudah bisa menggambarkan bahwa jenis ini merupakan anakan atau hasil keturunan dari crossbreed antara koi dan cooper. Ikan cupang ini merupakan salah satu varian cukup langka.

Namun, para peternak ikan cupang kebanyakan telah membudidayakan, supaya bisa tetap menciptakan dari gen berbeda yaitu antara kedua ikan cupang itu sendiri.

Kemudian, untuk membelinya kalian bisa melalui situs online dan menyiapkan budget sebesar Rp 550.000. Harga tersebut ditujukan pada satu ekor ikan cupang koi copper.

9. Ikan Cupang Yellow Koi

Jenis Ikan Cupang Yellow Koi

Terdapat pula ikan cupang selanjutnya yaitu yellow koi, pastinya di beberapa bagian tubuhnya memiliki pigmen dasar kuning. Warna kuning pada koi ini terlihat cukup kontras dengan warna lainnya.

Sehingga, hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan, mengapa memiliki banyak sekali penggemarnya. Jawabannya yaitu terletak pada pigmen warna cukup bagus dan menarik untuk diikutkan kontes.

Jika kalian berminat, maka siapkan budget sebesar Rp 100.000, untuk mendapatkan seekor ikan cupang yellow koi.

10. Ikan Cupang Red Koi

Jenis Ikan Cupang Red Koi

Kemudian, untuk ikan cupang red koi sendiri memang pada dasarnya memiliki warna merah. Warna tersebut berpadu apik dengan pigmen warna koi lainnya.

Varian ini juga bisa dihasilkan dari crossbreed dari super red dengan koi. Sehingga, bisa menghasilkan varian tersebut, serta lebih cerah jika dibandingkan dengan super red asli.

Mungkin cukup mahal untuk anakan ikan cupang koi. Untuk harganya sendiri yaitu berkisar antara Rp 500.000 perekornya.

11. Ikan Cupang Plakat Koi

Jenis Ikan Cupang Plakat Koi

Terdapat pula plakat koi, memiliki sirip dan ekor panjang seperti halnya pada ikan cupang serit serta halfmoon. Ikan cupang tersebut memiliki ekor pendek , masih sama seperti ikan cupang yang ditujukan untuk aduan.

Kemudian, untuk penamaan plakat sediri merupakan sebutan dari Thailand (Plakad), atau jika diartikan adalah ikan aduan. Biasanya varian dihasilkan dari kawin silang antara koi dan plakat.

Jika kalian berminat, bisa saja membelinya di toko online atau peternakan ikan cupang koi dengan harga sekiar Rp 120.000.

12. Ikan Cupang Koi Cello

Cello Koi

Nah, untuk nama ikan cupang terakhir yaitu dinamakan koi cello. Jadi, penamaan ini merupakan sebutan pada saat koi tersebut belum ngeblok atau mutasi full pada sekujur tubuhnya.

Ikan cupang satu ini sangat cocok bagi penghobi ikan cupang yang lebih suka menikmati proses mutasi. Jika sudah ngeblok, biasanya akan menjadi koi dengan warna menarik dan juga lebih bervariasi.

Untuk ikan cupang koi cello ini biasanya dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 perekornya.

Nah, itulah beberapa jenis cupang koi yang sudah ada saat ini. Hasil mutasi tersebut yaitu dikarenakan croosbreed pintar peternak, sehingga mendapatkan varian baru lebih menarik.

Ciri Ciri Ikan Cupang Line Koi

Ciri Ciri Ikan Cupang Line Koi

Tahukah kalian mengenai ciri-ciri ikan cupang line koi? Jadi, terdapat beberapa acuan untuk mengetahui bahwa itu adalah jenis koi. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Corak atau Pigmen Warna

Ciri khas warna jenis koi yaitu memiliki tiga warna, diantaranya yaitu putih, merah, dan hitam. Oleh karena itu, banyak pengjobi yang menyebutnya dengan ikan cupang koi.

Bahkan para pemula penghobi cupang ini lebih memilih jenis koi. Sebab, memiliki motif koi serta warnanya cukup semarak dan kontras, keindahan tersebutlah menjadi daya tarik bagi peminatnya.

Jika kalian ingin memilih ikan cupang koi dengan mengutamakan penampilan warnanya, maka kalian bisa mencari pemilik warna paling mencolok diantara lainnya.

2. Memiliki Gen Marbling

Terdapat beberapa anggapan bahwa cupang koi tersebut merupakan gen marbling. Memiliki warna menarik, akan tetapi bisa berubah dengan seiring dengan bertambahnya umur.

Dengan adanya gen marbling tersebut mengakibatkan transformasi warna tubuh. Serta, jika kalian ingin mendapatkan gen tersebut juga cukup sulit, atau tidak bisa menghasilkan anakan ikan cupang koi dengan motif yang diinginkan.

3. Mentalnya Cukup Bagus

Jika kalian menginginkan yang berkualitas, maka kalian bisa mencari koi tersebut. Sebab, banyak yang menyatakan bahwa cupang koi tersebut memiliki mental baik.

Sehingga, ikan cupang koi tersebut bisa dijadikan sebagai teman bermain. Seperti halnya dengan menggunakan pensil, atau telunjuk, lalu ikan bisa mengikuti dengan gerakan agresif.

Bahkan terdapat beberapa ciri khas terdapat pada ikan cupang koi dengan mental bagus, yaitu seperti sering ngedok atau melebarkan sirip ekornya serta menampilkan keindahan sirip ekornya pad musuh.

4. Sirip Ikan Cupang Koi

Ciri selanjutnya yaitu dapat dilihat melalui bagian siripnya, tidak rusak, ngeluntung, atau tidak ada yang sobek. Warnanya terlihat lebih cerah, jika dibandingkan jenis koi lainnya.

Ukurannya sendiri juga tidak terlalu lebar, tidak seperti jenis halfmoon. Hanya saja ekor pada ikan cupang jenis koi sedikit lebih kecil, ukurannya hampir sama dengan plakat.

5. Operkulum atau Penutup Insang

Jika kalian ingin memiliki ikan cupang koi pemilik mental bagus, maka lebih baik silahkan pilih yang memiliki penutup ingsang sering ngedok, yaitu berbarengan dengan ekornya.

Hal tersebut bisa mendandakan bahwa koi tersebut dalam keadaan sehat, serta memiliki mental baik. Ketika mentalnya baik, maka kalian bisa melihat keindahannya saat ngedok dengan mudah.

6. Ukuran Tubuh Ikan Cupang Koi

Selanjutnya yaitu mengenai ukuran tubuh ikan cupang koi. Mereka bisa memiliki panjang kurang lebih hingga 5cm, bahkan terdapat pula ikan cupang koi yang mampu memiliki panjang sekitar 10 hingga 15 cm untuk giant koi.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa jenis cupang koi yang banyak dijumpai di pasaran Indonesia. Pastinya terdapat banyak sekali varian terbaru, sebab adanya beberapa CARA TERNAK IKAN CUPANG KOI di rumah.

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai jenis ikan cupang koi, lengkap beserta ciri-cirinya. Semoga dapat menambah ilmu di dunia percupangan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *