9 Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan & Tips Mancing

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan – Nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dapat dengan mudah dijumpai di beberapa tempat seperti sungai-sungai, kola, rawa hingga waduk. Apabila dilihat dari segi rasa, maka daging ikan nila sudah tidak perlu diragukan lagi, pasalnya ikan tersebut bercita rasa sedap gurih serta bergizi.

Seperti diketahui, ikan Nila termasuk ke dalam jenis hewan omnivora atau pemakan segalanya sehingga dapa dikatakan rakus dan gampang untuk didapatkan. Hal itulah menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang khususnya para pecinta mancing yang kerap memburuk ikan jenis tersebut, entah itu untuk dijadikan sebagai konsumsi ataupun peliharaan di rumah.

Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi tertentu yang membuat ikan Nila tidak mau menyantap pakan umpan seseorang ketika sedang memancing. Dimana sikap ngambek ikan Nila yang tidak mau makan pakan umpannya tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena faktor internal (dalam) ataupun eksternal (luar).

Maka dari itu, apabila kalian mengalami masalah serupa di atas, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa saja penyebab ikan Nila tidak mau makan umpan dilengkapi dengan sejumlah tips untuk mengatasinya.

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan Pemancing

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ikan Nila susah makan atau tidak mau menyantap umpan ketika dipancing dapat disebabkan oleh sejumlah hal. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap terkait beberapa penyebab ikan Nila tidak mau makan umpan pemancing, entah itu dari segi internal ataupun eksternal.

1. Pakan Umpan Ikan Nila Kurang Cocok

Penyebab ikan Nila tidak mau makan umpan pertama yaitu karena jenis pakannya sendiri tidak cocok bagi mereka. Memang benar bahwa ikan Nila termasuk ke dalam omnivora atau pemakan segalanya, termasuk jenis ikan pemakan jentik nyamuk. Jadi, ketika pemilihan jenis umpan tidak sesuai, maka pastinya ikan Nila tidak akan tertarik.

2. Pemasangan Umpan Ikan Nila Kurang Tepat

Kemudian pemasangan umpan ikan Nila yang kurang tepat juga bisa menjadi salah satu penyebab mereka tidak mau makan ataupun menyantapnya. Sebagai informasi tambahan, ikan Nila sendiri sangat sensitif terhadap kail pancing. Jika pemasangan umpan ikan Nila pada kail pancing sangat mencolok, maka mereka biasanya akan menjauhinya.

3. Kondisi Kolam Pemancingan

Penyebab lainnya yaitu karena kondisi kolam serta kualitas air sudah semakin menurun. Biasanya hal ini sangat umum terjadi, khususnya di kolam air tawar. Dimana kondisi kolam pemancingan air tawar kurang baik sendiri akan membuat ikan Nila stres sehingga tidak mau makan umpan.

4. Kondisi Cuaca Lingkungan Sekitar

Kondisi ataupun keadaan cuaca di lingkungan sekitar yang tidak mendukung menjadi penyebab ikan Nila tidak mau makan umpan terakhir. Mungkin kondisi di sekitar kolam pemancingan yang panas akan membuat ikan Nila stres sehingga mereka enggan untuk menyantap umpan pancing.

Cara Mancing Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan

Cara Mancing Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan

Setelah mengetahui beberapa penyebab ikan Nila tidak mau makan umpan, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada intinya, supaya ikan Nila mau makan umpan, tentunya kalian harus memenuhi semua permintaannya.

Agar lebih jelasnya, berikut akan kami bahas beberapa tips mancing ikan Nila ketika tidak mau makan atau menyantap makanannya.

1. Ganti Pakan Racikan Umpan Ikan Nila

Tips dan cara mancing ikan Nila tidak mau makan umpan pertama yaitu mengganti jenis pakannya. Kalian bisa membuat racikan pakan umpan ikan nila dengan berbagai macam jenis bahan di sekitar. Sebagai bahan pertimbangan, kalian bisa memancing ikan Nila menggunakan lumut yang seringkali berada di bebatuan sungai, sawah serta selokan.

Dimana lumut jenis tersebut memiliki tekstur lembut dan berwarna hijau cerah. Cara membuatnya sendiri tergolong cukup mudah, yaitu campurkan lumut dengan air garam dan sari pandan. Kemudian tambahkan air secukupnya, lalu diamkan selama 30 menit.

Selain dari lumut, racikan umpan ikan Nila agar mau makan selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan mie instan. Penggunaan mie instan sendiri umumnya digunakan jika umpan lumut sulit didapatkan. Sebelum memanfaatkannya, kalian perlu menghaluskan mie instan terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan air sehingga menjadi adonan.

2. Buat Kondisi Air Kolam Menjadi Keruh

Membuat air kolam menjadi keruh juga bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat ikan Nila mau makan umpan. Perlu diketahui, ikan Nila sendiri memiliki penglihatan dan penciuman sangat tajam sehingga kalian harus membuat air kolak menjadi keruh. Di samping itu, kondisi air kolam keruh juga ternyata sangat disukai oleh ikan Nila.

3. Hindari Melempar Pancing Terlalu Keras

Seperti sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab ikan Nila tidak mau makan umpan yaitu karena proses pemasangannya kurang pas. Maka dari itu, apabila kalian melempar pancing terlalu keras, maka kemungkinan besar umpan akan terlepas dari kail pancing. Selain itu, ikan-ikan di dalam kolam juga akan kabur karena kaget atau terkejut.

4. Jangan Gunakan Bandul Terlalu Besar

Selain jangan melempar pancing terlalu keras, kalian juga disarankan untuk tidak menggunakan bandul atau pelampung terlalu besar. Hal ini bertujuan supaya ikan Nila di dalam kolam tidak menjauhi bandul. Sebab, jika bandul atau pelampung terlalu besar, maka ikan Nila akan menganggap benda tersebut aneh dan justru malah menjauhinya.

5. Perhatikan Jam Makan Ikan Nila

Cara mancing ikan Nila yang tidak mau makan umpan terakhir yaitu memperhatikan jam atau waktu makannya. Berdasarkan pengalaman dari beberapa orang, musim hujan menjadi waktu paling ideal untuk memancing ikan Nila. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kandungan oksigen di dalam air saat musim hujan akan semakin meningkat. Ketika kandungan oksigen tinggi, maka kondisi tersebut juga akan membuat ikan Nila menjadi cepat lapar sehingga mengharuskannya mencari makanan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa permasalahan mengenai ikan Nila tidak mau makan umpan pancing dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena faktor internal ataupun eksternal. Sementara untuk cara mengatasinya sendiri sebenarnya cukup mudah, yaitu kalian hanya perlu memenuhi semua permintaan dan kebutuhan ikan Nila.

Itulah sekiranya penjelasan dari Cupangbetta seputar penyebab ikan Nila tidak mau makan umpan dilengkapi dengan sejumlah tips untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi ikan Nila tidak mau makan umpan, entah itu di kolam air tawar, sungai ataupun rawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.