Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Jenis Ikan Cupang dan Harganya

Jenis Ikan Cupang Dan Harganya

Jenis Ikan Cupang dan Harganya – Saat ini pasti kamu semua sudah tidak asing lagi dengan ikan cupang bukan? Ikan cupang adalah sebuah ikan hias dengan warna indah tubuh dan ekornya. Ikan cupang sangat cocok digunakan untuk memperindah aquarium pada suatu ruangan.

Tetapi ada juga yang menggunakan ikan cupang untuk berbisnis sebab ikan cupang memiliki harga jual yang cukup mahal. Selain itu perawatan ikan cupang juga terbilang cukup mudah, hanya saja kamu harus memperhatikan kondisi air, kebersihan pakan dan juga wadah nya. Jika tidak maka ikan cupangmu dapat terserang penyakit dan menyebabkan ikan cupang mati. Jika cupangmu sakit, alangkah baiknya kamu membaca OBAT IKAN CUPANG SAKIT agar dapat memberikan pertolongan kepada ikan cupangmu.

Ada banyak warna yang terdapat di ikan cupang seperti putih, merah, hitam, orange, hijau, biru, dan masih banyak lagi. Namun setiap jenis ikan cupang pastinya memiliki warna dan corak yang berbeda-beda.

Ngomong-ngomong soal jenis ikan cupang, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa jenis ikan yang memiliki corak dan warna indah ditubuhnya. Bukan hanya jenisnya, kami juga akan memberitahukan harga setiap jenis ikan cupang yang akan kami jelaskan.

Jenis Ikan Cupang dan Harganya

Ikan cupang ini terbagi menjadi berbagai jenis yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dibawah ini kami sudah menjelaskan beberapa jenis ikan cupang yang populer di Indonesia karena keindahan tubuhnya.

1. Jenis Nemo

Jenis Nemo

Jenis ikan cupang yang pertama yaitu Nemo. Dinamakan nemo karena mempunyai warna dasar seperti nemo, yaitu orange dan dikombinasikan dengan merah dan hitam. Ikan cupang nemo memiliki harga jual mulai dari Rp 100 hingga Rp 500 ribu tergantung corak dan ukuran ikan.

2. Jenis Koi

Jenis Koi

Memang jenis ikan cupang koi mempunyai tubuh yang berbeda dari ikan koi, namun warna tubuh ikan cupang inilah yang menyerupai ikan koi. Ikan cupang koi memiliki warna dasar putih dan di kombinasi dengan lain seperti orange, merah, hitam, dan lainnya. Harganya pun juga terjangkau dan tak jauh berbeda dari jenis nemo, sekitar Rp 100 hingga Rp 400 ribu.

3. Jenis Fancy

Jenis Fancy

Jenis fancy merupakan salah satu jenis ikan cupang yang banyak dicari oleh pecinta ikan hias. Sebab ikan cupang fancy memiliki corak warna sangat indah sehingga banyak orang memelihara ikan cupang ini untuk dijadikan koleksi atau untuk di breeding. Harganya pun cukup mahal, sekitar Rp 200 hingga Rp 700 ribu.

4. Black Samurai

Black Samurai 2

Jenis ikan cupang black samurai ini mempunyai warna dasar hitam pekat dan dilapisi dengan sisik di setengah badannya mulai dari kepala hingga pangkal ekor. Ikan cupang black samurai merupakan jenis black series dan harganya sekitar Rp 50 hingga 500 ribu untuk yang memiliki hitam pekat dan garis putih rapi.

5. Jenis Black Mamba

lack Mamba 2

Jenis ikan cupang black mamba ini memang memiliki warna mirip seperti black samurai, yaitu hitam pekat dan dilapisi dengan sisik putih. Namun yang membedakan black mamba ini adalah lapisan sisik putih hanya berada dibagian kepada dan tidak menyambung hingga pangkal ekor. Harganya pun sama seperti black samurai, sekitar Rp 50 hingga Rp 500 ribu.

6. Jenis Blue Rim

Jenis blue rim

Blue rim merupakan salah satu jenis ikan cupang yang pernah naik daun saat tahun 2020 karena terjual dengan harga Rp 20 juta rupiah. Ikan cupang blue rim memiliki warna putih susu pada tubuhnya dan dikombonasikan dengan biru di ekor dan siripnya. Harganya pun cukup mahal, sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta rupiah.

7. Jenis FCCP

Jenis FCCP 1

Pada saat ini ikan cupang jenis FCCP juga sangat banyak peminatnya. Sebab ikan cupang FCCP memiliki kombinasi warna sangat bagus, yaitu putih mengkilat, merah, dan cooper (warna tembaga) di tubuhnya. Harganya juga masih terbilang mahal, sekitar Rp 250 ribu hingga 1 juta rupiah.

8. Jenis Multicolor

Jenis Multicolor

Jenis ikan cupang yang berikutnya yaitu multicolor. Disebut multicolor karena ikan cupang memiliki lebih dari 4 kombinasi warna. Jika corak tubuhnya kurang dari 4 , maka belum bisa disebut dengan multicolor. Harganya yaitu sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 1 juta rupiah tergantung kombinasi warna tubuhnya.

9 Jenis Halfmoon

Jenis Halfmoon

Jenis ikan cupang halfmoon ini mempunyai bentuk fisik berbeda dari jenis lainnya. Ikan cupang halfmoon memiliki ekor yang lebar menyerupai bulan separuh. maka dari itu harganya pun juga cukup mahal, harganya sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 1,5 juta.

10. Jenis Hellboy

Jenis Hellboy

Jenis ikan cupang hellboy memang mirip seperti FCCP, namun ikan cupang jenis hellboy tidak mempunyai corak copper (warna tembaga) dan digantikan dengan biru pada tubuhnya. Harganya juga bisa dibilang cukup terjangkau, sekitar Rp 100 hingga Rp 500 ribu.

11. Jenis Avatar

Avatar 1

Avatar juga merupakan jenis ikan cupang yang saat ini sedang populer. Ikan cupang avatar memiliki warna dasar hitam pekat pada tubuhnya dan di kombinasi dengan biru berukuran kecil di seluruh tubuhnya. Harganya juga bisa dibilang mahal, sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta rupiah tergantung bercak biru di tubuhnya.

12. Jenis Avatar Copper

Jenis Avatar Copper

Ini merupakan jenis ikan cupang yang sedang populer di dunia ikan cupang, ditambah lagi sekarang sudah muncul avatar cooper gold yang harganya sangat mahal hingga Rp 5 juta rupiah. Ikan cupang avatar copper memiliki warna dasar hitam pekat dan ditambah dengan rintik cooper (warna tembaga) diseluruh tubuhnya seperti pasir.

13. Jenis Dumbo Ear

Dumbo Ear

Dumbo ear merupakan jenis ikan yang mempunyai postur berbeda dari cupang lainnya. Ikan cupang dumbo ear memiliki sirip depan sangat lebar menyerupai telinga gajah sehingga membuat jenis ikan cupang ini terlihat unik. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 100 hingga Rp 500 ribu.

14. Jenis Mustard Gas

Jenis Mustard Gas

Nah jenis ikan cupang berikutnya yaitu mustard gas. Ikan cupang satu ini mempunyai badan berwarna biru tua atau hitam dan kuning pada bagian sirip dan ekornya. ikan cupang ini memiliki harga jual cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 50 hingga Rp 300 ribu.

15. Jenis Red Dragon

Jenis Red Dragon

Sekilas jenis ikan cupang red dragon mirip seperti jenis blue rim, namun yang membedakan red dragon ini yaitu pada sirip dan ekornya memiliki warna merah tua dan putih susu di seluruh tubuhnya. Untuk harganya, ikan cupang jenis red dragon di bandrol senilai Rp 100 hingga Rp 300 ribu.

16. Jenis Red Koi

Jenis Red Koi

Berbeda dengan jenis koi, ikan cupang jenis red koi memiliki warna dasar merah dan dikombinasikan dengan beberapa kombinasi seperti biru, orange, hitam, putih dan lainnya. Untuk satu ekor ikan cupang ini harganya berkisar Rp 100 hingga Rp 500 ribu rupiah.

17. Jenis Crowntail

Jenis Crowntail

Crowntail atau sering disebut dengan ikan cupang serit mempunyai ekor berbeda dari ikan lainnya. Jenis ikan cupang Crowntail memiliki ekor dan sirip robek-robek atau seperti mahkota terbaik. Untuk harganya, ikan cupang crowntail dibandrol sekitar Rp 50 hingga Rp 400 ribu rupiah.

18. Jenis Yellow Base

Jenis Yellow Base

Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang ini mempunyai warna dasar kuning di tubuhnya dan di kombinasi dengan putih, hitam, biru, merah, dan lainnya. Untuk harganya, Jenis ikan cupang yellow base dibandrol sekitar Rp 200 hingga Rp 500 ribu rupiah.

19. Jenis Nemo Copper

Jenis Nemo Copper

Pada saat ini ikan cupang berbau copper memang sedang naik daun, salah satunya yaitu nemo copper. Warnanya hampir sama dengan jenis nemo biasa, hanya saja ada tambahan bercak copper ( warna tembaga) pada tubuhnya. Harganya pun masih cukup mahal, yaitu sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta rupiah.

20. Jenis Candy

Jenis Candy

Sama seperti multicolor, jenis ikan cupang candy juga mempunyai lebih dari 4 warna di tubuhnya. Namun warnanya terletak pada sisiknya bukan dagingnya. Jenis ikan cupang candy juga harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 100 hingga Rp 500 ribu rupiah.

21. Jenis Marble

Jenis Marble

Jenis ikan cupang berikutnya yaitu marble. Pada umumnya, ikan cupang marble mempunyai warna dasar putih dan kombinasi lain seperti hijau, biru, hitam, dan merah di badannya. Untuk jenis cupang marble harganya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 50 hingga Rp 200 ribu rupiah.

22. Jenis Grizzle

Jenis Grizzle

Jenis ikan cupang grizzle merupakan salah satu jenis ikan cupang yang baru-baru ini sedang populer karena sering mendapatkan juara kontes ikan cupang. Ikan grizzle hanya mempunyai 2 warna saja, yaitu putih susu dan biru. Pada saat ini ikan cupang grizzle masih jarang ditemui. Oleh karena itu harganya pun juga ikut melambung tinggi, yaitu sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta rupiah.

23. Jenis Blue Panda

Blue Panda

Jenis ikan cupang blue panda sebenarnya hampir mirip dengan ikan cupang blue rim. Yang membedakan yaitu ikan cupang blue panda warna birunya tersebar diseluruh tubuhnya. Ada sebagian orang mengatakan bahwa blue panda ini merupakan sebuah nama ikan cupang blue rim bocor. Untuk harganya, ikan cupang blue panda dibandrol dengan harga Rp 100 hingga Rp 300 ribu rupiah.

24. Jenis Koi Galaxy

Jenis Koi Galaxy

Jenis ikan cupang berikutnya yaitu koi galaxy. Ikan cupang koi galaxy mempunyai perpaduan warna cukup banyak, yaitu seperti merah, biru, hitam, orange, putih, dan lainnya. Selain itu ikan cupang koi galaxy memiliki titik-titik putih dan bersinar yang sering disebut dengan galaxy. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 100 hingga Rp 500 ribu rupiah.

25. Jenis Nemo Leopard

Jenis Nemo Leopard

Ikan cupang nemo leopard merupakan genetik dari ikan cupang nemo. Ikan cupang nemo leopar juga hanya mempunyai dua warna saja, yaitu merah dan orang. Yang membedakan dari ikan nemo lainnya yaitu ikan cupang nemo leopard memiliki bercak-bercak merah diseluruh tubuhnya. Untuk ikan cupang nemo leopard harganya berkisar Rp 100 hingga Rp 300 ribu rupiah saja.

26. Jenis Tancho

Jenis Tancho

Jenis ikan cupang tancho merupakan ikan cupang dengan warna cukup unik, yaitu putih diseluruh tubuhnya dan merah di sebagian badannya. Namun ikan ini jarang dipelihara karena warnanya kurang indah. Ikan cupang tancho memiliki harga jual mulai dari Rp 50 hingga Rp 150 ribu rupiah.

27. Jenis Blue Black Light

Back Blue Light 2

Ikan cupang Blue Black Light atau sering disebut BBL merupakan genetik dari ikan cupang black series. Ikan cupang BBL mempunyai warna hitam pekat dan di kombinasi dengan biru tua pada bagian pangkal ekor hingga ekornya. Harganya juga bisa dibilang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta rupiah.

28. Jenis Avatar Vampir

Jenis Avatar Vampir

Untuk jenis ikan cupang avatar vampir sebenarnya hampir mirip dengan ikan cupang avatar pada umumnya. Hanya saja ikan cupang avatar vampir mempunyai tambahan warna, yaitu merah di bagian ekor atau siripnya. Harganya juga sama seperti ikan cupang avatar, yaitu sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta rupiah.

29. Jenis Black Dragon

Black Dragon 2

Jenis ikan cupang berikutnya yaitu black dragon. Ikan cupang black dragon merupakan golongan dari ikan cupang black series. Ikan ini mempunyai warna dasar hitam pada tubuhnya dan dilapisi oleh sisik dragon putih diseluruh tubuhnya. Untuk harganya, ikan cupang black dragon dibandrol sekitar Rp 100 hingga Rp 300 ribu rupiah.

30. Jenis Copper

Jenis Copper

Jenis ikan cupang yang terakhir yaitu ikan cupang copper. Ikan cupang copper mempunyai warna dasar hitam pada tubuhnya dan dilapisi sisik copper (warna tembaga). Ikan cupang ini juga salah satu ikan cupang jenis black series dan untuk harganya, ikan cupang copper dibandrol sekitar Rp 100 hingga Rp 300 ribu rupiah.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Jenis ikan cupang dan harganya yang dapat cupangbetta.id sampaikan. Harganya pun mungkin saja bisa berubah karena setiap penjual memiliki harga jual yang berbeda beda dan tergantung dengan kualitas ikan cupang. Jika ikan cupang semakin bagus, maka harganya juga akan semakin mahal. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *