Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Mencetak Ikan Cupang Avatar

cara mencetak ikan cupang avatar

Cara Mencetak Ikan Cupang Avatar – Seperti kamu ketahui bahwa ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang sudah tersebar dan mudah dijumpai di Indonesia. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal ikan cupang dengan baik mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Ikan cupang dikenal dengan ikan hias yang memiliki corak warna indah pada tubuhnya. Walaupun dikenal dengan ikan hias, namun ada juga beberapa jenis ikan cupang yang biasanya dijadikan sebagai ikan aduan. Kamu dapat mengetahui beberapa jenis ikan aduan pada artikel JENIS IKAN CUPANG ADUAN TERBAIK.

Ada banyak varian warna pada ikan cupang sesuai dengan jenisnya. Salah satu jenis ikan cupang yang cukup populer yaitu ikan cupang avatar. Ikan cupang avatar identik dengan warna tubuh berwarna hitam dengan kombinasi warna lainnya seperti merah, biru, hijau, dan lainnya. Karena ikan ini cukup populer, maka tak heran untuk harga jualnya pun menjadi cukup mahal.

Oleh karena itu banyak breeder mencetak ikan cupang avatar agar nantinya dapat diperjualbelikan. Pada kesempatan ini, kami akan sedikit memberi informasi kepada kamu semua tentang cara untuk mencetak cupang avatar. Untuk penjelasan selanjutnya, simak saja penjelasan dibawah ini.

Indukan Yang Dibutuhkan

Sebenarnya ikan cupang memiliki banyak jenis seperti avatar gordon, vampire, kalimaya, dan masih banyak lagi. Semua jenisnya pun memiliki ciri khas warna tersendiri. Jika kamu menginginkan ikan cupang avatar namun uang yang dimiliki tidak cukup, maka kamu tidak perlu khawatir. Sebab kamu bisa mencetak cupang avatar ini sendiri dengan cara mengawinkan beberapa jenis ikan cupang. Dengan begitu maka nantinya kamu akan mendapatkan ikan cupang avatar keinginanmu tanpa harus mengeluarkan uang terlalu banyak. Nah sebelum melakukan perkawinan kamu harus menyiapkan indukannya terlebih dahulu, indukan yang dibutuhkan yaitu

1. Ikan Cupang Blue Black Light

Back Blue Light

Nah untuk pejantan yang akan digunakan kamu bisa menggunakan jenis blue black light atau BBL. Karena ikan cupang BBL ini memiliki warna dasar tubuh sama dengan ikan cupang avatar, yaitu hitam. Nah maka dari itu kamu harus membeli terlebih dahulu pejantan berjenis BBL jika ingin mencetak cupang avatar.

2. Ikan Cupang Black Series

Black Series

Jika ikan cupang berjenis BBL susah untuk didapatkan, maka kamu dapat menggunakan ikan cupang black series sebagai penggantinya. Warna badan pada ikan cupang black series pun sama dengan ikan cupang avatar, yaitu hitam. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan jenis cupang black series untuk mencetak ikan cupang avatar.

3. Ikan Cupang Line Avatar

Ikan Cupang Line Avatar

Lalu untuk betina yang dibutuhkan untuk mencetak cupang avatar yaitu ikan cupang betina yang memiliki line avatar. Untuk penjelasan mudahnya kamu harus membeli betina ikan cupang avatar terlebih dahulu untuk mencetak cupang avatar. Karena betina line avatar sangatlah penting saat akan mencetak avatar agar nantinya anakan yang akan dihasilkan bisa memuaskan.

Cara Mencetak Ikan Cupang Avatar

Setelah mendapatkan indukan yang dibutuhkan untuk mencetak cupang avatar, sekarang kamu sudah bisa mengawinkan indukan tersebut. Kamu dapat menggunakan salah satu pejantan yang sudah kami jelaskan pada proses perkawinan. Untuk cara mencetak cupang avatar yaitu

1. Perkawinan Crossbreed

Cara pertama harus dilakukan untuk mencetak cupang avatar yaitu melakukan perkawinan crossbreed. Dengan cara ini berarti harus mengawinkan salah satu pejantan dengan betina line avatar. Pada cara ini hanya perlu sabar karena perkawinan crossbreed terbilang cukup sulit. Dengan menggunakan cara ini kamu akan mendapatkan genetik murni avatar pada anakan F1.

2. Perkawinan Inbreed

Inbreed

Jika merasa kurang puas dengan hasil pada anakan F1, kamu dapat mencetak kembali dengan harapan mendapatkan hasil memuaskan. Untuk cara mencetak nya bisa mengawinkan kembali anakan F1 tersebut secara inbreed. Namun pilihlah anakan yang memiliki genetik atau warna cupang avatar. Perkawinan ini dilakukan untuk memaksimalkan genetik pada ikan cupang tersebut serta mendapatkan hasil memuaskan.

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk mencetak ikan cupang avatar versi cupangbetta.id. Namun sebenarnya masih banyak cara cara dapat kamu lakukan untuk mencetak avatar, namun kami hanya menjelaskan cara paling mudah saja. Dengan menggunakan cara tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlalu banyak namun akan mendapatkan hasil memuaskan. Cukup sekian informasi dari kami semoga artikel ini dapat membantu kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang HMPK

Anas
2 min read

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *