Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Ikan Cupang

Cara Menghilangkan Jamur Pada Ikan Cupang

Cara Menghilangkan Jamur Pada Ikan Cupang – Tahukah kamu dengan ikan cupang? Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang sudah banyak dijumpai di negara Indonesia. Tentunya hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mengenal ikan cupang ini dengan baik karena keberadaannya yang gampang ditemukan.

Pada saat ini ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang sedang naik daun. Banyaknya orang membeli ikan cupang ini dikarenakan corak warna pada tubuhnya yang menarik dan indah saat dipandang. Selain itu ikan cupang juga bisa dijadikan untuk berbisnis, sebab ikan cupang memiliki harga jual cukup tinggi tergantung kualitasnya.

Untuk perawatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit, cukup menjaga kebersihan lingkungan ikan cupang. Sebab jika lingkungannya kotor maka ikan cupang akan mudah terserang penyakit, salah satunya yaitu jamur. Jamur pada ikan bisa menyerang ikan cupang kapanpun sehingga cupang jatuh sakit. Selain jamur, masih ada banyak penyakit yang dapat menyerang ikan cupangmu seperti penjelasan kami pada artikel OBAT IKAN CUPANG SAKIT.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena jamur tersebut dapat kamu hilangkan dengan beberapa cara. Nah pada artikel ini kami akan coba memberi sedikit ilmu tentang cara untuk menghilangkan jamur pada ikan cupang. Sebelum mengetahui cara cara untuk menghilangkan jamur, alangkah baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa itu jamur ikan cupang dan penyebabnya. Jika kamu penasaran maka langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini.

Apa Itu Jamur Ikan Cupang

Apa Itu Jamur Ikan Cupang

Jamur pada ikan cupang atau sering disebut dengan White Spot merupakan sebuah penyakit yang sering menyerang tubuh ikan cupang. Jamur ini biasanya berapa pada sisik atau ekor ikan cupang dalam bentuk bintik-bintik putih. Jika jamur ini dibiarkan, maka mereka akan membelah diri dan semakin bertambah banyak sehingga membuat ikan cupang merasa tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan ikan cupang mati.

Penyebab Jamur Pada Ikan Cupang

Tumbuhnya jamur pada ikan cupang pasti ada sebabnya. Mungkin saja karena kelalaian kamu dalam menjaga ikan cupang sehingga timbul jamur pada ikan cupang. Dibawah ini ada beberapa penyebab tumbuhnya jamur pada ikan cupang.

1. Kualitas Air Buruk

Kualitas Air Buruk

Yang pertama yaitu kualitas air yang kamu gunakan untuk kehidupan ikan cupang tidak bagus. Walaupun air tersebut terlihat jernih dan bersih, namun kemungkinan pada air tersebut memiliki banyak parasit yang membuat tumbuhnya jamur pada ikan cupang. Maka dari itu air yang akan kamu gunakan harus diendapkan terlebih dahulu selama satu hari agar parasit pada air tersebut hilang.

2. Perubahan Cuaca

Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga dapat menimbulkan jamur pada ikan cupang. Contohnya yaitu ketika sedang musim panas tiba-tiba turun hujan. Karena perubahan cuaca, maka otomatis parasit akan masuk kedalam air ikan cupang dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan daun ketapang agar parasit tidak bisa masuk kedalam air ikan cupang karena terhalang dengan daun ketapang tersebut.

3. Air Yang Kotor

Air Yang Kotor

Penyebab tumbuhnya jamur yang terakhir yaitu air yang digunakan jarang diganti. Karena jarang diganti maka air akan berubah menjadi keruh dan kotor. Nah pada air keruh dan kotor biasanya terdapat bakteri yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada ikan cupang. Oleh sebab itu kamu harus mengganti air ikan cupang secara rutin maksimal 1 minggu sekali.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Ikan Cupang

Jika ikan cupangmu sudah terlanjur terkena jamur, maka kamu tidak perlu cemas. Karena ada beberapa cara dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pada ikan cupang tersebut. Dengan cara cara ini, kamu dapat menghilangkan jamur tersebut dan ikan cupang akan kembali sehat. Cara cara untuk menghilangkan jamur yaitu

1. Menggunakan Garam Ikan

Menggunakan Garam Ikan

Ini merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk menghilangkan jamur pada ikan. Sebab garam ikan dipercaya dapat menghilangkan jamur ikan dengan cepat. Cara menghilangkan jamur dengan garam yaitu cukup campurkan garam sebanyak 1 sendok dengan sedikit air, lalu masukkan cupang yang terkena jamur kedalam campuran tersebut selama 1 menit. Setelah itu angkat dan pindahkan ke air baru. Dengan menggunakan cara ini, maka beberapa hari kemudian jamur akan menghilang dan ikan akan kembali sehat.

2. Menggunakan Obat Biru

Menggunakan Obat Biru

Jika kamu merupakan penghobi ikan cupang, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan obat biru. Obat biru ini dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit pada cupang, salah satunya yaitu untuk menghilangkan jamur. Untuk menghilangkan jamur menggunakan obat biru ini, kamu cukup meneteskan 2 tetes obat biru kedalam air cupang. Namun kamu harus rutin mengganti air tersebut agar jamur pada ikan cupang cepat menghilang.

3. Menggunakan Daun Ketapang

Menggunakan Daun Ketapang

Selain dipercaya untuk memperindah warna pada cupang, daun ketapang juga dapat digunakan untuk menghilangkan jamur pada ikan cupang. Untuk menghilangkan jamur menggunakan ketapang ini sangatlah mudah, cukup campurkan air dan daun ketapang kering pada wadah ikan cupang. Dengan begitu, jamur akan menghilang dengan perlahan dan ikan cupang akan kembali sehat.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara untuk menghilangkan jamur ikan cupang versi cupangbetta.id. Kamu juga dapat menggunakan cara cara lainnya untuk menghilangkan jamur pada ikan cupang. Sebab ada banyak cara dapat dilakukan untuk menghilangkan jamur ikan cupang. Mungkin itu saja informasi dari kami dan semoga penjelasan kami bermanfaat bagi para pecinta ikan cupang.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang HMPK

Anas
2 min read

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *