Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Harga Ikan Cupang Termahal

Harga Ikan Cupang Termahal

Harga Ikan Cupang Termahal – Terdapat banyak sekali jenis ikan cupang yang hidup di perairan air tawar Indonesia. Berbagai jenis tersebut merupakan temuan sejak tahun 1846 hingga 2013.

Hingga saat ini, setidaknya kurang lebih ada sekitar 52 jenis. Menurut peneliti, ikan tersebut berasal dari Asia dan sangat mudah untuk ditemukan di daerah Asia Tenggara, seperti Thailand dan Indonesia.

Tak heran, jika kita sering kali melihat banyaknya penghobi atau pun kolektor memeliharanya di lingkungan sekitar. Kecantikan warna dan bentuk ekornya menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Selain dijadikan hiasan meja ruang tamu, banyak peminat yang membudidayakannya. Sehingga, ikan ini bisa tetap dilestarikan sembari dijadikan sebagai ladang bisnis menjanjikan.

Harga Ikan Cupang Termahal Berdasarkan Jenis

Harga Ikan Cupang Termahal Berdasarkan Jenis

Kebanyakan jenis tertentu dibanderol dengan harga cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak penghobi yang mengawali sebuah usaha membudidayakan secara mandiri.

Perlu diketahui pula beberapa faktor penentuan harga berdasarkan kualitas, diantaranya yaitu memiliki warna eksotis, bentuk ekor unik, berkarakter, berat, dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa spesies yang pernah terjual dengan harga tinggi. Untuk mengetahui selengkapnya, silahkan kalian bisa simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai

Kachen Warochai merupakan tipe aduan dengan banderol harga termahal. Memiliki ciri khas kombinasi antara 3 warna yaitu merah, putih dan biru, jika dilihat sekilas memang mirip seperti warna bendera Thailand.

Harga yang ditawarkan kebanyakan penjual tergolong tinggi, hal itu dikarenakan perpaduan warnanya menarik. Kachen Warochai dibanderol dengan harga termahal sekitar Rp 22.600.000 atau setara dengan 1.530 USD.

Pada lelangan tahun 2016 silam, Kachen Warocai pernah terjual hingga 20 jutaan lebih. Tak heran jika spesies ini digolongkan menjadi ikan hias termahal untuk saat ini.

2. Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

Selanjutnya Halfmoon yang artinya setengah bulan, merupakan salah satu spesies dengan banderol harga cukup tinggi. Adapun beberapa faktor yang membuat Halfmoon dibanderol dengan harga tinggi, karena memiliki sirip berukuran lebar dan lentur.

Pada umumnya memiliki warna tubuh lebih cerah, jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Banderol harga termahal untuk satu ekor HM yaitu sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 8.000.000 berusia dewasa.

Sedangkan untuk harga anakannya yaitu mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000 perekornya. Harga termahal ditujukan pada spesies ikan Marble Blue Black Halfmoon.

3. Plakat

Ikan Cupang Plakat

Plakat merupakan salah satu spesies ikan termahal berasal dari Thailand. Penamaannya diambil dari bahasa Thailand “Plakad” artinya tarung atau ikan aduan.

Biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.000.000 perekornya. Sebab, keunikan dimilikinya antara lain yaitu warna tubuhnya cenderung gelap, bentuk tubuh kekar, serta sirip pendek dan bermental bagus.

4. Double Tail

Ikan Cupang Double Tail

Jenis termahal selanjutnya adalah Double Tail, ikan ini memiliki bentuk ekor unik yaitu terbelah menjadi dua bagian. Memiliki warna tubuh unik membuat harganya cukup mahal.

Bahkan, pernah ada penjual menawarkan Double Tail berwarna gold dan dipatok dengan harga berkisar Rp 2.000.000. Nah, itulah spesies termahal di dalam rantai genetiknya.

5. Giant

Ikan Cupang Giant

Ikan termahal berikutnya yaitu giant, secara umum ukuran tubuhnya dapat ditemukan hingga mencapai 12 cm. Namun, kebanyakan penjual menawarkan hasil perkawinan silang.

Sehingga, banyak spesies ikan baru yang diberi nama Halfmoon Giant, Double Tail Giant, Plakat Giant, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya dibanderol dengan harga termahal sekitar Rp 400.000 perekornya.

6. Fancy

Ikan Cupang Fancy

Di Thailand, pernah ada peternak menjualnya dengan harga termahal, yaitu sekitar Rp 10.000.000 perekornya. Sebab, fancy merupakan salah satu spesies original dari negara Thailand.

Sedangkan di Indonesia, fancy dijual dengan harga termahal yaitu sekitar Rp 300.000 saja. Karena, spesies yang dijual di Indonesia belum tentu memiliki garis keturunan Fancy Thailand.

Tak heran, apabila fancy dibanderol dengan harga mahal. Sebab, memiliki penampilan menarik, bermental bagus, bahkan dapat dijadikan sebagai ikan aduan.

7. Koi Galaxy

Ikan Cupang Koi Galaxy

Jadi, faktor pengaruh harganya terletak pada kualitas ikan tersebut atau belum ada gen dari perkawinan silang. Kemudian, warna tubuhnya juga unik terdiri dari berbagai macam gradasi warna pekat.

Warna tubuhnya adalah hitam, merah, biru dan putih. Itulah beberapa daftar banderol harga termahal, pernah diperjual-belikan di Thailand dan Indonesia.

Tabel Harga Ikan Cupang Termahal

Tabel Harga Ikan Cupang Termahal

Nah, setelah kalian mengetahui harga setiap jenis ikan di atas, untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut. Daftar harga selengkapnya ada pada tabel di bawah ini.

JenisHarga Termahal
Kachen WorachaiRp 22.000.000
HalfmoonRp 8.000.000
PlakatRp 2.000.000
Double TailRp 2.000.000
GiantRp 400.000
FancyRp 10.000.000
Koi GalaxyRp 10.000.000

Nah, diatas ini adalah jenis termahal yang pernah dijual-belikan. Namun, harga tersebut bukanlah patokan, untuk sekedar membandingkan harga termahal di kedua negara. Pasalnya di Indonesia dan Thailand biasanya menjual jenis dengan harga berbeda.

Kesimpulan

Demikian informasi dari cupangbetta.id mengenai harga ikan cupang termahal. Diantaranya yaitu ada jenis kachen warochai, HM, plakat, double tail, giant, fancy, koi galaxi. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *