Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon – Seperti yang kamu ketahui, ikan cupang merupakan sebuah ikan hias air tawar yang saat ini sedang naik daun. Walaupun memiliki postur tubuh yang kecil, namun ikan ini memiliki corak warna indah diseluruh tubuhnya. Oleh karena itu tak heran banyak orang mencari dan membeli ikan cupang hanya untuk mendapatkan keindahan warnanya.

Selain warnanya yang indah, perawatan yang dibutuhkan ikan cupang juga cukup mudah. Hanya perlu mencukupi kebutuhan seharinya dan menjaga kebersihan pada air,wadah, dan pakannya. Untuk pakan yang digunakan, kamu dapat melihat artikel PAKAN IKAN CUPANG TERBAIK untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat kamu gunakan untuk diberikan kepada ikan cupang.

Ikan cupang juga merupakan ikan hias yang memiliki banyak jenis, salah satu jenis ikan cupang yang banyak disukai yaitu Halfmoon. Halfmoon merupakan salah satu jenis ikan cupang yang memiliki ciri khas berbeda dari ikan cupang lainnya. Untuk keberadaannya cupang jenis Halfmoon sudah tersebar luas di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba memberikan kamu semua ilmu tentang ikan cupang Halfmoon ini. Karena masih ada sebagian orang masih belum paham mengenai cupang berjenis Halfmoon. Oleh karena itu simak saja penjelasan kami dibawah ini.

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon 1

Dulunya ikan cupang Halfmoon pertama ditemukan oleh breeder asal Amerika Serikat yang bernama Peter Geottner pada tahun 1980 dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Breeder tersebut berhasil mencetak ikan cupang dengan lebar ekor hampir 180 derajat.

Ikan cupang ini memiliki ciri khas berbeda dari ikan cupang lainnya, yaitu pada bagian ekor yang sangat lebar hingga menyerupai bulan separuh. Oleh karena itulah ikan cupang ini diberi nama Halfmoon. Karena keunikan itulah yang membuat cupang Halfmoon terlihat sangat indah dan terlihat sangat anggur saat berenang. Ekornya yang sangat lebar membuat cupang jenis Halfmoon terlihat sangat besar dibandingkan ikan cupang pada umumnya.

Jenis Ikan Cupang Halfmoon

Halfmoon juga terbagi menjadi beberapa jenis dengan corak warna yang berbeda-beda. Namun disini kami hanya akan menjelaskan sebagian jenis yang banyak dipelihara oleh penghobi ikan cupang saja. Jenis cupang Halfmoon yaitu

1. Halfmoon Red Dragon

Halfmoon Red Dragon

Yang pertama yaitu Halfmoon red dragon. Sesuai dengan namanya, jenis red dragon ini memiliki corak berwarna merah dibagian ekornya dan dilapisi dengan sisik dragon pada seluruh tubuhnya. Biasanya Halfmoon berjenis red dragon dijual dengan harga Rp 180 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung ukuran dan kualitasnya.

2. Halfmoon Black Orchit

Halfmoon Black Orchit

Selanjutnya yaitu cupang Halfmoon berjenis black orchit. Ikan cupang halfmoon black orchit hanya memiliki 1 warna saja, yaitu warna hitam pekat pada bagian tubuh dan ekornya. Namun ada juga sebagian yang memiliki kombinasi warna seperti biru, merah, atau putih. Oleh karena itu ikan ini terlihat lebih gagah dibandingkan warna lainnya. Biasanya jenis ini dibandrol dengan Rp 150 hingga RP 300 ribu tergantung kepekatan warna pada tubuhnya.

3. Halfmoon Candy Dot-Dot

Halfmoon Candy Dot Dot

Cupang Halfmoon berjenis candy dot-dot memiliki warna dasar putih serta di kombinasi dengan warna lainnya seperti merah, ungu, biru, dan warna lainnya dalam bentuk totol-totol. Untuk bagian ekor biasanya memiliki warna yang transparan atau tembus pandang. Halfmoon berjenis candy dot-dot biasanya dibandrol senilai Rp 130 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung kepadatan warna pada tubuhnya.

4. Halfmoon Super Red

Halfmoon Super Red

Sesuai dengan namanya, Halfmoon super red hanya memiliki satu warna saja di tubuhnya yaitu merah pekat. Namun ada juga sebagian yang memiliki garis putih dibagian dasi atau tulang ekor. Untuk harganya ikan ini juga tergantung kepekatan warna pada tubuhnya. Jika tubuhnya berwarna merah pekat tanpa kombinasi warna lainnya maka harganya bisa melambung tinggi hingga Rp 500 ribu rupiah.

5. Halfmoon Koi

Halfmoon Koi

Untuk jenis yang satu ini biasanya memiliki warna yang mirip dengan ikan koi, yaitu putih untuk warna dasar dan di kombinasi dengan warna merah dan hitam. Namun jenis ini masih jarang ditemui sehingga membuat harganya menjadi cukup mahal hingga Rp 400 ribu rupiah.

6. Halfmoon Yellow Banana

Halfmoon Yellow Banana

Berikutnya yaitu Halfmoon berjenis yellow banana. Sesuai dengan namanya yaitu yellow artinya kuning dan banana artinya pisang, ikan cupang ini hanya memiliki warna kuning pisang diseluruh tubuh dan ekornya. Oleh karena itu ikan cupang Halfmoon yellow banana terlihat sangat indah. Biasanya Halfmoon berjenis yellow banana dibandrol senilai Rp 150 ribu hingga Rp 400 ribu tergantung kepekatan warna tubuhnya.

7. Halfmoon Black Koi

Halfmoon Black Koi

Berbeda dengan ikan cupang Halfmoon koi, jenis ini memiliki warna dasar hitam pekat dan kombinasi warna lainnya seperti merah, putih, dan biru. Untuk keberadaannya juga masih jarang ditemui karena untuk mendapatkan warnanya cukup sulit. Oleh karena itulah harga jual Halfmoon black koi masih cukup mahal hingga Rp 400 ribu rupiah.

8. Halfmoon White Platinum

ikan cupang Halfmoon White Platinum

Jenis yang terakhir yaitu Halfmoon white platinum. Ikan cupang ini hanya memiliki satu warna pada seluruh tubuh dan ekornya, yaitu putih mengkilap. Walaupun hanya memiliki satu warna, namun ikan cupang ini sangatlah indah dan menawan. Jika kamu ingin mendapatkan Halfmoon berjenis white platinum, kamu harus menyiapkan uang sebanyak Rp 150 ribu saja.

Harga Ikan Cupang Halfmoon

Walaupun pada penjelasan sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai harga dari masing-masing jenis, namun kami juga akan memberitahukan harga cupang Halfmoon sesuai dengan kualitas dan umurnya. Dibawah ini kami sudah sediakan tabel mengenai harga cupang Halfmoon.

Umur Dan KualitasHarga Jual
Umur 2 Sampai 3 BulanRp 50.000/Ekor
Halfmoon DewasaRp 100.000/Ekor
Halfmoon Bahan KontesRp 300.000/Ekor
Halfmoon Juara KontesRp 700.00/Ekor

Harga tersebut mungkin saja bisa berubah ubah karena setiap breeder memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Jadi jangan heran jika harga yang kami sebutkan tidak sesuai dengan harga jual pada tempatmu berada.

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itu penjelasan yang dapat cupangbetta.id sampaikan mengenai ikan cupang Halfmoon ini. Namun jika kamu ingin memelihara cupang Halfmoon, kamu memerlukan perawatan yang sedikit berbeda dari ikan cupang pada umumnya. Hal ini bertujuan agar ekor cupang Halfmoon dapat membuka secara maksimal dan tidak rusak. Mungkin seperti itu informasi dari kami dan semoga artikel ini dapat membantu penghobi cupang lainnya.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang Copper Gold

Anas
4 min read

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *