Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ Harga Ikan Arwana Terbaru: Jenis & Ciri Ciri

Harga Ikan Arwana

Harga Ikan Arwana – Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer dan sangat digemari oleh para pecinta ikan hias, hal ini karena ikan Arwana merupakan suku kecil ikan air tawar primitif yang masih bisa dijumpai hingga saat ini. Selain itu ikan Arwana banyak diminati karena keindahan bentuk tubuh serta warna yang yangat cantik/menarik.

Dengan segala kelebihan dan keunggulannya tersebut menjadikan harga ikan Arwana sangat tinggi. Selain itu minat serta permintaan pasar yang tinggi berbanding terbalik dengan keberadaanya di alam yang terancam punah menambah semakin melangitnya harga ikan Arwana.

Meski menjadi salah satu jenis hewan yang hampir punah dan status perlindungannya sudah masuk Appendix I CITES, perdagangan ikan Arwana masih diperbolehkan secara hukum asalkan jenis Arwana yang diperdagangkan adalah hasil dari bududaya atau penangkaran. Untuk seekor Arwana dibandrol dengan kisaran harga sekitar ratusan ribu hingga puluhan juta tergantung jenisnya. Berapakah tepatnya harga ikan Arwana?

Sesuai judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan diatas, dikesempatan kali ini cupangbetta akan berbagi informasi seputar hal tersebut yakni harga ikan Arwana. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai harga ikan Arwana, simak ulasan dari cupangbetta tentang harga ikan Arwana berikut ini.

Harga Ikan Arwana Berdasarkan Jenisnya

Harga Ikan Arwana Berdasarkan Jenisnya

Seperti dijelaskan diatas, harga Arwana dipasaran memang sangat fantastis karena ikan Arwana memang sudah sangat langka ditemukan di alam liar. Harga tinggi juga dipengaruhi dengan tingkat perawatanya yang cukup sulit dan membutuhkan perawatan khusus. Kemudian satu hal lagi yang membuat harga Arwana tinggi adalah karena adanya mitos bahwa dengan memelihara ikan Arwana dapat memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Dibawah ini merupakan jenis-jenis ikan Arwana beserta harganya dari yang termurah hingga termahal :

1. Arwana Brasil

Arwana Brasil

Harga : Rp 2.000.000 an

Ikan Arwana Brasil memiliki ciri-ciri tubuh berbeda dibanding Arwana lainya, yakni tubuh panjang mencapai 50-100 cm serta siripnya panjang pula mulai dari tengah badan hingga ujung ekornya, dimana hal tersebut memberi kesan sangat anggun ketika berenang. Arwana Brasil berasal dari Amerika Selatan yang telah banyak dikembang biakan dan menjadi populer di Indonesia. Ciri lain dari Arwana Brasil adalah sisiknya yang berwarna silver, sehingga Arwana Brasil juga sering disebut sebagai Arwana Silver. Arwana ini juga memiliki kemampuan lain yaitu dapat melompat ke udara ketika akan menangkap mangsanya (serangga).

2. Arwana Banjar

Arwana Banjar

Harga : Rp 2.000.000 an

Arwana Banjar dapat diketahui melalui cirinya yaitu sirip berwarna orange terang serta ekornya berwarna kuning keemasan. Secara sekilas Arwana Banjar sangat mirip dengan Red Arwana, bahkan bisa dikatakan sebagai varietas Arwana Red kelas 2. Ciri lain dari Arwana ini yaitu bentuk kepalanya yang cenderung membulat dengan mulut tidak terlalu lancip, sedangkan untuk ukuran maksimalnya Arwana Banjar bisa mencapai 90 cm.

3. Arapaima

Arapaima

Harga : Rp 2.880.000

Habitat asli dari Arapaima adalah dari sungai Essequibo dan sungai Amazon. Termasuk dalam hewan langka dan jenis Arwana terbesar di dunia, dimana ukuran maksimalnya bisa sampai 3 meter dengan berat mencapai 200 kg. Keunikan dari ikan ini yaitu dapat bernafas dengan mengambil udara dari atmosfer, hal inilah mengapa Arapaima dapat muncul ke permukaan setiap 5-20 menit sekali (tergantung ukuranya). Di habitat aslinya ketika kondisi sungai kering dan kekurangan air, Arapaima akan menggulungkan diri membentuk seperti bola lalu membenamkan diri kedalam lubang sampai air datang lagi.

4. Arwana Hijau

Arwana Hijau

Harga : Rp 4.000.000

Arwana Hijau atau Green Arwana dan sering disebut juga Golden Pino dapat ditemukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja dan beberapa tempat di Indonesia. Arwana Hijau dapat diketahui dari ciri warnanya yaitu perpaduan antara warna kuning emas dan hijau samar, ciri lainnya yaitu ukuran kepalanya yang jauh lebih besar dibanding Arwana jenis lain.

5. Arwana Jardini

Arwana Jardini

Harga : Rp 4.000.000

Arwana Jardini atau dikenal juga dengan sebutan Arwana Papua habitat aslinya yaitu ada di Australia dan Papua. Arwana Jardini memiliki warna dasar hitam kecoklatan dengan bintik-bintik kuning keemasan dibagian tengah sisiknya diseluruh badanya dari mulai kepala hingga ekornya. Ukuran maksimal Arwana jenis ini bisa sampai 90 cm dengan berat mencapai 17 kg.

6. Arwana Red Tail Golden

Arwana Red Tail Golden

Harga : Rp 4.500.000

Red Tail Golden merupakan ikan Arwana yang habitat aslinya berasal dari Indonesia, tepatnya di daerah Mahato-Riau. Karena itulah mengapa Arwana ini juga sering disebut sebagai Indonesia Golden Arwana atau Arwana Golden Indonesia. Karakteristik Red Tail Golden termasuk jenis ikan agresif dan sulit untuk ditangkap, memiliki warna indah mulai dari biru, hijau hingga keemasan dengan ukuran maksimal ikan bisa mencapai 90 cm.

7. Arwana Hitam

Arwana Hitam

Harga : Rp 5.000.000

Arwana Hitam atau Black Arwana masih satu kelurga dengan Arwana Silver, pembedanya hanyalah pada warna ekornya saja dimana Arwana Hitam memiliki ekor berwarna hitam. Warna hitam pada ekornya ini lama kelamaan akan memudar menjadi keperakan seiring dengan kedewasaan ikan ini.

8. Arwana Cross Black Golden

Arwana Cross Black Golden

Harga : Rp 18.000.000

Arwana Cross Black Golden memiliki nama latin Scleropages Formosus memiliki banyak nama lain seperti Taiping Golden, Pahang Golden, Malayan Bonytongue dan Malaysian Gold. Banyak ditemukan di negara malaysia tepatnya di daerah danau Bukit Merah, Perak, Johor dan Terengganu. Ciri ikan ini yakni warna emas mencolok pada bagian punggungnya.

9. Arwana Black Golden

Arwana Black Golden

Harga : Rp 18.000.000

Black Golden merupakan ikan Arwana yang berasal dari Penang-Malaysia, habitat aslinya adalah di rawa-rawa. Ciri khas ikan ini dapat dilihat dari keunikan warna sisiknya yang cantik, yaitu perpaduan emas dan hitam.

10. Arwana Super Red

Arwana Super Red

Harga : Rp 2.000.000 – Rp 48.000.000

Habitat asli ikan ini yaitu dari sungai Kapuas dan danau Sentarum di Kalimantan Barat. Ikan Arwana dengan nama latin Scieropages Legendrei ini memiliki ciri khas sisiknya berwarna merah sexy dan atraktif. Arwana Super Red dikelompokan menjadi 4 jenis yaitu Blood Red (merah darah), Chili Red (merah cabai), Golden Red (merah emas) dan Orange Red (merah orange).

11. Arwana Batik

Arwana Batik

Harga : Rp 56.000.000

Penyebutan namanya sebagai Arwana Batik karena keunikan sisiknya yang menyerupai pola batik dengan warna perunggu dominan serta perpaduan warna silver. Dengan segala keunikan yang dimilikinya tersebut tidak heran jika ikan Arwana ini dihargai lumayan mahal.

12. Arwana Platinum

Arwana Platinum

Harga : Rp 5.7 – Rp 6 milyar

Arwana Platinum menjadi salah satu varietas Arwana tercantik dan termahal karena memiliki palet warna yang cantik serta mengkilap dan tekstur sisik halus.

Tips Perawatan Ikan Arwana

Tips Perawatan Ikan Arwana

Agar ikan Arwana selalu sehat dan dapat tumbuh dengan sempurna, tentunya perawatan harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips mengenai cara perawatan ikan Arwana yang baik dan benar :

  • Penggunaan aquarium harus tiga kali lebih besar dari ukuran ikan Arwana
  • Temperatur air harus selalu dijaga, yakni sekitar 26-30 derajat celcius
  • Melengkapi aquarium dengan perlengkapan seperti filter, lampu TL, heater dan juga aerator
  • Selalu menjaga kebersihan aquarium dengan melakukan pembersihan secara rutin
  • Gunakan hiasan aquarium yang sesuai dan tidak berujung tajam agar tidak melukai ikan
  • Penggunaan lampu yang tepat untuk aquarium

Nah itu dia beberapa tips perawatan ikan Arwana yang perlu dilakukan agar ikan dapat tumbuh dengan sempurna dan berumur panjang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai harga ikan Arwana yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Apa Itu Ikan Cupang Besgel

Anas
1 min read

Cara Jual Ikan Cupang

Anas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.