Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ Ikan Genghis Khan : Klasifikasi Ilmiah & Karakteristik

Ikan Genghis Khan

Ikan Genghis Khan – Ikan Genghis Khan merupakan salah satu jenis ikan hias ar tawar yang memiliki bentuk menyerupai ikan Hiu, karena itulah mengapa ikan ini dikenal juga dengan sebutan ikan Hiu air tawar. Ikan Genghis Khan sebenarnya memiliki banyak sekali nama lain, seperti Pangasid Catfish, Paroon Shark, Giant Pangasius, Chao Phraya Giant Catfish dan Pla Thepa.

Habitat asli ikan ini adalah di sungai Phraya dan sungai Mekong yaitu di negara Laos, Kamboja, Thailand, Vietnam dan China. Jika dilihat dari ciri-cirinya sebenarnya ikan Hiu air tawar ini termasuk dalam golongan ikan Catfish dan masih satu bangsa dengan ikan Patin, hanya saja ikan ini memiliki sifat lebih buas dan juga kanibal.

Dengan ciri-ciri fisik seperti punggung bersirip seperti gergaji, mulut menjorok kedalam serta sifatnya tersebut masyarakat Indonesia menyebut ikan ini dengan sebutan ikan Hiu air tawar. Selain bentuk fisik kemiripanya dengan ikan Hiu juga bisa dilihat dari cara berenangnya, hanya saja ikan ini tidak memiliki gigi layaknya ikan Hiu yang hidup di laut. Pangasid catfish sendiri mulai masuk ke Indonesia sekitar Tahun 1994.

Untuk lebih jelas mengenai ikan predator ini, dikesempatan kali ini cupangbetta akan membahas secara detail apa itu ikan Ghenghis Khan. Jadi buat anda yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai ikan Hiu air tawar, simak ulasan dari cupangbetta tentang ikan Genghis Khan berikut ini.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Genghis Khan

Klasifikasi Ilmiah Ikan Genghis Khan

Ikan Genghis Khan atau ikan Hiu air tawar memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Class : Actinopterygii
Ordo : Siluriformas
Family : Pangasiidae
Species : P. Sanitwongsei
Nama Latin : Pangasius Sanitwongsei

Karakteristik Ikan Genghis Khan

Karakteristik Ikan Genghis Khan

Diatas telah sedikit dijelaskan bahwa jika dilihat secara sekilas ikan Genghis Khan ini memang menyerupai ikan Hiu, dari warna tubuh abu-abu gelapnya hingga bentuk siripnya yang menjulang keatas sangatlah mirip dengan ikan Hiu. Namun jika dilihat lebih detail perbedaanya akan bisa dilihat, dimana Genghis Khan tidak memiliki gigi tajam seperti Hiu.

Kemudian ikan ini juga terlihat mirip dengan ikan Patin, bahkan bagi yang belum mengenal ikan inipun pasti akan beranggapan bahwa ikan Genghis Khan ini adalah ikan Patin. Yang membedakan keduanya adalah dari sirip dan bentuk kepalanya, dimana Hiu air tawar memiliki sirip tinggi meruncing keatas serta kepala yang lebih besar dibanding ikan patin yang mempunyai sirip pendek serta kepala cenderung lebih bulat.

Ikan Hiu air tawar masuk kedalam golongan ikan yang aktif berenang, jadi jika berencara untuk memeliharanya disarankan untuk menyediakan aquarium yang memiliki ukuran luas, minimal 1,5 meter dengan ketebalan kaca 12 mm. Meski termasuk dalam jenis ikan predator, Ikan ini masih bisa disatukan dengan jenis ikan lain dalam satu aquarium asalkan ikan tersebut memiliki ukuran yang sama besar atau lebih besar.

Ukuran terbesar dari Genghis Khan bisa mencapai 15 meter jika berada di alam bebas, untuk yang dipelihara di aquarium atau di kolam biasanya hanya mencapai 1,2 meter.

Pakan Ikan Genghis Khan

Pakan Ikan Genghis Khan 1

Karena merupakan jenis ikan predator, terkait dengan makanan ikan ini terbilang fleksibel karena mau memakan apa saja baik dalam kondisi hidup maupun mati. Namun jika untuk peliharaan, pakan utama dari ikan Hiu air tawar adalah ikan-ikan kecil seperti ikan cere, anakan ikan mas, ikan lele dan sebagainya. Selain itu bisa juga dengan memberi pakan berupa potongan ikan segar maupun udang segar.

Di alam bebas Genghis Khan akan memakan apa saja yang sekiranya bisa masuk kedalam mulutnya. Dalam memburu mangsanya ikan ini akan mengandalkan indra penciumanya.

Jenis dan Harga Ikan Hiu Air Tawar

Jenis dan Harga Ikan Hiu Air Tawar

Untuk jenis ikannya sendiri dipasaran terdapat dua jenis, yaitu jenis normal (berwarna hitam) dan jenis platinum (albino). Sedangkan untuk harga, kedua ikan ini mempunyai perbedaan yang cukup mencolok, dimana untuk jenis platinum cenderung lebih mahal dibandingkan jenis normal.

Jenis Genghis Khan normal keci berukuran 8 cm dihargai Rp 35.000 perekornya, sedangkan Genghis Khan platinum kecil unkuran 8 cm harganya bervariasi bisa mencapai sepuluh kali lipat dari jenis normal (tergantung dari penjual).

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ikan Genghis Khan yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.