Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

√ Ukuran Maksimal Channa Bleheri: Ciri-ciri & Perawatan

Ukuran Maksimal Channa Bleheri

Ukuran Maksimal Channa Bleheri – Ikan Channa atau masyarakat Indonesia mengenalnya dengan sebutan ikan Gabus ini memiliki banyak sekali jenis dan tiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bagi para pecinta ikan hias, ikan Channa saat ini sedang populer dan diminati banyak orang karena keindahan serta keunikan yang dimilikinya.

Dan salah satu jenis ikan Channa yang menjadi favorit yaitu Channa Bleheri. Channa Cleheri memiliki ukuran maksimal yang sangat kecil alias mungil, Channa Bleheri memiliki nama lain atau dikenal juga dengan julukan Rainbow Snakehead yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Gabus Pelangi.

Sebagai informasi nama Bleheri ini diambil dari nama seorang penjelajah sekaligus pedagang ikan eksotis yakni Heiko Bleher. Sedangkan untuk habitat asli Channa Bleheri yaitu di Tropical Mansoon Forest, tepatnya dari Asia Selatan di lembah sungai Brahmaputra yang berada di wilayah Assam dan Arunachal Pradesh (negara bagian di India).

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai CHANNA ASIATICA BERASAL DARI, sesuai judul artikel diatas dikesempatan kali ini cupangbetta akan memberikan informasi mengenai ikan Channa yang satu ini, tepatnya yaitu ukuran maksimal Channa Bleheri. Jadi buat yang penasaran dan ingin mengetahui berbagai hal tentang Channa Bleheri atau sedang mencari informasi mengenai ikan Channa Bleheri, simak ulasan dari cupangbetta tentang ukuran maksimal Channa Bleheri berikut ini.

Ukuran Maksimal Channa Bleheri

Ukuran Maksimal Channa Bleheri. 1

Channa Bleheri menjadi salah satu jenis ikan Gabus hias dengan keunikan fisik yang sangat menarik, dimana ketika Channa Bleheri tumbuh remaja warna kulitnya berubah menjadi kuning. Kemudian ketika sudah memasuki fase dewasa, warna tubuhnya berubah menjadi cokelat dan pada bagian sisi serta siripnya bisa berubah menjadi warna biru dengan kombinasi bintik-bintik merah orange cerah.

Terkait dengan ukuran maksimal ikan, ukuran Channa Bleheri hanya bisa mencapai ukuran maksimal sebesar 17-23 cm saja. Ya memang tidak terlalu besar karena Channa Bleheri memang salah satu jenis ikan Gabus yang berukuran kecil. Dibandingkan dengan ikan Channa kecil lainnya, Channa Bleheri dapat diketahui dari cirinya yang sangat menonjol yaitu sirip yang ada dibagian perut sangat kurang.

Karakteristik Channa Bleheri

Karakteristik Channa Bleheri

Channa Bleheri salah satu dari jenis ikan channa yang memiliki ukuran maksimal lumayan kecil, sehingga menjadikan Channa Bleheri sebagai salah satu ikan hias penghuni aquarium sangat memungkinkan. Berbeda dengan jenis Channa lainnya yang cenderung pendiam, Channa Bleheri termasuk ikan yang aktif berenang kesana kemari. Selain itu ikan ini juga sangat kuat dan juga berani serta jago dalam melompat.

Meski memiliki ukuran maksimal lumayan kecil serta tampilan sangat cntik dengan warna-warna indahnya, Channa Bleheri tetap saja seekor ikan predator yang memiliki tempramen tinggi dan sangat agresif. Jadi ketika mengaplikasikanya pada sebuah aquarium disarankan untuk tidak menyatukanya dengan jenis ikan lain dalam satu aquarium mengingat tingkat keagresifanya sangat tinggi. Sifat keagresifan tersebut akan muncul ketika Bleheri melihat ikan lain, meskipun itu adalah pasanganya sendiri.

Cara Merawat Channa Bleheri

Cara Merawat Channa Bleheri

Pada dasarnya merawat Channa Bleheri cukup mudah dan sama saja seperti merawat ikan jenis predator lainnya, namun karena Channa Bleheri asalnya atau habitat aslinya memiliki iklim yang berbeda dari Indonesia sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawat ikan Gabus jenis ini. Hal ini tentunya dimaksudkan agar supaya ikan dapat beradaptasi dengan iklim tropis Indonesia sehingga ikan tidak mudah stres.

Nah untuk mewujudkan hal tersebut caranya yaitu dengan membuat aquarium sama seperti kondisi di habitat aslinya, yaitu dengan menambahkan bebatuan, daun-daunan kering, kayu-kayuan sampai dengan menambahkan tanaman air. Kemudian selain menyesuaikan tempat asalnya, penting juga untuk menyesuaikan suhunya.

Pakan dan Harga Channa Bleheri

Meskipun termasuk jenis predator, terkait makanan ikan ini cukup fleksibel. Jadi ketika ingin memelihara Channa Bleheri kita bisa memberikan makanan mati atau makanan ikan hias pada umumnya. Dihabitat aslinya Channa Bleheri menjadi ikan predator yang memakan hewan dan serangga kecil seperti cacing tanah, jangkrik, udang maupun ikan-ikan kecil lainnya, jadi ketika ingin memberikan makanan ikan hias pada Channa Bleheri harus membiasakanya terlebih dahulu diawal-awal.

Kemudian terkait dengan harga Channa Bleheri, dipasaran sendiri harganya cukup bervariasi tergantung usia ikan. Untuk seekor bayi Channa Bleheri dibandrol sekitar Rp 130.000 an, sedangkan untuk Channa dewasa harganya berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribuan perekornya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ukuran maksimal Channa Bleheri yang bisa cupangbetta bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.