Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Cara Kirim Ikan Cupang ke Luar Negeri

Cara Kirim Ikan Cupang Ke Luar Negeri

Cara Kirim Ikan Cupang ke Luar Negeri – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang pada saat ini sedang banyak peminatnya. Penghobi ikan cupang juga tidak memandang umur mulai dari anak-anak bahkan hingga orang tua pun banyak menyukai ikan cupang. Mereka menjadikan ikan cupang sebagai koleksi pada sebuah ruangan rumah agar terlihat lebih indah.

Namun ada juga sebagian orang memanfaatkan ikan cupang untuk berbisnis karena cupang memiliki harga jual cukup tinggi hingga puluhan juta rupiah. Hal tersebut dikarenakan ikan cupang memiliki kombinasi corak warna sangat indah pada bagian tubuh dan ekor berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Kamu bisa mengetahui berbagai jenis ikan cupang pada artikel JENIS IKAN CUPANG DAN HARGANYA.

Selain di Indonesia, ikan cupang juga ramai digemari di beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Sebagian orang asing juga seringkali membeli ikan cupang dari Indonesia untuk dibudidayakan kembali di negaranya karena ikan cupang Indonesia memiliki kualitas cukup baik.

Namun untuk orang awam pasti merasa kebingungan bagaimana cara cara untuk kirim ikan cupang ke luar negeri. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membantu menjelaskan bagaimana cara cara untuk kirim ikan keluar negeri. Untuk penjelasan lebih lengkapnya maka simak saja artikel ini.

Prosedur Kirim Ikan Cupang Ke Luar Negeri

Perlu diketahui bahwa untuk kirim ikan cupang ke luar negeri sebenarnya cukup mudah. Hanya saja ada sebagian orang masih kurang menggali informasi sehingga terlihat sangat sulit dan rumit. Dibawah ini ada 2 tahapan sebelum kirim ikan cupang ke luar negeri.

1. Shipping Method

  • Menyiapkan proforma invoice meliputi tentang harga ikan cupang, packing list berisi jumlah kemasan, isi setiap kemasan, dan juga ukuran ikan yang akan kamu kirim.
  • Jika sudah mempunyai Nomor Induk Kepabeanan serta ijin ekspor maka tinggal booking saja. Tetapi jika belum mempunyai semua itu kamu harus mencari undername dahulu.
  • Jika sudah booking, maka akan mendapat jadwal pengiriman serta nomor Air Way Bill (AWB) dan ikan cupang siap dikemas.
  • Lebih baik memberitahukan nomor AWB dan juga jadwal pengiriman kepada penerima agar bisa bersiap untuk mengambil barang kiriman.

2. Packing Method

Packing Method
  • Sebelum ikan dikemas kamu harus dipuasakan ikan cupang selama 1 hari agar saat sudah dikemas ikan tidak membuang kotoran. Sebab kotoran ikan cupang mengandung amoniak yang bisa membuat cupang sakit.
  • Karena akan kirim ikan cupang dengan jarak jauh, kamu harus memperhatikan jumlah ikan cupang per kantongnya dan gunakan air bersih endap.
  • Saat pengemasan perbandingan air dan oksigen juga harus diperhatikan, yaitu 1 air banding 3 oksigen. Hal ini bertujuan agar saat di perjalanan ikan cupang tidak kehabisan oksigen.
  • Bahan kemasan styrofoam juga harus diperhatikan, yaitu memiliki ukuran 50,75 serta 120 cm. Jika perlu tambahkan es batu air mineral kemasan botol yang sudah dicampur dengan garam laut pada bagian pinggir agar suhu tetap stabil.
  • Jangan lupa untuk menutup styrofoam dan lakban pada bagian luar hingga tertutup semua agar udara tetap stabil. Jika perlu bungkus kembali dengan menggunakan plastik dan lakban kembali hingga penuh.
  • Alangkah baiknya gunakan penerbangan paling pagi supaya tidak terjebak macet saat pergi ke bandara.

Cara Kirim Ikan Cupang ke Luar Negeri

Cara Kirim Ikan Cupang Ke Luar Negeri 1

Setelah mengetahui prosedur kirim ikan cupang ke luar negeri, sekarang waktunya kami menjelaskan bagaimana cara cara untuk kirim ikan cupang ke luar negeri. Seperti sudah kami terangkan bahwa sebenarnya untuk kirim cupang ke luar negeri cukuplah mudah. Jika belum memahami bagaimana cara caranya, maka dibawah ini adalah jawabannya.

  1. Pergilah ke bandara lebih awal sebelum jam pengiriman.
  2. Sesampainya di bandara kamu harus menuju ke ruang karantina.
  3. Diruang karantina membuat dokumen karantina export, nantinya petugas akan mengecek fisik, buka box, serta melihat isinya.
  4. Setelah dokumen karantina selesai dibuat, kamu harus pergi ke gudang Regulated Again (RA) untuk bisa diantar petugas menuju gedung airlines.
  5. Di gudang airlines harus mengurus dokumen bea cukai serta menimbang berat barang yang akan kamu kirim.
  6. Lalu barang akan ditarik oleh traktor masuk kedalam, hal terpenting yaitu memberitahukan kepada petugas supaya ikan cupang tidak di X-Ray karena resikonya tinggi bagi kehidupan ikan cupang.
  7. Terakhir yaitu dengan menyelesaikan pembayaran administrasi.

Kesimpulan

Nah kurang lebih seperti itulah cara cara yang perlu dilakukan saat akan kirim ikan ke luar negeri versi cupangbetta.id. Namun hal yang perlu diperhatikan saat akan kirim ikan cupang yaitu kesehatannya. Karena kemungkinan besar ikan sakit akan mati saat proses pengiriman. Jadi pastikan ikan cupang memiliki fisik sehat sebelum di kirim. Mungkin cukup sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bisa membantu kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *