Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang HMPK

Ikan Cupang Hmpk

Ikan Cupang HMPK – Mungkin saat ini kamu sudah tidak asing dengan nama ikan cupang. Ya ikan cupang merupakan ikan hias yang sudah tersebar luas di Indonesia dan beberapa negara tetangga lainnya. Selain dikenal dengan ikan hias, ikan cupang juga dikenal sebagai ikan aduan. Hal tersebut disebabkan karena ikan cupang memiliki sifat yang agresif jika bertemu dengan sejenisnya.

Ikan cupang juga memiliki ciri khas sendiri, yaitu corak warna yang indah di seluruh tubuh dan ekornya. Ciri khas itulah yang menarik perhatian setiap orang yang memandang ikan cupang sehingga membuat harganya menjadi cukup mahal. Walaupun begitu masih banyak orang rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah demi mendapatkan ikan cupang yang memiliki corak warna indah dan unik.

Corak warna pada tubuh ikan cupang juga berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Untuk jenisnya pun ikan cupang terbagi menjadi banyak jenis, salah satu jenis ikan cupang yang sering dipelihara yaitu HMPK. Selain HMPK kamu juga dapat mengetahui jenis ikan cupang lainnya pada artikel JENIS IKAN CUPANG DAN HARGANYA.

HMPK merupakan salah jenis ikan cupang yang hampir dimiliki oleh semua pecinta cupang. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan kamu semua informasi seputar dengan ikan cupang HMPK ini. Untuk penjelasan lebih lengkapnya maka simak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Ikan Cupang HMPK

Apa Itu Ikan Cupang HMPK

Mungkin jika kamu salah satu penghobi baru cupang masih belum mengerti mengenai kata HMPK. HMPK merupakan sebuah singkatan yang diambil dari dua nama ikan cupang yaitu PLAKAT dan HALLFMOON, jadi HMPK adalah singkatan dari PLAKAT dan HALFMOON. Nama tersebut diambil karena ikan cupang HMPK adalah hasil perkawinan antara kedua ikan PLAKAT dan HALFMOON. Biasanya cupang HMPK banyak ditemui di kontes-kontes SNI.

Jenis Cupang HMPK

Untuk jenisnya, ikan cupang HMPK sebenarnya memiliki banyak sekali jenis yang sudah tersebar di Indonesia. Namun kami hanya akan menjelaskan jenis cupang HMPK yang banyak dipelihara oleh penghobi cupang saja. Untuk jenis cupang HMPK yaitu

1. HMPK Avatar

HMPK Avatar

Jenis cupang HMPK yang pertama yaitu Avatar. Ini merupakan salah satu jenis yang sedang naik daun pada dunia cupang. HMPK avatar biasanya memiliki tubuh berwarna hitam pekat serta kombinasi warna lainnya seperti merah, biru, hijau, atau kuning dalam bentuk rintik-rintik.

2. HMPK Copper

HMPK Copper

Kedua yaitu HMPK Copper. Copper itu merupakan sebuah sebutan untuk warna tembaga pada tubuh ikan cupang. Jadi ikan cupang yang memiliki sisik berwarna kuning tembaga itu memiliki genetik copper.

3. HMPK Royal Blue

HMPK Royal Blue

Jenis ketiga yaitu ada Royal Blue. Yang dimaksud dengan kata royal blue yaitu cupang yang memiliki tubuh dan ekor berwarna biru atau bisa disimpulkan dengan badan yang berwarna biru semua.

4. HMPK Black Copper Dragon

HMPK Black Copper Dragon

Berbeda dengan HMPK copper, jenis ini memiliki base atau warna dasar hitam dan di kombinasi dengan sisik dragon berwarna copper atau warna tembaga. Oleh karena itu ikan ini disebut dengan black copper dragon.

5. HMPK Besgel

HMPK Besgel

Besgel juga merupakan sebuah singkatan pada ikan cupang yang artinya Bebas Gelap. Ikan cupang besgel merupakan cupang yang gagal dalam proses mutasi. Jadi warna yang dimiliki tidak berubah dari saat kecil dan biasanya memiliki warna gelap.

Itulah beberapa jenis ikan HMPK yang sering dipelihara oleh penghobi cupang. Namun itu saja sebagian saja dan masih banyak lagi jenis cupang HMPK.

Kelebihan

Cupang HMPK juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan jenis cupang lainnya. Kelebihan dari ikan cupang HMPK yaitu

1. Memiliki Ekor Lebar

Memiliki Ekor Lebar

Kelebihan pertama yaitu memiliki ekor yang lebar. Karena HMPK memiliki genetik dari cupang HALFMOON sehingga membuat ekornya menjadi lebar seperti setengah bulan.

2. Banyak Dicari Penghobi Cupang

Banyak Dicari Penghobi Cupang

Banyaknya orang mencari jenis HMPK yaitu karena dapat mengikuti kontes cupang. Dan biasanya ikan cupang HMPK lebih terpacu kepada form tubuh.

3. Lebih Terlihat Gagah

Lebih Terlihat Gagah

Kelebihan cupang HMPK yang terakhir yaitu terlihat lebih gagah. Hal ini disebabkan karena ekornya yang lebar dan gerakannya yang gesit.

Harga Jual Cupang HMPK

Sebenarnya untuk harga jual cupang jenis HMPK ini cukup ekonomis. Karena pada saat ini sudah banyak para penghobi cupang membudidayakan jenis ini. Namun semua itu sebenarnya tergantung dengan kualitas ikan cupang tersebut. Semakin bagus kualitas ikan, maka akan semakin tinggi pula harga jualnya. Untuk mengetahui harga jual cupang HMPK ini kami akan bedakan menjadi 3 golongan pada sebuah tabel.

KualitasHarga
Kualitas BiasaRp 50.000 Hingga Rp 100.000
Bahan KontesRp 200.000 Hingga Rp 400.000
Juara KontesRp 500.000 Hingga Rp 1.000.000
IndukanRp 150.000 Hingga Rp 1.500.000

Namun semua harga yang kami sebutkan bisa berubah ubah karena setiap orang memiliki pemikiran tersendiri. Pada intinya harga tersebut tergantung dengan kualitas ikan cupangnya.

Kesimpulan

Mungkin kurang lebih seperti itu penjelasan yang dapat cupangbetta.id sampaikan mengenai ikan cupang HMPK. Namun masih banyak jenis ikan cupang yang dapat kamu pelihara dengan keindahan warna pada tubuhnya. Demikian informasi dari kami dan sampai jumpa.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Ikan Cupang Copper Gold

Anas
4 min read

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *