Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Genetik Ikan Cupang

Genetik Ikan Cupang

Genetik Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang saat ini sedang populer. Ikan cupang mempunyai berbagai corak warna indah menyelimuti tubuhnya sehingga membuat ikan ini banyak dipelihara.

Selain warnanya, ikan cupang juga memiliki postur tubuh kecil sehingga tidak memakan banyak ruang untuk dipelihara. Banyak juga yang membudidayakan ikan cupang untuk dijadikan ladang bisnis karena harganya cukup mahal.

Untuk membudidayakan ikan cupang juga bisa dibilang mudah, hanya perlu ketekunan pada saat merawat burayak atau anakan ikan cupang. Karena pada saat anakan ikan cupang masih dibawah umur 1 bulan itu rentan akan kematian. Ikan cupang mahal juga terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu genetik pada ikan cupang. Kamu juga bisa mengetahui berbagai IKAN CUPANG TERMAHAL DAN TERLANGKA agar nantinya bisa dibudidayakan sebagai ladang bisnis.

Semakin bagus genetik pada ikan cupang, maka semakin mahal pula harga jualnya. Namun ada beberapa bredeer belum memahami arti genetik pada ikan cupang. Maka dari itu dibawah ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian genetik ikan cupang.

Apa Itu Genetik Ikan Cupang

Genetik adalah sebuah pembawa sifat pada setiap ikan cupang seperti warna, sifat, gaya bertarung, postur tubuh, dan lainnya. Genetik juga dibedakan menjadi 2, yaitu genotipe dan fenotip. Genotip adalah sifat genetik menurun yang tidak terlihat dari luar, contohnya yaitu seperti karakter, gaya bertarung, dan tempramen. Lalu fenoti adalah sifat genetik menurun yang mudah diamati atau terlihat, contoh dari fenotip yaitu form ekor, warna, dan postur tubuh.

Makna Istilah Genetika F1 sampai F4

Setelah kamu mengetahui apa itu genetik ikan cupang, alangkah baiknya kamu juga mengetahui makna dari singkatan yang sering digunakan para breeder. Istilah yang digunakan yaitu meliputi P, F1, F2, F3, dan F4. Jika kamu penasaran makna dari kelima singkatan tersebut, maka langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini.

P

P merupakan singkatan dari Parental yang berarti indukan. Parental merupakan sebuah genetik awal pada saat melakukan breeding ikan cupang. Nantinya parental-lah yang akan menentukan genetik pada anak-anak ikan cupang. Maka dari itu jika kamu ingin breeding, pilihlah indukan dengan genetik serta corak warna bagus agar mendapatkan hasil memuaskan.

F1

F adalah kepanjangan dari Filial yang artinya yaitu anak atau keturunan ikan cupang. Jadi F1 adalah anakan atau keturunan ikan cupang pada indukan pertama yang sudah kamu breeding. Pada F1, kamu bisa mendapatkan keturunan ikan cupang yang mirip atau satu genetik dengan indukannya mulai dari warna, postur tubuh, dan genetiknya.

F2

F2 adalah istilah anakan ikan cupang yang dihasilkan dari tahap ke-2. Filial ke-2 ini dihasilkan karena adanya perkawinan dari P1 x P2, F1 x F1, atau P1 x F1. Sama halnya dengan F1, nantinya F2 juga akan mempunyai postur tubur, warna, dan genetik sama dengan indukannya.

F3

F3 merupakan sebutan dari anak turunan ke-3. Turunan ke-3 ini dihasilkan karena adanya perkawinan antara P1 x P2, F1 x F1, F2 x F2, atau perpaduan dari ketiga genetik tersebut. Hasil dari F3 biasanya berbeda dengan F1 dan F2, entah itu corak,warna, sifat, atau postur tubuhnya.

F4

F4 merupakan turunan anakan cupang ke-4. Biasanya para breeder ikan cupang akan berhenti melakukan perkawinan pada turunan ke-4 ini. Sebab jika masih dilanjutkan maka terkadang akan menghasilkan anakan yang kurang berkualitas atau bisa juga mengalami cacat fisik. Namun pada turunan ke-4 para breeder akan mendapatkan hasil yang memuaskan mulai dari warna, postur tubuh, sifat, dan coraknya.

Teknik Breeding Ikan Cupang

Untuk membudidayakan ikan cupang juga terbagi menjadi beberapa teknik. Setiap teknik pada saat breeding ikan cupang juga memiliki keunggulan berbeda-beda. Dan untuk melakukan breeding ikan cupang juga dibutuhkan beberapa tahap agar nantinya mendapatkan hasil memuaskan. Dibawah ini kami sudah jelaskan beberapa teknik breeding agar kamu tidak mengalami kesalahan dalam membudidayakan ikan cupang.

1. Inbreed

Inbreed

Inbreed adalah sebuah perkawinan ikan cupang yang mempunyai genetik sama atau bisa juga disebut dengan perkawinan sedarah. Perkawinan Inbreed hanya akan menggunakan pejantan dan betina yang tidak berganti-ganti genetiknya. Perkawinan ini bertujuan agar anak-anak yang dihasilkan memiliki warna lebih cerah serta corak menyerupai induknya. Namun jika indukan sudah dibreeding lebih dari 4 kali, maka anak-anaknya akan memiliki warna pudar serta biasanya terdapat cacat fisik. Pelajari juga OBAT IKAN CUPANG SAKIT agar kamu dapat mengatasi penyakit pada ikan cupangmu pada saat sakit.

2. Linebreed

Linebreed

Linebreed merupakan sebuah perkawinan antara anak ikan cupang dengan indukannya agar dapat menghasilkan genetik dari induknya. Contoh seperti jika kamu ingin mendapatkan warna dari pejantan, maka kamu harus mengawinkan anakan ikan cupang F1 dengan indukan pejantan. Nantinya untuk anakan yang dihasilkan akan memiliki genetik serta corak warna seperti penjantan namun lebih kuat

3. Crossbreed

Crossbreed

Crossbreed adalah sebuah perkawinan silang pada ikan cupang berbeda jenis agar mendapatkan warna yang baru. Misalnya seperti P1 (pejantan) x P2 (betina) dan P3 (pejantan) x P4 (betina) dengan genetik yang berbeda-beda. Lalu kedua indukan tersebut akan menghasilkan anak F1, setelah itu kamu bisa mengawinkan F1 dari indukan pertama dan F1 dari indukan kedua. Crossbreed bertujuan agar nantinya mendapatkan genetik, corak, dan warna baru pada anakan ikan cupang.

4. Superbreed

Superbreed atau bisa juga disebut dengan Super Breeding adalah sebutan individu untuk ikan cupang yang dapat menghasilkan sifat serta genetik terbaik pada anakannya. Untuk mendapatkan Superbreed tentu saja tidak mudah, sebab Superbreed adalah tujuan terakhir dari ketiga metode breeding diatas. Namun Superbreed ini tidak akan mungkin terus dibreeding. Jadi alangkah baiknya pilihlah anakannya untuk melanjutkan breeding dalam jangka waktu panjang.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang dapat cupangbetta.id sampaikan kepada kamu semua mengenai genetika pada ikan cupang. Kamu juga harus memahami istilah pada ikan cupang serta teknik dalam membudidayakan ikan cupang agar nantinya kamu bisa mendapatkan ikan cupang dengan genetik terbaik. Sekian informasi dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

Anas Seorang Penghobi dan Peternak Cupang Yang Ingin Membagikan Pengalaman Budidaya Cupang Kepada Para Pengunjung Website Ini.

Halo dunia!

Selamt datang di WordPress. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai menulis!
Anas
3 sec read

Ikan Cupang Soft Gold

Anggi Baskoro
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *